Alasan Kamera Lawas Masih Sangat Bagus untuk Dibeli

Fotografi sudah jadi hobi yang sangat luas belakangan ini. Semua orang berlomba-lomba untuk punya kamera dan menjepret berbagai objek. Nah, ngomong-ngomong soal punya kamera, benda ini juga sering jadi elemen yang bikin para fotografer pemula pusing tujuh keliling.

Buat kamu yang juga mau terjun ke dunia fotografi dan ingin beli kamera, disarankan untuk melirik kamera keluaran lama dulu sebelum membeli kamera puluhan juta Rupiah. Lamanya juga jangan yang lama-lama banget, sih. Cek kamera yang dirilis dengan rentang 3 – 5 tahun ke belakang.

Berikut beberapa alasan kamu butuh kamera keluaran lawas dibanding kamera rilisan anyar. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Fitur Tepat untuk Melatih Skill

Photo via Unsplash

Masih banyak fotografer amatir yang terbius dengan kehebatan dan kecanggihan fitur yang dibawa oleh sebuah kamera terbaru. Mereka lupa bahwa skill alias keahlian masih jadi faktor penting dalam hobi yang digelutinya.

Dibanding mau cari jalan mudah dengan memanfaatkan fitur bawaan, lebih baik asah dulu kemampuan mengambil objek dengan benar pakai fitur seadanya. Mulailah dengan elemen dasar fotografi, mulai dari ISO, shutter speedaperture, termasuk kedalaman sebuah objek.

Eits, bukan berarti kamera rilisan lama benar-benar minim fitur. Dalam tempo lima tahun ke belakang, kamera digital sudah sangat berkembang. Jadi, kamu tetap dapatkan fitur yang banyak. Cuma, tidak sebanyak kamera yang dirilis pada 2020, ya!

KAMERA MIRRORLESS TERBAIK UNTUK DIMILIKI SEKARANG

2. Tidak Ada Istilah Ketinggalan Zaman

Photo via Unsplash

Mungkin kamu pernah melihat ada orang yang menggunakan kamera keluaran awal tahun 2000-an. Asal kamera tersebut masih berfungsi dengan baik dan tahu cara menggunakannya, ya tidak masalah. Tidak ada istilah ‘ketinggalan zaman’ buat seorang fotografer.

Malahan, banyak fotografer yang mau buat hasil jepretannya layaknya diambil pada tahun 50-an. Itu sah-sah saja. Pada akhirnya, bukan kamera apa yang kamu pakai, tapi foto yang bisa kamu hasilkan dengan kamera apa pun.

MENCARI KAMERA DSLR TERJANGKAU? DI SINI TEMPATNYA!

3. Pilihan Kamera Beragam

Photo via Pexels

Sekadar mengingatkan, produsen kamera paling banyak mengeluarkan produk baru mereka 2 – 3 kamera setiap tahunnya. Kalau hanya melihat kamera tahun 2019 – 2020, kamu hanya akan melihat deretan kamera yang terbatas dengan fitur yang sepertinya belum terlalu penting untuk seorang pemula.

Coba perbesar lagi pencarian kamu dengan melihat kamera rilisan hingga lima tahun silam. Mungkin ada satu atau dua kamera yang bikin jatuh hati, baik dari sisi desain bodi atau paket pembelian dengan lensa dan bonus lainnya.

4. Aksesorinya Sama, Kok!

Photo via Unsplash

Dalam dunia kamera, tidak perlu khawatir dengan aksesori. Banyak aksesori baru yang masih compatible dengan kamera lawas, loh. Sebut saja lensa yang usia pemakaiannya terbilang lebih panjang dari kamera itu sendiri. Asal dudukan lensa pada kamera sama, lensa tersebut bisa digunakan.

Bila pun berbeda, kamu bisa mengakalinya dengan membeli converter untuk menghubungkan kamera dan lensanya. Hal ini juga berlaku untuk aksesori audio dan flashlight, loh.

Bagian yang sedikit sulit adalah baterai. Beberapa tipe kamera akan meng-upgrade baterai dalam urusan bentuk dan kapasitas beberapa tahun sekali. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membelinya dari fotografer yang berniat menjualnya alias second.

MICROPHONE UNTUK BIKIN VIDEO DENGAN SUARA YANG JERNIH

5. Harga yang Jadi Lebih Bersahabat

Photo via Unsplash

Sudah jadi hal yang lumrah dalam dunia kamera. Harga kamera rilisan lama akan turun harga saat ada kamera baru yang dirilis. Jelas kamu bisa lebih berhemat di awal mula menggeluti hobi fotografi. Uang lebihnya bisa kamu alokasikan untuk beli aksesori, mulai dari SD card atau baterai cadangan.

Beberapa toko, baik online maupun offline, juga akan memberikan promo potongan harga untuk kamera lawasnya. Jelas ini akan sangat menguntungkan dibanding harus mengejar produk baru seharga puluhan juta Rupiah untuk kamera pertama kamu.

Salah satu rekomendasi kamera lawas terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Fujifilm X-T20. Kamera ini dirilis pada Februari 2017 silam melanjutkan seri X-T10 yang sama-sama membawa konsep bodi retro yang sangat ramping. Kala dirilis, kamera ini dibanderol dengan harga Rp10 jutaan.

PILIHAN KAMERA FUJIFILM UNTUK MENYALURKAN HOBI FOTOGRAFI

Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan potongan harga bila membelinya sekarang di Blibli.com. Nah, tunggu apa lagi? Segera kejar promo menarik untuk mendapatkan kamera Fujifilm yang masih keren dipakai sampai sekarang. Jangan sampai ketinggalan karena promo ini sangat terbatas.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY