Lucu! Berikut Aksesoris Kucing Wajib yang Kamu Miliki

aksesoris kucing

Memelihara kucing itu ternyata banyak manfaatnya, lho, Blibli Friends. Memiliki hewan peliharaan di rumah terbukti bisa meningkatkan rasa bahagia, sehingga pemiliknya bisa terhindar dari stres bahkan depresi. Dengan memelihara kucing, pemiliknya juga dilatih untuk sabar. Bukan sekedar lucu-lucuan saja, memelihara kucing juga bahkan bisa meningkatkan kesehatan pemiliknya, bahkan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Karena itu, memelihara kucing memang tidak bisa sembarangan. Pemilik kucing harus bertanggung jawab dalam menyediakan makanan, perlengkapan, dan aksesoris kucing. Sebenarnya untuk apa kucing memiliki aksesoris? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Kucing Diare

Manfaat Aksesoris Kucing

Image Source: anteraja blog

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa merasa bosan dan butuh hal atau kegiatan yang bisa mereka kerjakan selain hanya tidur dan makan. Inilah gunanya aksesoris kucing yang berbentuk mainan. Ada banyak sekali mainan kucing yang saat ini dijual di toko khusus hewan peliharaan. Mulai dari mainan menyerupai tikus atau burung, yang bisa membuat mereka semangat berlari-larian di rumah, bisa meningkatkan saraf motorik mereka. 

Kucing juga jadi banyak bergerak, tidak malas-malasan saja, sehingga bobot tubuhnya pun terjaga dengan baik. Selain itu, ada juga mainan untuk mengikir kuku kucing. Biasanya ada yang berbentuk datar dan diletakkan di lantai saja. Ada juga yang berbentuk tingkatan, jadi kucing bisa sekaligus memanjat dan mengikir kuku. Kucing sangat suka memanjat, jadi kalau di rumah disediakan tempat khusus di mana mereka bisa memanjat dan berlarian, kucing pasti anti merasa bosan! Kikiran kuku juga penting agar kuku mereka tidak terlalu tajam dan jadi merusak berbagai perabotan di rumah. 

Selain mainan, ada juga kalung kucing. Fungsinya sih untuk mempercantik tampilan kucing kita saja, sekaligus memberi identitas agar tidak tertukar. Apalagi kalau kucing kita jenis kucing kampung yang suka berkeliaran, memasangkan kalung bisa memudahkan mencarinya. Ada juga pemilik kucing yang suka memakaikan pakaian pada kucing mereka, loh. Nah, untuk aksesoris kucing lainnya yang sangat esensial seperti mangkok makanan, mangkok minuman, kotak pasir untuk buang air, dan keranjang khusus untuk dibawa-bawa, ini jadi aksesoris yang wajib ada di rumah, ya. Selain penting untuk menjaga kebersihan, aksesoris wajib ini juga bikin kucing kita nyaman.

Tips Memilih Aksesoris yang Cocok untuk Kucing Kamu

aksesoris kucingMemilih aksesoris kucing kesannya mudah, tapi bisa jadi pemiliknya dibuat bingung memilih aksesoris karena saking banyaknya. Supaya tidak bingung, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih Aksesoris yang Sangat Penting Dulu

Bagi yang baru pertama kali memelihara kucing, sebaiknya pilih aksesoris khusus kucing yang paling esensial dulu. Apa yang pasti mereka butuhkan setiap hari? Makan dan minum. Karena itu, pastikan beli mangkok khusus untuk makan dan minum mereka. Pilih yang terbuat dari bahan berkualitas agar bisa tahan lama dan tidak perlu sering gonta-ganti. 

Apa lagi yang mereka butuhkan? Tempat buang air, jadi pastikan beli bak pasir. Kucing sangat suka kebersihan, jadi bak pasir akan membuat mereka lebih nyaman dan lebih sehat juga pastinya.

  1. Pilih Tempat Tidur

Kucing memang dikenal suka bermalas-malasan. Mereka juga suka berada di tempat yang agak tersembunyi. Walau ada juga kucing yang lebih suka berada di tempat terbuka, tapi tak ada salahnya menyediakan tempat tidur atau kandang kucing di rumah. Bentuknya sangat variatif, nih. Ada yang hanya berupa bantal saja, ada juga yang berbentuk tenda tertutup sehingga mereka bisa sekalian bersembunyi. Kebanyakan kucing bersifat pemalu di awal, jadi memilih kandang yang tertutup bisa jadi pilihan tepat.

  1. Pilih Sesuai Ukuran dan Usia

Apa pun aksesoris yang dipilih, pastikan membeli yang sesuai dengan ukuran dan usia kucing. Bila memelihara kucing munchkin yang kakinya pendek, misalnya, pilih mangkok makanan yang bisa dijangkau. Kalau kucing masih bayi, tidak perlu membeli aksesoris untuk kucing dewasa, karena mereka belum bisa menggunakannya. 

  1. Pilih Alat Perawatan

Aksesoris yang nggak kalah penting adalah alat perawatan tubuh. Kucing butuh perawatan khusus, mulai dari disisir bulunya, dipotong kukunya, dimandikan, dan lain-lain. Untuk kucing berbulu panjang, perlu juga memiliki alat cukur bulu sendiri di rumah. Karena itu, pastikan alat-alat penting ini sudah dimiliki. Jangan sampai kucing merasa tidak nyaman karena bulunya kusut atau kukunya terlalu panjang, dan alasan lainnya.

  1. Pilih Mainan untuk Hiburan 

Supaya kucing nggak bosan, bisa membeli beberapa mainan. Nggak perlu membeli sekaligus banyak. Lebih baik beli secara bertahap, jadi mereka juga bisa memainkannya bergantian. Kucing juga bisa bosan seperti manusia, main secara bergantian akan membuatnya terhindar dari bosan.

  1. Pilih Kalung atau Pakaian yang Nyaman

Ingin memakaikan kalung atau pakaian ke kucing kamu? Boleh aja. Pastikan aksesoris ini terbuat dari bahan yang nyaman dipakai agar mereka tidak merasa terganggu. Selain itu, pastikan pilih yang ukurannya sesuai, jangan sampai kebesaran atau kekecilan, karena kedua-duanya sama-sama bikin mereka kurang nyaman. 

Untuk pakaian, sebaiknya dipakaikan sesekali saja di kesempatan spesial. Karena kita berada di daerah tropis, kucing bisa merasa kepanasan kalau dipakaikan baju terlalu lama. Apalagi yang bulunya panjang.

Jenis Aksesoris Kucing dan Manfaatnya untuk Kucing Kamu

aksesoris kucingNah, udah tahu cara memilih aksesoris yang tepat untuk kucing peliharaan di rumah? Sekarang saatnya pilih 10 aksesoris kucing di bawah ini:

  1. Cleine Tadita Peralatan Makanan Kucing [1 Paket]

Cleine Tadita Peralatan Makan Kucing 1 paket
Cleine Tadita Peralatan Makan Kucing 1 paket

Agar kucing peliharaan kamu lebih bersemangat saat makan, yuk pilih tempat makan yang lucu. Cleine Tadita menyediakan tempat makan unik berbentuk muka kucing dengan warna-warni yang ceria. Ada warna biru cerah, hijau, oranye, dan pink. Piring kucing ini dilengkapi dengan sendok untuk mengambil dan meletakkan makanannya. Terbuat dari plastik berkualitas, peralatan makanan ini dijual seharga Rp 20 ribuan.

  1. Alat Cukur Kucing Rechargeable Kimei KM – 1991

Kemei KM 1991 Alat Cukur Hewan peliharan Pet Clipper Rechargeable
Kemei KM 1991 Alat Cukur Hewan peliharan Pet Clipper Rechargeable

Bagi yang punya kucing berbulu panjang, penting banget punya alat yang satu ini. Alat ini bukan hanya untuk mencukur bulu saja, loh. Tapi sudah dapat 1 gunting, 1 kikir kuku, 1 botol minyak untuk bulu kucing, dan 1 adaptor. Kimei KM – 1991 bisa diisi dayanya, jadi bisa digunakan tanpa kabel. Tak perlu kesulitan lagi deh saat bulu kucing sudah kepanjangan. Alat praktis ini dijual seharga Rp 280 ribuan.

  1. Pet Shower Bathing Tool OEM

Pet Shower Bathing Tool Hewan Anjing Kucing Mandi Sikat Grooming
Pet Shower Bathing Tool Hewan Anjing Kucing Mandi Sikat Grooming

Dengan menggunakan pet shower, kita bisa memandikan kucing di mana saja, tidak perlu di kamar mandi. Tinggal pasangkan shower ke kran air, bisa langsung dipakai! Di bagian kepala shower juga tersedia sikat, jadi praktis banget untuk memandikan. Pet shower dengan selang fleksibel ini dijual di kisaran harga Rp 160 ribuan.

  1. IDEALIFE Blower pengering Bulu Hewan IL130

IDEALIFE Blower Pengering Bulu Hewan Alat Grooming Kucing IL130
IDEALIFE Blower Pengering Bulu Hewan Alat Grooming Kucing IL130

Nah, setelah dimandikan pasti bulu kucing butuh dikeringkan agar mereka tidak sakit karena kedinginan. Untuk kucing berbulu panjang, paling mudah mengeringkan bulunya dengan blower. Bulu kucing pun akan cepat kering hanya dalam 10 sampai 15 menit saja. Blower ini dipasarkan dengan harga RP 375 ribuan. 

  1. Pet Hair Remover | Roller Pembersih Bulu Pawpro

Pet Hair Remover Pembersih Bulu Kucing Alat Pembersih bulu Kucing Roller Pembersih Bulu
Pet Hair Remover Pembersih Bulu Kucing Alat Pembersih bulu Kucing Roller Pembersih Bulu

Kalau yang punya kucing berbulu panjang di rumah pasti tahu repotnya membersihkan bulu yang menempel di sofa, karpet, gorden, dan lain-lain. Nah dengan menggunakan roller pembersih bulu ini, membersihkan bulu jadi jauh lebih mudah. Cukup digulirkan saja di atas bulu yang menempel, bulu pun langsung terangkat! Roller ini dijual di kisaran harga Rp 65 ribuan saja.

  1. OEM Sisir Kutu untuk Hewan – Flea Removal Tool

OEM Sisir Kutu untuk Hewan Anjing Kucing Kelinci Flea Removal Tool
OEM Sisir Kutu untuk Hewan Anjing Kucing Kelinci Flea Removal Tool

Setelah dimandikan, kucing sebaiknya disisir. Terutama untuk kucing berbulu panjang, untuk menghindari bulu kusut dan membentuk bola-bola bulu. Selain itu, menyisir kucing dengan sisir ini juga bisa menghilangkan kutu yang mungkin ada di kulit kucing. Bentuk dan ukuran sisir pas di tangan, jadi nyaman dipegang. Dapatkan sisir serbaguna ini yang dipasarkan di kisaran harga Rp 60 ribuan.

  1. Paw Cleaner Cat Alat Pembersih Kaki Kucing Pet Foot Washer

Paw Cleaner Cat Dog Alat Pembersih Kaki Anjing Kucing Pet Foot Washer
Paw Cleaner Cat Dog Alat Pembersih Kaki Anjing Kucing Pet Foot Washer

Kucing peliharaan di rumah suka berkeliaran keluar? Wah, pasti kakinya kotor kan setelah seharian bermain di luar? Sebaiknya bersihkan dulu kakinya sebelum masuk ke rumah. Tak perlu repot, karena sekarang ada Paw Cleaner, alat khusus untuk membersihkan kaki kucing. Mudah digunakan, praktis dan cepat kaki kucing jadi cepat bersih. Dapatkan alat pembersih lali ini di kisaran harga Rp 130 ribuan.

  1. OEM CLI – 314 Clicker Pet Training + Whistle Alat Latih Kucing

OEM CLI 314 Clicker Pet Training Whistle Alat Latih Anjing Kucing
OEM CLI 314 Clicker Pet Training Whistle Alat Latih Anjing Kucing

Alat perawatan kucing sudah lengkap, sekarang saatnya mengajak kucing main. dengan Whistle Clicker ini, kucing tidak hanya sekedar diajak bermain saja, tapi juga dilatih kepekaannya terhadap suara. Alat ini sangat baik untuk berkomunikasi dan mengajari kucing, apakah perilaku mereka baik atau tidak. Terbukti sangat efektif untuk melatih hewan peliharaan, alat ini dijual dengan harga Rp 40 ribuan.

  1. Laser Mini Pointer 5 Mata Mainan Kucing

Laser Mini Pointer 5 Mata Mainan Kucing Alat Presentasi
Laser Mini Pointer 5 Mata Mainan Kucing Alat Presentasi

Satu lagi mainan kucing yang bisa digunakan untuk melatih ketangkasan mereka. Kucing suka mengejar sinar yang muncul dari pointer. Kucing akan tetap aktif dengan pointer yang bisa mengeluarkan 5 titik secara bergantian ini. Sorotannya bisa mencapai 100 meter dengan bodi plastik yang nyaman digenggam. Dapatkan mainan bermanfaat ini dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu di bawah Rp 10 ribu.

  1. Pet Training Bell Alat Latih Kucing OEM

Pet Training Bell Alat latih Anjing Kucing Hewan
Pet Training Bell Alat latih Anjing Kucing Hewan

Ini adalah mainan yang seru buat kucing tapi sekaligus bisa dijadikan alat latihan. Kalau bisa membunyikan bel, kucing diberi imbalan snack, misalnya. Bisa juga digunakan sebagai alat melatih menggunakan toilet dan mengajarkan hal lain. Sangat bermanfaat dan bikin kucing nggak gampang bosan, dapatkan bel latihan ini dengan kisaran harga Rp 115 ribuan.


Baca juga: Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama

Memilih aksesoris kucing sebaiknya dari bahan yang berkualitas agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Blibli menyediakan berbagai aksesoris kucing dari beragam merek, mulai dari sisir bulu, alat cukur, pemotong kuku, hingga mainan dan kalung kuncing. Ada potongan harga spesial juga, lho. Yuk cek langsung di Blibli dan pilih yang paling cocok untuk kucingmu.

Pilih Aksesoris Kucing Lengkap dan Berkualitas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY