me

Alasan Paskah Identik dengan Telur yang Perlu Kamu Tahu

Mar 31, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik

Cicilan 0% KAM

Ini dia alasan Paskah identik dengan telur yang perlu kamu tahu!

Paskah menjadi perayaan penting umat Kristiani sehingga perlu banget menyiapkan apa saja yang menjadi kebutuhannya seperti halnya menyiapkan telur untuk kebutuhan perayaan Paskah. Memangnya kenapa sih harus menggunakan telur Paskah? Apa makna dan alasan Paskah identik dengan telur? Kamu bisa cek semuanya di bawah ini!


Makna Telur Paskah

Makna Telur Paskah
freepik.com/author/our-team

Makna telur Paskah nyatanya sangat meluas bagi umat Kristiani. Pertama, telur Paskah dimaknai sebagai kebangkitan Tuhan Yesus. Telur menjadi lambang dari penggulingan batu di luar kuburan Yesus dan kosongnya makan karena kebangkitan dari Yesus tersebut. Mudahnya telur menjadi lambang syukur karena Tuhan sudah bangkit dan mampu mengalahkan maut. 

Makna keduanya adalah menjelaskan tentang hadirnya hidup baru. Makna telur Paskah ini umat Kristiani mendapatkan kasih karunia dan berkat berupa hidup baru di dalam Tuhan. Seperti halnya kehidupan sehari-hari pasti ada simbol baru untuk kehidupan yang baru. Makna ketiganya adalah sebagai bentuk pengorbanan yang membahagiakan. 

Makna ketiganya adalah sebagai simbol pengorbanan yang membahagiakan. Hal ini dikarenakan adanya makna bahwa kelahiran yang muncul dari telur memang membutuhkan proses panjang dan pengorbanan. Hanya saja memiliki akhir kebahagiaan setelah kehadiran dari telur hidup yang baru. Begitulah makna telur Paskah mengenai pengorbanan yang membahagiakan ini. 

Makna keempatnya adalah untuk pemulihan. Dalam pergantian musim dari dingin ke semi telurpun menjadi lambang sebuah pemulihan atau peralihan. Makna telur Paskah ini berkaitan dengan pemulihan sejati yang datang dari Allah sendiri. Makna selanjutnya telur Paskah berarti pencerahan tentang kehidupan yang kekal dan menerangi jalan umat Kristiani kepadanya. 

Mengapa Telur Dijadikan Simbol Paskah?

mengapa-paskah-identik-dengan-telur-ini-asal-usulnya_169
news.detik.com

Lalu mengapa telur dijadikan simbol Paskah? Telur menjadi lambang kelahiran dan kehidupan baru. Bahkan makna lain yang melekat adalah kebangkitan Kristus sehingga sesuai dengan maknan Paskah yang diartikan juga sebagai kebangkitan Yesus setelah mati di kayu salib. Banyak kebudayaan Mesir Kuno, Roma dan Persia yang menggunakan telur sebagai simbil adanya kehidupan baru. 

Pada awalnya telur hanya diwarnai dengan pewarna alami seperti hijau, kuning dan merah namun berjalannya waktu telur mulai berkembang dengan hiasan yang menawan dan semakin rumit. Mereka nggak hanya memikirkan soal warna namun juga nilai estetika yang diberikan. Tentu saja tradisi hias telur sebagai simbol kehidupan baru ini juga menjadi sangat populer termasuk Indonesia. 

Nggak hanya itu karena telur Paskah banyak dijadikan sebagai permainan bernama easter egg hunt namun jangan khawatir karena yang memainkan anak-anak biasanya telur ini memang terbuat dari plastik sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindahkan. Telur simbol Paskah nggak hanya menjadi kepercayaan biasa saja namun juga mendatangkan banyak berkah untuk semua orang. 

Kenapa Sih Paskah Itu Identik Dengan Telur dan Kelinci?

Kenapa Sih Paskah Itu Identik Dengan Telur dan Kelinci
freepik.com/author/jcomp

Kelinci dikenal sebagai hewan yang subur dan menjadi simbol kuno dengan artian kehidupan baru dan kesuburan. Beberapa sumber juga menjelaskan bahwa kelinci Paskah pertama kali ditemukan pada tahun 1700-an di Amerika ketika adanya Imigran Jerman menetap di sana. Akhirnya di situlah mulai diperkenalkan yang namanya “Osterhase” atau “Oschter Haws”. 

Di sini anak-anak biasanya membuat sarang yang nantinya ditempati oleh makhluk tersebut untuk bertelur. Sampai akhirnya menyebar ke seluruh AS dan perayaan pagi Paskah tentang kelinci juga muncul ke tradisi lain mulai dari bentuk hadiah, permen maupun cokelat. Biasanya dilengkapi dengan keranjang yang menjadi simbol pengganti dari sarangnya. 

Selanjutnya adalah telur yang menjadi simbol adanya kehidupan baru dan banyak dikaitakan dengan festival pangan dan perayaan musim semi. Dari sudut pandang umat Kristiani memang telur mewakili adanya kebangkitan Yesus dari masa sengsaranya. Penjelasan lain yang mendukung adalah dulu telur memang menjadi makanan yan dilarang selama pra Paskah. 

Sehingga mereka akhirnya menghias telur untuk tanda berakhirnya penebusan puasa dan dosa. Akhirnya mereka memakannya pada hari raya Paskah sebagai perayaan puncaknya. Sehingga telur dan kelinci memang nggak bisa dilepaskan saat perayaan Paskah. Keduanya selalu ada entah dalam bentuk dekorasi atau wujudnya yang asli. 

Apa Arti Telur Paskah Bagi Orang Kristen?

Apa Arti Telur Paskah Bagi Orang Kristen
freepik.com/author/photodiod

Makna telur Paskah bagi orang Kristen adalah untuk tanda bahwa ketika kita menetas menjadi manusia baru nantinya akan meninggalkan semua perbuatan yang nggak baik dan dosa yang sudah dilakukan selama ini. Sehingga nantinya kita bakalan lahir menjadi manusia baru dan itulah arti melekat sempurna dari simbol telur Paskah itu sendiri. 

Pada zaman dahulu telur Paskah memang hanya dihias dan dicat biasa namun banyak yang nggak tahu kalau kulit telur yang sudah dicat itu ada makna khususnya. Telur yang dicat memang berubah menjadi keras sebagai simbol dari makam Kristus yang sudah disegel. Lalu ketika dipecahkan kulit telur Paskah menjadi simbol dari kebangkitan Yesus atas kematiannya. 

Banyak juga yang menyebutkan telur Paskah sebagai kebangkitan dan seiring berkembangnya zaman tentu saja warna dari telur Paskah semakin menarik nggak hanya merah saja. Telur menjadi sesuatu yang berharga saat menjelang Paskah sehingga mereka memang menyiapkannya dengan sepenuh hati entah untuk dihidangkan atau sebagai hiasan yang menonjolkan makna dari sisi Paskahnya. 

Apa Hubungannya Telur Dengan Paskah?

Apa Hubungannya Telur Dengan Paskah
freepik.com/author/our-team

Hubungannya apa telur dengan Paskah? Telur dianggap sebagai simbol kuno adanya kehidupan baru dan banyak dikaitkan dengan festival pangan dan perayaan musim semi. Jika dilihat dari sudut pandang umat Kristen maka telur Paskah mewakili adanya kebangkitan Yesus dari kubur. Inilah yang menyebabkan kegiatan dekorasi telur selalu ada setiap tahun perayaannya. 

Ternyata dekorasi telur ini sudah ada sejak abad ke-13 dan menyebutkan bahwa telur menjadi simbol adanya kehidupan baru dan sesuatu yang berkah karena mereka memang harus puasa dan menjalani larangan memakan telur sebelum akhirnya bisa memakannya saat malam perayaan puncak hari Paskahnya tentu saja hal ini menarik banget untuk dipahami. 

Menikmati telur dan menghias telur menjadi puncak adanya penebusan yang sudah dilakukan pada hari-hari yang sebelumnya. Selain dimakan ada juga yang mengubur telur untuk mendapatkan simbol kesuburan yang sesungguhnya. Ada juga yang mengatakan bahwa telur dan Paskah itu juga identik dengan adanya kepraktisan yang hakiki untuk semua orang.

Alasannya adalah Prapaskah memang ketat dan mereka nggak boleh makan produk hewani apapun termasuk juga telur. Sehingga setelah puasa panjang mereka mendapatkan kebahagiaan yang lebih mendalam dengan mengkonsumsi telur sepuasnya. Harga telur juga lebih terjangkau dan mudah ditemukan sehingga bisa untuk semua lapisan masyarakat dalam jumlah yang besar.


Butuh membeli telur dalam jumlah banyak untuk Paskah? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semuanya lengkap di kategori Home & Living Blibli saja. Ada banyak diskon dan potongan harga menarik hanya untukmu. Cek dan beli semuanya sekarang juga!

Tag: