Waktu berlibur dengan si kecil sebentar lagi tiba! Apakah moms sudah membuat daftar barang-barang untuk traveling dengan si kecil? Ayo coba di cek lagi!

Barang-barang seperti car seat, alas untuk mengganti popok, dan juga perlengkapan makanannya sudah pasti akan masuk ke dalam daftar yang moms buat. Tanpa barang-barang tersebut, moms pasti akan kesulitan saat traveling.

Tapi selain barang-barang wajib seperti itu, ada 9 barang lain yang sebaiknya moms bawa saat liburan nanti. Dengan 9 barang ini, dijamin liburan bersama si kecil akan semakin menyenangkan!

Apa sajakah barang-barang tersebut? Yuk, simak!

 1. Buku cerita bergambarbuku-bergambar

Via Ameet

Perjalanan yang jauh tentunya bisa membuat si kecil mudah bosan. Moms pasti mengerti kan betapa rewelnya ia ketika bosan? Nah, untuk menghindari hal ini moms bisa membawakannya buku bergambar.

Moms bisa membacakannya cerita seru selama di jalan supaya perjalanan jauh si kecil terasa lebih menyenangkan. Selain itu moms juga bisa bermain search and find bersama si kecil!

Ajaklah ia untuk mencari beberapa objek pada gambar yang di buku. Si kecil pun akan merasa tertantang dan perhatiannya akan tertuju pada gambar-gambar di buku.

 2. Magna doodle untuk si kecil yang artistikmagna-doodle

Via RDE Camp

Apakah si kecil senang menggambar? Jika ya, maka magna doodle merupakan barang yang sangat cocok untuk menghibur si kecil di perjalanan jauh. Papan magnet yang bisa si kecil gunakan untuk menulis dan menggambar ini bisa menemaninya selama perjalanan.

Moms bisa mengajaknya menggambar pemandangan gunung yang dilewati selama perjalanan atau pemandangan moms dan dads sedang menyetir. Selain itu moms juga bisa mulai mengajarinya menulis. Jadi, selama liburan pun si kecil bisa menjadi semakin pintar dengan cara yang menyenangkan!

3. Mesin karaoke untuk bernyanyi ria di mobilkaraoke

Via – Amazon

Jika si kecil mulai merasa bosan setelah terus menerus membaca buku dan menggambar padahal perjalanan masih jauh, moms bisa mengajaknya bernyanyi dengan mesin karaoke. Nyanyikanlah lagu-lagu yang bersemangat bersamanya!

Ajak juga ia untuk menggoyangkan tubuhnya (namun hanya dalam kondisi yang aman). Dijamin, si kecil pasti akan semangat banget hingga di tempat tujuan. Moms bisa coba merekam si kecil ketika beraksi sebagai kenang-kenangan di masa depan.

4. Kamera khusus untuk si kecilsi-kecil

Pada saat pergi berlibur, kamera pasti akan menjadi benda wajib yang pasti moms bawa. Mungkin biasanya moms akan menyuruh si kecil untuk jauh-jauh dari kamera karena takut ia banting. Tapi, coba deh kali ini moms berikan si kecil 1 kamera khusus untuk dirinya sendiri dan biarkan ia mengeksplor.

Saat moms memberikan kamera pada si kecil, ia akan menjadi lebih peka dan juga semangat untuk melihat hal-hal yang ada di sekelilingnya. Ia pun akan menemukan berbagai hal yang menarik perhatiannya dan berusaha memotretnya.

Setiap hari, cobalah untuk mengintip hasil karyanya. Moms bisa saja menemukan hal yang tak terduga lho! Oh ya, ajaklah juga ia untuk menceritakan hal yang ada di foto tersebut. Dengan begitu, memori liburan kali ini akan lebih membekas dalam ingatannya.

5. Balon sabun

balon-sabunPerjalanan yang jauh bisa membuat si kecil merasa kelelahan sehingga tampak lesu sesampainya di tempat tujuan. Nah, untuk membangkitkan semangatnya, moms bisa mengajaknya bermain balon sabun!

Ajaklah ia pergi ke luar tempat penginapan dan tiuplah gelembung ini. Dalam perjalanan pun ia bisa bermain dengan busa-busa yang berterbangan keluar jendela.

Melihat gelembung-gelembung yang cantik pasti akan menjadikannya kembali bersemangat dan ceria lho moms!

Jika nggak ada balon sabun, moms juga bisa mengajaknya bermain pistol air. Bawa sepasang atau dua bisa memeriahkan liburan kapanpun ketika bosan!

Percikan-percikan air tersebut pasti akan membuatnya kembali semangat. Apalagi saat ia harus bertarung melawan moms. Nah, karena belum tentu di tempat tujuan moms ada yang menjual barang ini, lebih baik moms bawa saja dari rumah.

Tips: jangan keluarkan pistol air sebelum sampai di tujuan ya moms!

6. Layangan-layanganlayang-layang

Via Peninsula Kids

Bermain layangan bersama di tengah kota yang padat bangunan tentunya sama sekali nggak seru. Yang ada malah layangan bisa nyangkut di tiang listrik!

Karena itu yuk manfaatkan liburan ini untuk mengajari si kecil cara menerbangkan layangan. Tempat liburan moms yang lebih lengang dan jauh dari padatnya perkotaan pasti sangat cocok untuk mainan ini.

Si kecil juga pasti senang banget deh saat berhasil menerbangkan layangan pertamanya. Moms bisa melihatnya berlari senang dan seru sendiri mengadah ke atas, melihat kertas terbangnya terbang begitu tinggi.

Semoga si kecil juga bisa seperti layangan tersebut, kelak.


BACA JUGA 5 Alasan Tepat Mengapa Ajak Anak Main ke Pantai adalah Hal yang Bermanfaat


7. Bola-bolaan

bola-bolaanVia Super Healthy Kids

Barang lain yang bisa menemani si kecil saat bermain di luar ruangan tentu saja bola. Hanya dengan satu bola, moms bisa memainkan berbagai permainan bersama si kecil. Mau main volley? Oke. Main lempar tangkap? Oke banget.

Si kecil pasti akan merasa sangat senang mengejar dan melempar bola ke arah moms. Apapun permainannya, ia pasti akan merasa senang selama bisa terus bermain dengan moms. Nggak ada salahnya deh, membawa bola untuk traveling (asalkan nggak dimainkan ketika dalam perjalanan).

Nah, setelah kelelahan bermain di luar ruangan, sekarang saatnya bagi si kecil untuk beraktivitas di dalam ruangan. Supaya suasana liburan tetap seru, moms bisa membawa:

8. Kartukartu

Via Delia Creates

Bermain kartu memang aktivitas dalam ruangan yang nggak pernah dilewatkan ketika sedang liburan bersama keluarga. Karena itu moms wajib untuk membawa kartu setiap kali liburan.

Bawalah kartu yang sesuai dengan si kecil misalnya seperti UNO dan juga memory card game. Jika si kecil belum mengerti cara bermainnya, justru inilah saat paling tepat untuk moms mengajarinya.

Ketika ia mahir, ia juga bisa mengajarkan dan bermain bersama temannya. Hal ini bagus banget untuk melatih kemampuan berpikir logisnya lho!

9. Terakhir, siapa yang bisa melupakan: snack!

snack

Via Linda Joyce Jones

Bermain kartu (atau aktivitas lain) tanpa adanya kudapan kecil rasanya seperti ada yang kurang deh. Karena itu moms harus membawa banyak stok snack ringan. Sedikit cita rasa manisan dan asinan sana-sini merupakan hal yang nggak terpisahkan dalam liburan. Apalagi dalam perjalanan!

Hanya saja, moms harus mengontrol asupannya buat si kecil ya. Terlebih lagi sebelum makan. Nanti, malah nggak mau menyantap ketika disuruh.

Jangan lupa memasukkan 9 barang ini ke dalam daftar perlengkapan yang perlu dibawa ya moms! Dengan membawa barang-barang ini liburan bersama si kecil pasti akan terasa jauh lebih menyenangkan!

Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukannya bersama barang-barang ini juga membuatnya nggak rewel. Moms nggak akan merasa kerepotan deh saat liburan bersama si kecil.

Yuk segera siapkan barang-barang yang moms perlukan mulai dari sekarang. Jika moms masih kerepotan dengan pekerjaan moms yang menumpuk sehingga nggak sempat belanja seluruh perlengkapan yang dibutuhkan, moms bisa langsung mendapatkan semuanya di Blibli.com!

Apalagi, di musim liburan ini,moms bisa mencari kebutuhan si kecil di Blibli.com. Manfaatkan pula cicilan 0% dari Blibli.com ya Moms! Selamat belanja dan berlibur moms!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY