Belanja itu perlu. Siapa sih yang hatinya nggak langsung tergerak ketika mendengar kata diskon. Pasti penasaran apa yang didiskon, berapa diskonannya, dan syarat apa saja yang berlaku.

Menjadi orang yang bertindak cepat ketika ada diskon atau promo nggak berarti kamu pribadi yang nggak punya uang, ataupun pelit berbelanja barang harga normal.

Faktanya, banyak orang memilih berbelanja ketika diskon karena banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan. Bahkan, bisa dikatakan kalau mereka merupakan salah satu kelompok orang yang paling cerdas dalam masyarakat.

Nggak percaya? Berikut 5 bukti orang yang berbelanja ketika diskon adalah orang yang cerdas!

1. Mereka Paham Berapa Uang yang Terhemat

paham berapa uang yang berhemat

Mari kita mulai dari alasan paling sederhana. Orang yang berbelanja ketika diskon paham seberapa banyak uang yang dikeluarkan, dan seberapa banyak yang terhematkan.

Mereka adalah orang-orang yang cerdas dalam menggunakan uangnya. Sebelum membeli, pasti dihitung terlebih dahulu berapa akhirnya uang yang terhematkan. Barulah kemudian menentukan pilihan.

Bukan berarti pelit, namun uang lebih hasil hemat tersebut bisa dialokasikan untuk membeli hal lain, membayar tagihan, dan ditabung.

2. Otak yang jeli, pikiran yang teliti

otak jeli pikiran teliti

Untuk menghindari promo abal-abal, tentu dibutuhkan pikiran yang teliti dan cermat. Membeli barang ketika diskon nggak cuma mempertimbangkan berapa jumlah yang dihemat, namun apakah hasil hemat tersebut worth it alias sepadan.

Sehingga, nggak hanya riset harga yang dilakukan. Namun, orang cerdas yang berbelanja ketika diskon juga memperhitungkan spesifikasi, kualitas, tanggal kedarluwarsa, dan tingkat kebutuhannya akan barang tersebut.

Jadi, harga yang relatif terjangkau saja nggak cukup mempersuasi seseorang yang cerdas berbelanja untuk membeli. Karena, mereka nggak bakal mudah tertipu!

3. Belanja Juga Merupakan Bentuk Investasi

investasi

Via – Tim Parkinson Flickr

Belanja bukan hanya untuk kebutuhan saja, namun juga investasi! Memang nggak berlaku untuk semua barang, namun untuk barang yang bertahan lama, diskon merupakan peluang investasi yang baik!

Orang yang cerdas dapat melihat nilai investasi dari sebuah produk. Ketika harga sudah normal kembali, apakah barang tersebut bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari diskon?

Jika jawabannya iya, maka langsung serbu! Nggak hanya menghemat, orang yang berbelanja ketika diskon juga menghasilkan uang!

4. Efisiensi Waktu

efisiensi waktu

Promo nggak datang setiap hari. Diskon nggak selalu ada di setiap saat. Orang yang berbelanja ketika ada diskon, merupakan orang yang mengolah waktu secara efisien karena dua alasan.

Pertama, ketika belanja di saat ada diskon, barang dibeli dengan jumlah yang lebih banyak. Persediaan yang lebih banyak mengurangi keharusan untuk pergi ke pusat perbelanjaan lagi.

Kedua, orang yang paham akan manfaat diskon cenderung sadar akan batas akhir promo. Jadi nggak bakal menunda-nunda, dan akhirnya kelewatan kesempatan untuk belanja dengan harga lebih terjangkau.

Perlu diingat juga, bukan berarti mereka akan selalu membeli barang yang sedang dikorting, loh!

5. Memenuhi kebutuhan dengan mudah

memenuhi kebutuhan dengan mudah

Via – moonlightcreative.com

Berbelanja ketika diskon nggak semata untuk kebutuhan sesaat. Bagi orang cerdas, belanja ketika diskon merupakan salah satu hal rutin yang bisa dilakukan demi mencapai tujuan jangka panjang.

Misalnya, kamu ingin memiliki mobil impian, atau traveling ke luar negeri. Hasil menghemat dari diskon sedikit-sedikit dapat membantumu merealisasikan mimpi tersebut.

Atau, kamu malah bisa mengalokasikan uang yang dihemat untuk membeli buku dan mengikuti kursus untuk menambah wawasan biar tambah cerdas! Walau jumlahnya mungkin kecil, namun jangan pernah meremehkan kekuatan dari menghemat ya!

Jangan termakan stereotip kalau orang yang belanja ketika diskon adalah orang yang kikir dan kalkulatif. Justru setelah membaca poin-poin di atas, kamu bisa tahu bahwa orang yang belanja ketika diskon merupakan orang yang cerdas dan pandai memanfaatkan kesempatan.

Oleh karena itu, bagi kamu orang-orang cerdas, pastikan jangan kelewatan BOOM (Biggest Online Offers of The Month) dari Blibli.com, festival belanja dengan promo besar-besaran (hingga 87%+10%) yang diadakan Blibli.com! Temukan produk yang kamu inginkan, hemat uang, hemat waktu, dan tetaplah menjadi orang yang cerdas dalam berbelanja!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY