Traveling Stylish dengan Aksesoris Etnik ala Ammossi

aksesoris etnik

Kalau kamu adalah seorang backpacker atau traveler yang sering berkelana mengunjungi tempat-tempat baru, pastinya kamu butuh perlengkapan terbaik biar tetap stylish selama jalan-jalan. Entah itu topi, kacamata hitam, ataupun aksesoris etnik bergaya dari Galeri Indonesia Ammossi!

Ammossi merupakan merek lokal yang terspesialisasi dalam membuat aksesoris yang menonjolkan unsur alam dan budaya negeri Indonesia. Hasilnya, semua produk mereka terlihat authentic dan beda dari aksesoris pada umumnya, guys! Pengen tahu lebih banyak cerita di balik finalis 20 besar The Big Start Indonesia 2 ini? Yuk disimak!

CARI AKSESORIS TRAVEL-MU DI SINI

1. Terinspirasi dari pendaki gunung

aksesoris etnik
Via – @ammossi

Awal pembuatan aksesoris etnik Ammossi bisa dibilang karena ketidaksengajaan. Si founder, Ecky Anugrah, sering mengunjungi toko-toko yang menjual perlengkapan travel. Tapi ia tidak puas karena produk-produk travel ini terkesan monoton dan didominasi barang impor. “Dari situ saya kepikiran, itu orang-orang yang suka naik gunung dan backpacker-an kan suka pakai gelang. Kenapa nggak dibikinin gelang unik yang ‘Indonesia banget’?,” ujarnya.

Dari situlah, pada tahun 2015, ia mulai menggarap ide untuk membuat produk pertama mereka, yaitu gelang Explore Mountain series. Nama-nama gelang mereka pun mengadopsi nama gunung di Indonesia, seperti Egon, Tinombala, dan Mekongga. Nama Ammossi sendiri diambil dari puncak acara ritual adat peluncuran perahu pinisi di Indonesia. Wah, kreatif banget ya!

CUMA DI SINI KAMU BISA DAPATKAN GELANG AMMOSSI

2. Hasil karya authentic dari pengrajin lokal

aksesoris etnik

Tidak hanya memproduksi sendiri, Ammossi juga melibatkan 8 perajin lokal dari Sumatera hingga Nusa Tenggara barat untuk menghasilkan karya yang authentic dan handmade. Mereka sangat menjaga kualitas dari setiap piece aksesorisnya, mulai dari gelang, dompet, tas, hingga kain etnik yang dikemas dalam bentuk ethnic in a jar.

Menurut Ecky, Ammossi sangat peduli pada pelestarian nilai budaya Indonesia seperti tenun. Karena itulah, ia ingin membantu para perajin lokal agar bisa meningkatkan produk mereka ke pasar yang lebih modern dan lebih luas.

YUK, BANTU PERAJIN LOKAL DENGAN BELI PRODUK INDONESIA

3. Beli kain dapat Buku Pengetahuan mini tentang Indonesia

aksesoris etnik
Via – @ammossi

Misi utama Ammossi adalah mengenalkan Indonesia seluas-luasnya! Bukan cuma mengangkat nilai budaya dengan aksesoris etniknya, Ammossi juga sengaja membuat ”Book of Knowledge” atau ensiklopedia mini tentang Indonesia supaya para pembelinya pun bisa mendapatkan informasi lebih. Jadi, kalau kamu beli kain etnik Sortali, misalnya, kamu akan mendapatkan buku imut berisikan keterangan asal daerah, proses pembuatan, makna motif, sampai penggunaan kain di daerah asalnya. Kapan lagi, guys, beli kain daerah bisa dapet pengetahuan seru tentang Indonesia?

Baca juga: 20 Besar Finalis The Big Start Indonesia Season 2

4. Aktif mendukung pembuatan film

aksesoris etnik
Via – @ammossi

Nggak cuma aktif jualan, Ecky Anugrah mengaku Ammossi juga terlibat dalam kampanye beberapa film, terutama yang mengangkat cerita tentang traveller dan backpacker. Salah satunya adalah film Negeri Dongeng yang mengangkat cerita 7 sineas muda Indonesia ketika mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Ada juga cerita tentang Ogun Naik Everest, seorang survivor kanker yang berhasil mendaki gunung tertinggi di dunia. Selain itu, mereka juga ikut serta mengkampanyekan gerakan Ayo Ke Taman Nasional. “Taman Nasional di Indonesia itu banyak dan indah banget, tapi sayang banyak anak muda yang bahkan belum tahu. Karena itulah kita mengampanyekan gerakan ini,” ungkap Ecky. Wah, keren banget ya, guys!

AYO KE TAMAN NASIONAL PULAU KOMODO

5. Berhasil memasuki finalis 20 besar TBS Indonesia

aksesoris etnik

Dengan membuat aksesoris etnik yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi, Ecky Anugrah mengaku lega karena akhirnya ia bisa lolos menjadi 20 besar finalis The Big Start (TBS) Indonesia 2. Ini sekaligus menebus kegagalan tahun lalu, yang sayangnya hanya mentok di 100 besar tahun lalu.

“Sepertinya tahun lalu saya kurang siap. Tahun ini, saya lebih memahami Ammossi dan saya juga berharap produk asli Indonesia ini bisa menang,” kata Ecky. Pengagum entrepreneur Yoris Sebastian ini juga mengaku senang karena Blibli.com mempunyai bagian khusus galeri Indonesia yang mengangkat hasil karya merek-merek kreatif di Indonesia!

CEK KOLEKSI PRODUK KREATIF DI GALERI INDONESIA, YUK!


Passion Ecky dalam mengembangkan Ammossi ternyata berbalas dengan respons positif. Kini aksesoris etnik ala Ammossi sudah terjual laris, terutama di kalangan backpacker dan traveller yang pingin tampil stylish ketika liburan.

Kamu tentunya nggak boleh ketinggalan, dong! Blibli.com menyediakan semua keperluan supaya penampilan jalan-jalanmu tetap kece setiap saat. Mulai dari syal, sunglasses, sampai jaket parka bisa kamu dapetin dengan cicilan 0% lho!

Yuk ke #BlibliSekarang dan pilih outfit travel yang kamu impikan!

KLIK DI SINI UNTUK BELI AMMOSSI

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY