Acara Tahun Baru Imlek itu hanya setahun sekali, loh. Kalau kamu nggak suka acaranya karena sering ditanyain status jodoh dan pekerjaan sama seluruh kerabat, nggak apa-apa.

Tapi yang nggak boleh kamu lewatkan acara makan-makan Tahun Baru Imlek

Pasalnya, hidangan di acara Tahun Baru Imlek itu unik dan nggak ada duanya. Benar-benar cuma eksklusif di awal musim semi ini. Nggak percaya? Coba simak dulu alasan-alasannya di bawah ini.

1. Karena menggunakan resep rahasia turun termurun yang sudah pasti enak

sudah-dinantikan

Di hari yang spesial ini, ibu ataupun nenek kamu pasti akan turun tangan membuat hidangan-hidangan paling khas di keluargamu. Hidangan-hidangan seperti ini nggak bakal bisa kamu temui di restoran manapun!

Hidangan yang disajikan oleh ibu atau nenekmu sudah pasti hanya bisa ditemui di dalam keluargamu saja. Nggak hanya memiliki rasa yang khas, kamu sendiri bisa dibuat bernostalgia ria dengan hidangan-hidangan tersebut.

Tanpa terasa kamu dan keluarga pasti jadi bersenda gurau sambil membicarakan kenangan-kenangan masa lalu. Kalau sudah begini, bagus, karena topiknya jauh dari jodoh dan kapan nikah.

2. Dibuka dengan dimsum penggugah selera yang lembut

dimsum

Sering nggak puas dengan porsi dimsum di kedai ataupun restoran? Pada acara makan-makan Tahun Baru Imlek hal itu nggak akan terjadi.

Ibu dan nenekmu akan membuka hidangan dengan dimsum dalam porsi yang memuaskan. Nggak hanya jumlahnya yang banyak, mereka pasti juga pasti nggak akan pelit-pelit dalam menggunakan bumbu. Jadi, rasanya sudah dijamin memuaskan lidahmu.

Selain itu, mereka juga pasti menyiapkan berbagai jenis dimsum. Mulai dari yang isinya daging ayam, sayuran, kacang hijau, hingga udang dan seafood.

Tapi, langsung kabur ya ketika kamu dituntut harus belajar masak ini untuk suamimu, atau mencari istri yang bisa masak dimsum!

3. Ada bebek panggang yang gurihnya bikin nagih

bebek-panggang

Ini dia satu hidangan yang wajib ada dan paling ditunggu-tunggu. Bebek panggang!

Kalau hidangan unggas sehari-hari itu ayam, di Tahun Baru Imlek ini, unggas yang dihidangkan adalah bebek. Bebek panggang ini biasa dimasak hingga kulitnya berwarna keemasan.

Dalam setiap gigitan, kamu akan merasakan kulit gurih yang kaya bumbu dan daging berisi yang lembut di bawahnya.

Bila menggunakan bebek yang muda, kamu bahkan juga bisa memakan tulangnya. Nggak hanya sensasi kulit dan daging saja, kamu juga bisa menutupnya dengan kerenyahan tulang yang dipanggang hingga kering.

Kenikmatan bebek panggang ini biasanya juga ditemani oleh saus asam manis pedas yang rasanya kuat, tapi nggak sampai membuat marah perutmu.

Nggak hanya itu, beda dengan yang bisa kamu cicipi di restoran, bebek Imlek biasanya dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya untuk disembelih ketika Imlek. Jadi, dagingnya bakal ekstra lembut dan lezat.


BACA JUGA Mau Special Dinner di Rumah? Yuk, Belajar Memasak Steak Sempurna Bersama Chef Gun Gun!


4. Ada kenikmatan hidangan daging Lou yang menyeluruh

daging-lou

Hidangan yang satu ini sih bakal menggugah selera pecinta daging manapun. Dengan potongan yang lengkap (ada kulit, lemak, otot, dan daging), kamu bisa menikmati cita rasa Lou yang penuh dengan bumbu rempah!

Selain itu, cara pemotongan hidangan yang menyamping seperti ini juga membuat setiap bagian daging menyerap bumbu kecap secara menyeluruh. Jadi makin nggak sabar ya untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

5. Hidangan sayur yang paling luar biasa

hidangan-sayur

Kalau biasanya hidangan sayur itu dikaitkan dengan makanan yang dibenci anak-anak ataupun makanan untuk menetralisir rasa daging, hidangan capcay Imlek ini berbeda, lho.

Capcay yang dimasak untuk merayakan Tahun Baru Imlek memiliki kuah gurih super kental. Selain itu, isinya juga akan dimeriahkan dengan berbagai seafood, bakso ikan, jamur-jamur yang lembut, serta sayur mayur yang biasanya nggak ada di jamuan biasa.

Coba deh amati sayur capcay ketika kamu makan-makan Tahun Baru Imlek nanti. Bisa nggak kamu mengenali setiap bahan di dalamnya? Kalau yang masak niat, jumlah bahan-bahannya bisa melebihi 10 (cap) jenis!

6. Dinikmati bersama keluarga besar setahun sekali saja

dinikmati-keluarga-besar

Nggak cuma soal hidangan yang istimewa dan nikmat, kapan lagi sih kamu bisa berkumpul bersama seluruh anggota keluarga besar nan komplit? Tahun baru itu adalah saatnya anggota keluarga dari berbagai penjuru berkumpul di bawah satu atap.

Ini satu-satunya waktu kamu bisa mendengar kabar dari kerabatmu dan melihat keponakan-keponakan yang biasanya sibuk sekolah. Bagaimanapun, hidangan nikmat itu nggak akan memiliki kesan penuh kalau dinikmati hanya sendirian.

Mau nggak mau di meja makan nantinya pasti kamu nggak bisa menghindari pertanyaan seputar pernikahan dan jodoh sih. Tapi, setidaknya kamu punya hidangan-hidangan super lezat yang menemani.

Mengingat betapa spesialnya Tahun Baru Imlek, kamu nggak boleh berpangku tangan begitu saja (terutama soal makanan!). Sebagai seorang anggota keluarga, kamu juga harus memastikan kalau acara makan-makan saat Imlek berjalan dengan lancar dan sempurna.

Tentunya untuk menciptakan hidangan yang sempurna, dibutuhkan juga bumbu-bumbu yang lengkap. Jangan sampai hidangan unggas di rumahmu kehilangan cita rasa karena kamu nggak menggunakan bumbu spesial, seperti Knorr Rasa Saus Tiram dan Knorr Bumbu Pelezat Ayam.

Kebetulan sekali, Blibli.com lagi mengadakan promo bersama Unilever Food Solution untuk memeriahkah hidangan Imlek nanti! Selain memberikan potongan harga untuk berbagai produk bumbu makanan, ada juga cashback untuk setiap pembelian.

Jangan sampai ketinggalan ya, karena promo ini hanya berlaku dari 17 hingga 31 Januari saja!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY