Semua orang pasti mendambakan tempat tinggal yang nyaman. Tapi, bagaimana cara memiliki tempat tinggal yang nyaman jika lahan yang kita miliki terbatas?

Pada akhirnya, harus ada yang diperkecil/dikurangi agar ruang lainnya mendapat porsi ukuran lebih besar. Biasanya, ruang yang sering dikorbankan adalah ruang tamu.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir kalau ruang tamu terasa sempit. Ada beberapa tips yang bsia kamu lakukan untuk menyiasatinya agar terasa lebih luas. Yuk, cari tahu!

1. Warna yang tepat

warna-yang-tepat
Via Home Design Ideas

Hal terpenting dalam menata ruang tamu adalah menentukan warna yang tepat. Warna yang salah bisa membuat ruang tamu kamu menjadi terasa sesak, loh.

Pilihlah warna terang non-putih seperti warna pastel dan warna-warna alami yang terang. Alasannya, bayangan yang jatuh pada warna ini nggak terlalu tampak. Sedangkan pada warna putih, bayangan yang jatuh dapat menimbulkan kesan sempit.

Selain itu, hindari warna-warna terlalu gelap karena warna gelap seperti maroon, violet, atau cokelat tua memberikan kesan gelap dan sempit.

 2. Menggunakan permainan visual

permainan-visual
Via Decoist

Selain warna dinding, kamu bisa memberikan efek visual pada dinding dengan memberikan pola garis sederhana menggunakan cat atau wallpaper.

Pola garis horizontal akan membuat ruangan terasa lebih panjang dan luas. Namun, jika ruang tamu kamu memiliki langit-langit yang rendah, kamu bisa mengakalinya dengan pola garis vertikal. Pola seperti ini akan memberikan kesan lebih tinggi pada ruangan.

3. Perabotan yang pas

perabotan-yang-pas

Via kea

Perabotan yang kurang pas nggak hanya membuat ruang tamu kamu menjadi lebih sempit, tetapi juga membuat perabotan tersebut nggak berfungsi maksimal. Jadi, pilihlah perabotan khusus yang pas dengan ruang berukuran mungil.

Dalam ruang kecil, lebih baik memilih perabotan berukuran sedang dengan jumlah secukupnya. Perabotan kecil, tapi dengan jumlah yang banyak, akan membuat ruangmu terkesan berantakan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perabotan yang multifungsi untuk memaksimalkan kegunaannya dalam ruang terbatas.

4. Membuat bukaan yang besar dan banyak

bukaan-yang-besar

Via Living Room Design Ideas

Nggak hanya sebagai pengatur sirkulasi udara dan cahaya, kehadiran jendela bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Jika memungkinkan, maksimalkanlah sensasi luas pada ruangan dengan membuat jendela berukuran lebar dalam jumlah banyak.

Selain itu, jendela yang luas juga memberikan cahaya alami secara maksimal. Ruangan yang memiliki bukaan besar tentu akan terasa lebih luas bila dibandingkan dengan ruang gelap yang tertutup.

5. Manfaatkan cermin

manfaatkan-cermin

Via Lonny

Jika membuat bukaan yang besar nggak memungkinkan, kamu masih bisa menyiasati keadaan ini dengan menaruh elemen cermin pada ruangan.

Cermin berukuran luas yang diletakkan pada beberapa sisi dinding akan membuat ruangan seolah-olah lebih luas dari aslinya. Nggak sulit, kan?

6. Minim pola

minim-pola

Via Homebnc

Untuk menghilangkan kesan sesak dan sumpek, hindari penggunaan pola-pola padat serta rumit pada bidang-bidang luas. Pada bidang luas seperti dinding, plafon, lantai, serta perabot berukuran besar gunakanlah pola yang minim atau bahkan cukup memberikan warna solid saja.

Jika ada pola detail dan rumit yang memang menjadi favorit kamu, aplikasikan pola tersebut pada bidang-bidang kecil saja seperti taplak meja, sarung bantal, atau perabotan berukuran kecil.


BACA JUGA 7 Life Hack Ini Mempermudah Kamu Bersih-Bersih Rumah


7. Terang!

terang

Via Freshome

Terang merupakan kunci ruangan menjadi terasa lebih luas. Maka dari itu, jika kamu nggak bisa memaksimalkan cahaya natural dari jendela, maksimalkanlah penataan lampu atau pencahayaan buatan.

Tapi, nggak berarti kamu bisa menata pencahayaan dengan sembarangan. Gunakanlah beberapa lampu dengan berbagai kapasitas listrik dan posisi berbeda untuk meminimalisir bayangan.

8. Sekat-sekat ruang

sekat-ruang

Via Design Home Pictures

Jika ruangan memang memiliki ukuran terlampau kecil dan kamu masih merasa sesak meski telah mengikuti langkah-langkah sebelumnya, mungkin kamu bisa menggabungkan beberapa ruang dengan menghilangkan sekat atau dinding pembatas.

Selama ruang-ruang tersebut nggak mengganggu zona pribadi kamu, nggak ada salahnya kok menggabung ruang tamu dengan ruang lain seperti pantri atau ruang makan. Hal ini akan menggandakan luas ruangan dan dijamin membuatmu merasa lega.

9. Buang yang nggak perlu

gak-perlu

Via Teemcbee

Terakhir, gunakan perabot seperlunya saja. Hindari perabotan yang nggak berguna, apalagi jika perabot tersebut berukuran cukup besar.

Dekorasi-dekorasi atau hiasan yang nggak perlu juga buang saja atau pindahkan ke ruang lain yang lebih lega. Terlalu banyak hal-hal nggak penting akan membuat ruang tamu terasa sempit dan berantakan. Pokoknyanggak banget!

Ternyata nggak sulit kan membuat ruang tamu sempit kamu menjadi terasa lebih luas? Yang penting adalah mengutamakan kenyamanan ruangan tersebut dan menggunakan segala sesuatu dengan nggak berlebihan.

Blibli.com juga bisa menjadi partner kamu dalam menemukan perabot yang pas untuk ruang tamu, loh. Kali ini pilihlah perabot yang membantu ruang tamu kamu jadi lebih luas, ya!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY