Jenis-jenis Alat Angklung yang Nggak Kamu Ketahui

alat musik jawa barat

Alat musik angklung adalah salah satu jenis alat musik tradisional di Indonesia yang paling banyak dikenal. Alat musik yang terbuat dari bilah bambu ini merupakan kebanggaan dari masyarakat Jawa Barat, lho. Lebih tepatnya, alat musik ini berasal dari Tanah Sunda yang dimainkan buat memanggil Dewi Sri. 

Di dalam kepercayaan masyarakat tradisional Jawa, Dewi Sri adalah sosok Dewi Kesuburan yang memberkahi para petani dengan hasil tani yang melimpah. Cara memainkan alat musik satu ini lumayan unik, yaitu dengan cara digetarkan atau digoyangkan dengan kedua tangan. Satu unit angklung cuma bisa memainkan satu nada saja. 

Makanya, alat musik ini dimainkan oleh beberapa orang yang mengikuti urutan nada tertentu. Tahu nggak, ternyata angklung ini terbagi jadi beberapa jenis, lho. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut


Baca juga: Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

  • Angklung Buncis

alat musik angklung
Image Source: hanyaberbagi.com

Eits, walaupun namanya mengingatkanmu akan nama sayuran, jenis angklung satu ini nggak ada sangkut pautnya, ya. Alat musik angklung ini dinamai angklung buncis karena sering dimainkan saat perayaan Buncis. Buncis adalah seni pertunjukan tradisional yang kerap diselenggarakan di kawasan Arjasari Bandung. 

Dulunya, perayaan ini ditujukan sebagai perwujudan doa terhadap sosok Dewi Sri. Tapi, seiring dengan berkembangnya zaman, pertunjukan itu jadi sarana hiburan buat masyarakat sekitar dan turis. 

  • Angklung Badeng

angklung badeng
Sets of Angklung in various size and octave, Saung Angklung Udjo

Angklung Badeng adalah jenis angklung yang dimainkan saat acara kesenian Badeng. Badeng adalah acara kesenian yang sering rutin diselenggarakan di kecamatan Malangbong, kota Garut. Beda dari jenis orkestra tradisional lainnya, Badeng justru menjadikan angklung sebagai instrumen utamanya. 

Di dalam pertunjukan Badeng ini banyak banget lagu-lagu tradisional yang dinyanyikan dengan iringan melodi dari angklung. Contohnya, seperti lagu Solaloh, Yautike, Kasreng, Lailahaileloh, dan Ya’ti.

  • Angklung Toel

Angklung Toel, Inovasi Anak Negeri Siap Mendunia
Image Source: Okezone travel

Alat musik angklung ini bisa dibilang yang paling unik dari kesemuanya. Angklung ini terdiri dari beberapa unit angklung yang dijejer dengan posisi alat musik ini dalam kondisi terbalik. Ke semua alat musik itu disambungkan dengan karet pada rangka bambu setinggi pinggang. Cara memainkan angklung ini juga unik banget, lho. Pemain angklung cuma perlu mencolek, atau men-toel angklung tersebut. 

Hasilnya, angklung itu pun akan bergetar dan menghasilkan melodi. Angklung toel ternyata tergolong ke dalam jenis angklung yang lumayan baru. Angklung ini diciptakan oleh seorang penggiat seni musik bernama Kang Yayan Udjo di tahun 2008. Tertarik memainkan ini Blibli Friends?

  • Angklung Padaeng

angklung padaeng
Image Source: saran.id

Angklung padaeng adalah jenis alat musik angklung yang pertama kali diperkenalkan oleh sosok Daeng Soetigna. Sang Daeng merakit alat musik ini dengan laras nada diatonik. Laras nada ini biasanya dipakai buat permainan lagu-lagu internasional. Jadi, bisa dibilang angklung ini punya desain dan fungsi yang up to date

Karena, pemain angklung ini jadi bisa memainkan berbagai lagu-lagu mancanegara. Selain itu, angklung ini juga cocok banget dimainkan bareng dengan alat musik dari luar negeri. Kebayang kan serunya mendengarkan melodi khas dari angklung di pertunjukan orkestra internasional?

  • Angklung Sri Murni

angklung sri murni
Image Source:

Angklung satu ini termasuk ke dalam alat musik angklung paling modern. Digagas oleh Eko Mursito Budi, alat angklung ini ternyata bisa dimainkan oleh robot angklung. Struktur dari angklung ini pakai dua atau lebih tabung suara dengan nada yang sama. Hasilnya, angklung ini bisa memunculkan nada monotonal, alias nada murni. Penasaran ingin dengar suara dari angklung ini, kan?


Baca juga: 5 Rekomendasi Barang Buat Dengerin Musik Yang HQQ

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang alat musik angklung? Atau ingin punya angklung untuk dimainkan di rumah? Kamu bisa menemukan alat musik tradisional unik ini di Blibli. Ada banyak banget penawaran dari Blibli yang memungkinkanmu buat beli angklung dengan harga terjangkau. Selain lewat promo, kamu juga bisa menukarkan voucher buat dapatkan best deals, lho. Yuk, eksplorasi keindahan alat musik ini bersama Blibli.

Temukan Beragam Alat Musik Berkualitas di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY