Anak Moms suka main air? Boleh jadi, itulah salah satu tanda ia harus mulai diajarkan berenang. Kenapa harus diajarkan sejak dini? Sebab menurut sebuah penelitian Griffith Institute for Educational Research yang meneliti lebih dari 7000 anak di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat, terbukti berenang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Mereka punya kemampuan motorik lebih baik, lebih ekspresif, dan menguasai angka-angka lebih baik.

Nah, untuk memulainya, Moms bisa membelikannya beberapa koleksi baju renang anak di Blibli berikut ini. Warna-warni dan modelnya yang menarik bisa membuat anak suka dan makin senang dengan kegiatan barunya nanti. Moms tinggal buka Apps Blibli, pilih bersama anak mana yang disuka, bayar dengan fasilitas multipayment, dan tinggal tunggu barang dikirim bebas ongkos kirim!

Kalau sudah lengkap dan siap, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengajarinya berenang. Berikut beberapa di antaranya:

Buatlah anak benar-benar merasa nyaman di dalam air

Peralatan Renang Anak_2

Ini langkah utama pengenalan renang pada anak. Sebab bisa jadi di bak mandi anak senang main air, tapi begitu masuk kolam lebih besar ia jadi panik. Moms di saat-saat seperti ini harus sabar. Berbagilah peran bersama Dads untuk menciptakan suasana menyenangkan anak di dalam air. Misalnya dengan membawakan permainan kesukaan dan Dads bisa menjaganya dari dalam kolam.

Biasakan membasahi wajah sampai ia mampu menahan napas dengan benar

Peralatan Renang Anak_3

Ini proses yang biasanya cukup membutuhkan kesabaran. Anak yang basah wajahnya kadangkala jadi panik karena merasa kemasukan air. Coba lakukan pelan-pelan. Basahi wajahnya, lalu masukkan ke kolam pelan-pelan sembari mengajarinya menahan napas. Lakukan sampai anak benar-benar merasa nyaman sepenuhnya berada di air. Kalau ia sudah mampu menahan napas sampai seluruh wajah basah di dalam air, itu tanda ia sudah mulai bisa diajari renang dengan gaya lebih lengkap.

Tingkatkan kepercayaan diri anak

Selain membasahi wajah, Moms bisa memberikannya sejumlah “kejutan” di air. Misalnya dengan main-main di bawah air lalu muncul tiba-tiba di sampingnya. Dengan permainan itu, akan membuat ia penasaran dan sesekali mencari Moms di bawah air. Jika sudah terbiasa basah seluruh tubuhnya seperti ini, kepercayaan anak saat berada di air biasanya sudah makin meningkat.

Berikan pelajaran secara bertahap

Peralatan Renang Anak_7

Saat percaya diri anak makin tinggi, coba ajari cara mengapung perlahan. Bisa dengan alat bantu renang, bisa juga dengan dipegangi dada atau punggungnya. Biarkan ia main air dengan mulai menggoyangkan tangan atau kakinya. Jika ia sudah mulai bisa menggerakkan tangan dan kaki dengan lincah, pelan-pelan lepas. Jaga kondisi tubuhnya agar tidak panik saat mulai dilepas. Saat sudah mulai bisa mengambang, barulah berikan tahap pelatihan gaya renang selanjutnya.

Semoga dengan model pelatihan bertahap seperti itu, anak akan menikmati bermain air ya Moms. Setelah itu, jangan kaget jika ia minta baju renang lainnya dan mulai bergaya di kolam renang. Jika itu yang diminta, sudah tahu kan Moms bisa belanja di mana?

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY