Salah satu bagian yang paling penting dalam mobil adalah ban (yaiyalah, kalau nggak ada ban, gimana jalannya?). Ban merupakan bagian dari sistem pengendalian, akselerasi, dan sebagai tumpuan cengkeraman kendaraan terhadap jalan pada saat melakukan pengereman.

Karena itu, ban mobil perlu kamu perhatikan dengan baik. Jangan cuma tampilan interior dan eksterior saja yang kamu perhatikan. Namun seperti apakah kriteria ban mobil yang baik? Yuk, kita bahas!

1. Tipe dan ukuran

tipe-dan-ukuran-mobil

Banyak produk dan merk ban yang menawarkan promo-promo menarik membuat pembeli terbuai dengan harga dan melupakan kualitas. Hal ini beresiko mengakibatkan kamu lupa memperhatikan fungsi serta kriteria dari ban yang sesuai dengan keamanan dan kenyamanan mobil kamu.

Tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil pada umumnya tertera pada plakat yang ada di pintu, laci dashboard, di belakang tutup tangki bahan bakar, atau pada manual mobil.

Sebagai contoh, misalnya ban mobil Anda berkode 205/65R15 95H. Angka 205 menunjukkan lebar nominal bagian ban dalam ukuran milimeter. Angka 65 menunjukan rasio aspek perbandingan antara tinggi ban dengan lebar bagian ban — 65% dari lebarnya.

Di samping itu, huruf R menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial. Angka 15 menununjukkan diameter nominal penggunaan velg roda (15 inci). Kode 95H adalah simbol yang menunjukkan kapasitas maksimum beban dan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan.

Kode tersebut menunjukkan beban maksimum yang ditanggung mencapai 690 kg per ban, dan H merupakan kecepatan maksimum 210 kmh. Selain itu ada kode LT (Light Truck), ST (Special Trailer), serta T (Temporary) yang berarti ban serep.

 cara-membaca-ban-mobil

Via 8piston

Jangan salah memilih ukuran yang tidak sesuai dengan velg. Selain tidak bisa terpasang dengan pas, hal itu bisa juga mengganggu keamanan dan kenyamanan kamu saat berkemudi!

2. Lebar ban

lebar-ban

Via honda-bdg.id

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh kamu pecinta modifikasi mobil, jangan sampai kamu  membeli ban yang tidak sesuai dengan mobilmu.

Penting untuk diperhatikan adalah lebar ban, semakin lebar ukuran ban maka semakin kuat daya cengkeramnya. Tapi nggak berarti kamu harus memasang ban selebar punya truk monster ya!

Begitu pula sebaliknya, semakin kecil lebar ban, maka akan semakin kecil pula daya cengkeramnya.

Ingat, fungsi utama ban adalah untuk keamanan dan kenyamanan kamu berkemudi bukan hanya untuk tampilan saja.

Jangan sampai kamu nyasar ke jurang gara-gara kekurangan daya cengkeram!

3. Pola tapak

pola-tapak

Via www.fastnlow.net

Selain lebar, pola tapak juga berpengaruh pada daya cengkeram dan akselerasi. Alur normal pada umunya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik.

Akan tetapi, jika kamu sering berkendara di daerah basah yang memiliki curah hujan tinggi, disarankan untuk memilih ban beralur V. Ban dengan tapak ini mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan.

Tergantung tipe jalan yang sering kamu tempuh, jauhnya, serta kondisi jalannya, mobil yang sama bisa menuntut ban yang berbeda-beda.

4. Profil ban

profil-ban

Via ototaiment.com

 

Ban dengan profil tipis, seperti 40 atau 50 memang terlihat keren ketika digunakan. Akan tetapi, ada juga sisi buruknya lho. Ban dengan profil tipis sangat riskan ketika digunakan untuk melintasi jalan yang buruk, karena velg akan cepat rusak.

Oleh karena itu, produsen pembuat mobil pada umumnya memasang ban dengan profil tebal. Semakin besar ukuran mobil atau semakin banyak penumpang, dianjurkan untuk menyediakan profil yang semakin tebal untuk mengurangi resiko rusak.

Makanya, hindari ban dengan profil tipis. Jangan sampai kamu harus ganti cat baru tiap kali ketemu polisi tidur!

Itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih ban untuk mobil kesayanganmu. Dapatkan pula kualitas ban mobil  terbaik di Blibli.com. Kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dari Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY