Bagi moms yang baru saja melahirkan anak pertama, tentu banyak sekali pekerjaan rumah tambahan yang berhubungan dengan si kecil. Salah satunya (mungkin bukan yang paling menyenangkan adalah mengganti popok!

Meski tampak sederhana, mengganti popok nggak segampang kelihatannya, lho! Sebenarnya ada seni tertentu di baliknya.

Kesalahan dan kecerobohan sedikit bisa berakibat fatal. Kulit bayi bisa menjadi ruam atau bahkan terkena berbagai infeksi kuman. Tapi nggak perlu khawatir dulu. Dengan cara yang tepat, mengganti popok bisa menjadi sangat mudah dan menyenangkan.

Berikut adalah kumpulan tips sederhana untuk moms dalam mengganti popok si kecil!

1. Tempat yang tepat

tempat-mengganti-popokVia  The Stir

Jika sedang berada di rumah, mungkin moms memiliki meja atau ranjang khusus untuk mengganti popok yang nyaman bagi si kecil. Namun bagaimana jika moms dan si kecil sedang berada di luar?

Pilihlah tempat dengan permukaan yang datar dan tidak mudah goyang seperti meja, lantai, atau sofa. Bila perlu tempat tersebut memiliki pemukaan yang lembut.

Jika tidak, moms bisa mengakali hal ini dengan mengalasi permukaan dengan handuk tebal, agar proses pergantian menjadi lebih lancar.

Pastikan juga tempat tersebut kering dan tidak berada tepat di bawah sumber cahaya seperti lampu ataupun matahari langsung agar si kecil tidak merasa silau.

2. Siapkan semua hal dalam jangkauan tangan moms

perlengkapan-ganti-popokVia Best

Ketika sedang mengganti popok bayi, penting bagi moms untuk tidak berhenti di tengah-tengah proses hanya sekedar untuk mengambil barang atau perlengkapan ganti popok lain. Dalam keadaan dibaringkan, si kecil sangat mudah terguling. Tentu hal ini sangatlah berbahaya.

Pastikan semua perlengkapan mulai dari matras, tisu, air hangat, popok, krim anti ruam, dan lainnya sudah berada lengkap dalam jangkauan tangan, sehingga moms tidak perlu meninggalkan si kecil hanya untuk mengambil barang.

Agar lebih mudah, moms bisa menggunakan tas khusus popok, yang bisa menampung semua perlengkapan yang diperlukan saat mengganti popok si kecil dengan praktis.

3. Usahakan agar si kecil fokus

usahakan-si-kecil-fokusVia Sierraclub

Terkadang si kecil sangat aktif dan tak bisa diam sehingga menyulitkan moms ketika harus mengganti popoknya. Ada beberapa hal yang bisa moms lakukan untuk menyiasati hal ini.

Pertama, moms bisa melakukan beberapa aktivitas menarik bersama sebelum mengganti popok seperti menyanyi dan bermain hingga ia merasa sedikit lelah dan lebih tenang. Lalu, gunakan mainan favorit si kecil untuk mengalihkan perhatiannya agar si kecil tidak bergerak kemana-mana.

Letakkan mainan berdampingan atau jepit di mulut moms sehingga si kecil menjadi fokus dan tidak bergerak kemana-mana. Atau moms juga bisa memberikan ekspresi lucu ketika mengganti popok agar fokus si kecil tetap kepada moms.

4. Pastikan si kecil selalu dalam keadaan kering

pastikan-dalam-keadaan-keringVia Baby Science

Setelah si kecil bersih, jangan langsung kenakan popok lagi. Usap kembali kulit si kecil dengan handuk kering dan biarkan kulitnya terkena udara bebas selama kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit. Bisa tambahkan sedikit bedak bayi untuk membantu.

Selain untuk membuat kulit si kecil benar-benar kering sebelum dipakaikan popok, hal ini juga mengurangi resiko si kecil terkena ruam. Apalagi ketika kulit menjadi lembab, lebih besar resiko bagi si kecil terkena berbagai infeksi kulit.

5. Nappy Cream untuk kulit yang sensitif


nappy-cream

Untuk bayi yang memiliki kulit sensitif, popok bisa menjadi musuh utama penyebab ruam popok pada kulit si kecil. Jika tidak ditangani, hal ini bisa berdampak serius pada kulit si kecil.

Tapi moms tidak perlu khawatir, karena kini masalah ini bisa diatasi dengan nappy cream.

Oleskan nappy cream secukupnya pada kulit si kecil sebelum menutupnya dengan popok. Tentunya memberikan jeda beberapa menit sebelum mengenakan popok pada si kecil agar kulitnya terkena udara bebas juga bisa membantu mengurangi resiko ruam popok.


BACA JUGA Moms, Kenali Mitos vs Fakta Sederhana Seputar Tumbuh Kembang Bayi Ini Yuk!


6. Gunakan handuk, jangan tisu basah!

gunakan-handukVia goodWP

Sebisa mungkin hindari penggunaan tisu basah ya moms! Memang tisu basah terasa jauh lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan handuk. Namun kandungan bahan kimia mulai dari pewangi hingga zat lainnya bisa mengakibatkan alergi hingga ruam pada kulit si kecil, lho!

Gunakanlah handuk lembut yang hangat untuk membersihkan kulit si kecil atau tisu biasa yang kering. Hal ini mengurangi resiko terjadi hal-hal yang moms tidak inginkan.

7. Bersihkan dari bagian terbersih

area-pembersihanVia CANU

Ketika membersihkan bokong si kecil, moms harus membersihkannya dari bagian depan atau yang terbersih hingga bagian yang paling kotor. Hal ini mengurangi resiko kotoran tercecer ke permukaan kulit yang bersih.

Juga, selalu ganti handuk yang moms gunakan jika moms merasa handuknya sudah kotor. Handuk yang kotor hanya akan memperluas area kulit yang terkena kotoran. Bukannya bersih, si kecil malah akan semakin kotor.

8. Ups, jangan sampai si kecil pipispipis

Via  Fun N Fun

Jangan lupa, ketika mengganti popok bukan berarti si kecil tidak mungkin pipis. Jangan sampai si kecil pipis dan berceceran sehingga mengotori sekitar dan tubuhnya sendiri.

Jadi, penting bagi moms untuk menutup kemaluan si kecil dengan handuk kecil selama proses penggantian popok agar jika si kecil tiba-tiba pipis, pipisnya tidak mengotori dan berceceran ke mana-mana.

9. Pastikan moms juga selalu bersih!

moms-bersihVia Scary Mommy

Selain kebersihan si kecil, kebersihan moms sebagai yang menggantikan popoknya juga nggak kalah penting! Bayi memiliki sistem perlindungan tubuh yang masih lemah sehingga kotoran dan sedikit saja bakteri bisa mendatangkan penyakit bagi tubuhnya.

Pastikan moms selalu memcuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum menggantikan popok di kecil, ya! Apalagi setelah melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih atau memasak. Hal ini mengurangi resiko perpindahan kotoran dan bakteri yang ada di tangan moms setelah beraktivitas seharian.

Ternyata benar bukan jika mengganti popok si kecil adalah pekerjaan yang ‘susah-susah gampang’. Tapi, dengan berbagai tips dan juga pengalaman moms, tentu mengganti popok sudah buka perkara besar lagi bukan? Ganti popok? Siapa takut!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY