me

Panduan Wisata Air Terjun Putri Nglirip: Lokasi Review, Rute, & Fasilitas

May 28, 2024.By Nadine
Bagikan

kabarbumn.com
Ini dia panduan wisata Air Terjun Putri Nglirip untukmu!

Wisata Air Terjun Putri Nglirip — Air Terjun Putri Nglirip menjadi salah satu wisata terkenal di Jawa Timur untuk memberikan kenyamanan dan aliran air lebih segar bagi pecinta wisata alam. Lokasinya ada di Jl. Raya Mulyoagung, Sawah, Mulyoagung, Kec. Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62361 dan termasuk mudah untuk dijangkau jadi kamu nggak perlu khawatir kalau mau berkunjung. 

Nggak ada syarat yang aneh-aneh untuk masuk ke Air Terjun Putri Nglirip ini. Kamu hanya perlu bayar biaya masuk sekitar Rp8 ribuan saja per orang dewasa dan cukup Rp3 ribuan untuk anak-anak. Kemudian wajib bayar parkir untuk mobil Rp5 ribu dan motor Rp2 ribuan. Adapun penjabaran lengkap tentang wisata ini bisa cek semuanya di bawah ini!

Baca Juga:


Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Putri Nglirip 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Putri Nglirip
tripadvisor.co.id

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat kita berkunjung ke Air Terjun Putri Nglirip ini? Kamu yang penasaran bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menikmati Pemandangan Air Warna Tosca 

Kegiatan pertama sekaligus menjadi inti penting untukmu yang datang di wisata Air Terjun Putri Nglirip ini adalah untuk melihat pemandangan air warna tosca. Di mana-mana air memang nggak ada warnanya karena cenderung jernih namun di sini kamu bisa mendapatkan warna tosca cantik akibat pantulan dari beberapa tanaman hijau di sekitarnya. 

Jadi warna hijau ini bukan karena alamnya sudah rusak atau karena ada campuran bahan kimia di dalamnya. Semua spot di sini masih sangat alami untuk dinikmati tentunya kamu nggak bakalan rugi saat berkunjung. Air ini sangat tenang dengan aliran terjun yang sangat cantik mampu memanjakan mata para pengunjungnya. 

2. Menikmati Suasana Udara Sejuk 

Berkunjung ke wisata alam memang tujuannya untuk bisa mendapatkan udara segar dan mendapatkan relaksasi lebih baik. Wisata alam dengan air terjun memang sangat nyaman dengan udara yang masih bersih sangat cocok untukmu yang selama ini tinggal di pinggiran kota besar dan banyak menghirup udara kotor. 

Dengan menikmati udara sejuk biasanya pikiran menjadi lebih tenang dan bisa mendapatkan inspirasi baru. Kamu yang selama ini susah mendapatkan inspirasi dan konsentrasi saat bekerja bisa jadi perlu berkunjung ke wisata alam salah satunya Air Terjun Putri Nglirip ini. Jangan datang saat akhir pekan biar nggak terlalu ramai dan bisa lebih menikmati. 

3. Mengambil Foto Estetik 

Kegiatan ketiga yang nggak kalah seru dilakukan di Air Terjun Putri Nglirip ini adalah mengambil foto estetik. Berkunjung ke wisata yang cakep tentu nggak lengkap rasanya kalau nggak mengambil beberapa foto estetik untuk dokumentasi dan pamer ke media sosial. Semua spot di sini bagus dan langsung menyatu dengan alam jadi kamu nggak perlu khawatir. 

Kamu bisa langsung mendekat ke bagian air terjun atau sekedar mengambil foto dekat air warna toscanya saja. Banyak orang yang langsung mengabadikan warna dari air dan juga tanaman sekitar menggunakan ponsel maupun kameranya. Sehingga kalau mereka sedang kangen ke tempat tersebut bisa langsung buka galeri ponsel. 

Panduan Tempat Makan & Belanja di Air Terjun Putri Nglirip

Panduan Tempat Makan & Belanja di Air Terjun Putri Nglirip
huluhilir.com

Makanan khas yang wajib banget kamu coba saat berkunjung ke Air Terjun Putri Nglirip ini adalah rujak uleg. Kedengarannya mungkin memang biasa saja namun rasa rujak uleg dan komponen yang ada di dalamnya berbeda dengan rujak uleg yang biasa kamu temui. Rujak khas Nglirip terkenal dengan cita rasa yang lebih kental. 

Di dalamnya menggunakan sajian kacang dan sayuran daun ketela rebus sehingga rasanya pekat banget di lidah. Kamu bisa berkunjung ke Warung Mbak Enik yang terletak nggak jauh dari wisatanya. Di sini menyediakan menu rujak uleg yang mantap banget lengkap dengan menu lain yang nggak kalah menggoyang lidah. 

Pilihan lainnya bisa ke Warung Sederhana Mbak Yun yang konsepnya lesehan dan menunya prasmanan cocok untukmu yang pengen bisa makan dengan lauk lebih banyak. Untuk tempat belanja sebenarnya di sekitar wisata ini banyak orang berjualan makanan ringan khas dan juga pernak-pernik khas air terjun jadi cocok banget untuk oleh-oleh dengan harga lebih murah. 

Kalau mau berbelanja juga bisa ke pasar terdekat biasanya banyak menjual beberapa keripik dan menu khas yang nggak kamu temui selain di Nglirip dengan harga terjangkau banget. 

Panduan Cara Beli Tiket Air Terjun Putri Nglirip 

Panduan Cara Beli Tiket Air Terjun Putri Nglirip
huluhilir.com

Berita baiknya kamu yang pengen berkunjung ke wisata Air Terjun Putri Nglirip ini nggak perlu repot beli tiket online karena bisa langsung didapatkan saat berkunjung ke lokasinya. Wisata ini buka setiap hari bahkan di hari Sabtu dan Minggu juga buka hanya saja jamnya berbeda jadi jangan sampai salah. 

Untuk Senin sampai Jumat buka mulai pukul 8 pagi dan tutup di jam 4 sore. Lanjut untuk Sabtu dan Minggu bukanya pukul 8 pagi sampai jam 5 sore (satu jam lebih panjang dari jam hari aktif). Saat masuk kamu langsung registrasi sekaligus bayar biaya untuk parkir kendaraannya. Setelah itu dapat tiket dan bisa digunakan untuk menuju wisatanya. 

Untuk hari libur atau tanggal merah tempat ini tetap buka namun jangan kaget karena pengunjungnya bakalan lebih ramai. Kamu nggak direkomendasikan datang saat hari libur atau akhir pekan karena nggak bisa menikmati sepuas hati pemandangannya. Mereka nggak punya pembatasan pengunjung jadi susah diperkirakan kapan banyak pengunjung dan kapan bisa sepi. 

Siapa saja bisa datang ke sana baik warna lokal maupun orang luar kota yang pengen menikmati keindahan wisatanya. 

Panduan Transportasi Menuju Air Terjun Putri Nglirip 

terminal-bus.com

Bagaimana cara untuk bisa sampai ke Air Terjun Putri Nglirip ini? Jarak yang perlu ditempuh dari pusat Kabupaten Tuban adalah sekitar 23,6 km dan waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 39 menitan. Perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju Air Terjun Putri Nglirip ini bisa menggunakan Jalan Raya Montong. 

Kamu yang nggak bawa kendaraan sendiri bisa menggunakan angkutan umum dari arah terminal Tuban menuju Montong baru dilanjutkan menggunakan kendaraan menuju daerah Jojogan. Letak air terjunnya ada di jalur Montong dan jalung Jojogan. Rute lainnya yang bisa digunakan adalah dari Singgahan menggunakan angkutan umum dari Tuban menuju Jatirogo pakai bis. 

Bus biasanya akan transit di terminal Bojonegoro sebelum menuju Jatirogo. Pengunjung bisa langsung turun di pertigaan warung anjlok dan bisa jalan kaki 1 km menuju lokasinya. Kalau malas jalan kaki bisa naik ojek umum yang biasanya mangkal di sana. Hanya saja kebanyakan orang memilih jalan kaki sekaligus menikmati keindahan alam sekitarnya. 


Baca Juga:

Ke wisata air terjun Nglirip tentunya nggak puas kalau nggak sekalian ke Surabaya berkeliling mumpung singgah di Jawa Timur. Biar lebih puas kamu bisa langsung beli dulu voucher hotel Surabaya untuk menginap hanya di Blibli saja. Pilihannya banyak dengan diskon dan rentang harga yang aman banget di kantong. Cek dan beli semuanya sekarang juga!