Masa kanak-kanak merupakan masa paling berharga bagi si kecil karena moms adalah seluruh dunianya! Ia lebih senang saat dekat dengan moms dibanding dengan orang lain. Karena itu, moms harus menikmatinya sebelum ia sibuk bersekolah dan melakukan aktivitasnya sendiri. Kali ini Blibli Friends akan memberikan bucket list yang berisikan 9 aktivitas bersama si kecil yang bisa moms lakukan sebelum ia menginjak usia 5 tahun. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung dibaca!

1. Baca buku cerita bersama-sama

Via - Huffington Post

Aktivitas bersama si kecil yang moms lakukan dengannya pada usia ini dapat membentuk kebiasaanya di masa depan, lho! Ayo, sering-seringlah ajak si kecil membaca buku bersama agar ke depannya ia memiliki kesenangan untuk membaca dan berimajinasi!

Di siang hari ketika nggak ada kerjaan, juga di malam hari sebelum tidur. Momen petualangan ajaib ini pasti akan dikenang hingga ia dewasa!

2. Menanam bunga atau memelihara hewan bersama

Via - Mescouleurs

Sejak usianya yang masih dini ini, ajak dia untuk merawat binatang peliharaan ataupun tanaman, moms! Tujuannya, biar dalam diri si kecil tertanam rasa peduli dan kasih terhadap mahkluk hidup lain. Ia bisa punya teman baru, sekaligus belajar bertanggungjawab.

3. Mulai ajari dia menabung

Via - Parents

 

Agar si kecil menjadi anak yang rajin menabung hingga besar nanti, moms sudah harus mulai mengajaknya menabung sejak dini. Aktivitas bersama si kecil yang moms bisa lakukan adalah mengajarkan konsep *reward* dan tabungan. Misalnya setelah ia melakukan sesuatu berikanlah ia sebuah koin. Setelah 4 minggu coba buka celengannya, dan ajak ia membeli sesuatu yang ia sukai. Pasti jadi rajin menabung!

4. Ajak ia menyelesaikan sebuah proyek bersama

Via - Aspen Institute

Di sini, yang penting moms dan si kecil bisa membuat dan menyelesaikan sesuatu bersama-sama! Misalnya seperti membuat menggambar serta mewarnai foto keluarga kecil moms , atau membuat dekorasi dinding dengan cat telapak tangan!

Moms juga bisa mengajaknya menyelesaikan puzzle 500 pieces bersama-sama dengan gambar karakter yang disukai si kecil! Bingkailah puzzle setelah selesai disatukan. Si kecil pun akan merasa bangga pada dirinya yang telah berhasil menyelesaikan puzzle tersebut!

5. Bikin cookies!

Via - Huffington Post

Yuk, ajak si kecil untuk membuat cookies favoritnya bersama dengan moms! Aktivitas bersama si kecil ini bisa jadi kesempatan moms mengajarinya bahwa segala hal itu membutuhkan proses. Ajarkan perlahan dan tunjukkan padanya kue yang mengembang di oven. Pasti ia terkesima dengan hasil karyanya sendiri!

6. Kenalkan ia dengan alam!

Via - Holiday World

Aktivitas bersama si kecil ini perlu dilakukan seawal mungkin. Moms harus menjadikan alam natural sebagai teman baiknya. aJaklah ia ke padang rumput, bukit untuk melihat matahari, atau pantai. Semakin ia dekat dengan alam, semakin sedikit juga kemungkinan ia menjadi anak rumahan tukang main *gadget.

7. Aktivitas bersama si kecil di taman bermain

Via - Holiday World

Selain menikmati alam, moms juga bisa mengajaknya pergi ke surganya anak-anak yaitu taman bermain! Ajak ia main bianglala, komedi putar, dan juga bom bom car. Nggak ada salahnya sesekali ia aktif berlarian, asal nggak di dalam rumah!

8. Berikan dia imunisasi dan juga suntik vaksin

Via - children national

Nggak hanya memberinya banyak pengajaran dan mengajaknya bermain, pada masa ini moms harus memastikan untuk memberinya imunisasi dan juga suntik vaksin. Dengan begitu, si kecil akan terbebas dari berbagai macam penyakit menular dan bisa terus bermain dengan sehat dan riang!

9. Ajak dia berkiriman surat rahasia antara moms dengannya

Via - Pinterest

Masa-masa ini nggak akan terulang lagi seumur hidup. Karena itu, moms harus pintar-pintar dalam mendokumentasi seluruh perkembangan dan memori bersama si kecil.

Salah satu aktivitas bersama si kecil yang bisa moms lakukan adalah dengan mengajaknya berkiriman surat rahasia berdua dimana kalian saling ngobrol menceritakan apa yang kalian lakukan, inginkan atau hal apapun! Sambil menyimpan cerita-cerita kalian, moms juga bisa mendorongnya untuk belajar menulis dengan baik. Kalau belum bisa, menggambar saja!

Dengan melakukan ke sembilan hal yang ada dalam bucket list di atas, si kecil pasti akan memiliki memori yang indah dan juga kaya dengan pengajaran dari moms. Ia pun lebih siap menghadapi masa depannya yang penuh dengan aktivitas dan kesuksesan.

Supaya masa kanak-kanak si kecil menjadi semakin penuh dengan kenangan indah, moms harus lebih kreatif lagi dalam menciptakan berbagai aktivitas bersama dengannya! Nggak perlu berpikir yang ribet ya moms! Aktivitas sesederhana apapun akan membuatnya senang kok!

Yuk, coba cari inspirasi aktivitas bersama si kecil bersama Blibli.com! Temukan berbagai macam voucher maupun mainan yang moms butuhkan untuk bermain bersama si kecil di Blibli.com dan nikmati berbagai promonya!

10.

11. Related