Ajarkan Tanggung Jawab Mengajak Si Kecil Membersihkan Rumah

Photo via pixabay.com

Menjaga kebersihan dan kerapihan rumah memang tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Saat si Kecil sudah dapat membantu pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengelap kaca, dan menyiram tanaman, tidak ada salahnya bagi Bubu untuk mulai melibatkannya. Beberapa orangtua mungkin masih ragu karena takut si Kecil belum dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, misalnya menyapu dengan bersih atau menyiram tanaman tanpa menumpahkan air di tempat lain. Asalkan si Kecil berada dalam pengawasan dan diberikan arahan yang benar, ia akan belajar menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Hal ini juga akan memberikan dampak positif untuk tumbuh kembangnya. Kira-kira, apa saja ya manfaatnya?

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Si Kecil dan Mengajarkan Tanggung Jawab

Melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah tangga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman si Kecil tentang tanggung jawab. Bubu dapat memberikan tugas ringan seperti menyapu kamarnya sendiri sebagai permulaan. Si Kecil mungkin akan menolak pada awalnya, namun jika Bubu dapat memberikan pengertian sederhana mengenai tujuan dari menjaga kebersihan rumah, si Kecil akan belajar tentang arti tanggung jawab terhadap tempat tinggalnya sendiri. Saat si Kecil berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut, pikiran positif bahwa ia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

2.    Meningkatkan Kemampuan Motorik Si Kecil

Kegiatan yang mendorong perkembangan motorik seperti merapikan mainan, menyapu, mencabut rumput, atau mengangkat penyiram tanaman dapat  membantu si Kecil melatih kemampuan motoriknya. Itulah salah satu alasan mengapa melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah tangga adalah ide yang bagus. Tugas-tugas yang merangsang si Kecil untuk mengkoordinasikan anggota tubuh akan mempengaruhi perkembangan otak yang diperlukan untuk membaca dan menulis. Menyelesaikan pekerjaan sederhana dapat berdampak besar bagi perkembangan motorik si Kecil.

3.   Memupuk Rasa Empati

Rasa empati mencegah seseorang untuk tumbuh menjadi pribadi yang egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Salah satu cara untuk memupuk rasa empati si Kecil adalah dengan melatihnya mengerjakan sesuatu yang tidak hanya menguntungkan dirinya tetapi juga bermanfaat untuk orang lain. Melibatkan si Kecil dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga secara tidak langsung dapat memupuk rasa empati tersebut. Selain itu, membagi tugas dengan si Kecil dapat membentuk kebiasaan untuk saling membantu di rumah. Ketika Bubu mulai melibatkan si Kecil dalam rutinitas pekerjaan rumah tangga, hal itu akan menjadi bagian dari hidupnya yang akan ia bawa hingga remaja dan dewasa.

4.    Mempererat Ikatan atau Bonding Orangtua dan Si Kecil

Melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah tangga dapat membuatnya merasa jadi bagian dari “tim.” Saat si Kecil bertanya mengapa ia harus melakukan tugasnya, berikan penjelasan bahwa dia adalah bagian dari keluarga, dan setiap anggota keluarga memiliki tugasnya masing-masing. Selain penjelasan, Si Kecil juga membutuhkan contoh untuk ditiru. Tunjukkan bahwa Bubu dan Pak Suami juga menyelesaikan tugas masing-masing. Konsep kebersamaan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga akan mempererat ikatan antara Bubu, Pak Suami, dan si Kecil.

Untuk mulai melibatkan si Kecil dalam pekerjaan rumah tangga, mulailah dari tugas-tugas yang ringan terlebih dahulu. Si Kecil juga bisa mulai dikenalkan dengan tugas-tugas tersebut dengan mainan seperti Little Helper. Bagaimana, Bubu sudah siap mengajak si Kecil merapikan rumah bersama? Sebisa mungkin, ciptakan suasana yang menyenangkan saat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga bersama-sama ya. Selamat bersih-bersih bersama, Bubu! 😊

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY