Tanggal 15 Oktober mendatang, kita akan memperingati hari cuci tangan Internasional. Hal ini kembali mengingatkan kita dengan pentingnya menjaga kebiasaan mencuci tangan setiap hari, baik sebelum dan sesudah beraktivitas.

Apalagi buat orang Indonesia, makan menggunakan tangan kosong sudah menjadi bagian dari budaya. Meski berbeda suku bangsa dan jenis makanannya, kebiasaan untuk menyantap makanan menggunakan tangan kosong sudah mendarah daging.

Tapi, nggak cuma Indonesia, banyak juga makanan-makanan di berbagai belahan dunia yang paling enak dimakan menggunakan tangan. Apa saja? Yuk, simak!

1. Sushi – JepangUntitled

Via Live Japan

Apakah kamu pernah makan sushi? Jika pernah, biasanya makan pakai sumpit, bukan? Sushi kerap disantap menggunakan sumpit, namun sebenarnya sushi seharusnya dimakan langsung menggunakan tangan, lho!

Sushi dirancang untuk bisa digenggam dengan satu tangan dan dilahap dalam satu suap. Bahkan di budaya Jepang sendiri, makan sushi menggunakan tangan dinilai lebih pantas dan elegan dibanding memakai alat makan.

2. Roti Prata – Indiaroti parata

Via Food Republic

Selain Indonesia, India juga merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan menyantap makanan menggunakan tangan kosong. Salah satu makanan yang cukup terkenal dan mudah kamu temukan adalah roti prata.

Meski disantap bersama kuah kari, kamu nggak perlu bingung bagaimana menyantap kuah kari tanpa menggunakan sendok. Kamu justru bisa menggunakan roti prata sebagai wadah atau sendok untuk menyantap kuah kari yang kaya akan rempah-rempah ini.

3. Fufu – Africaafrika

Via Reddit

Fufu merupakan makanan yang terbuat dari umbi-umbian yang direbus, dilumat, dan dibentuk berbentuk bola. Makanan yang populer di belahan selatan dan tengah benua Afrika ini disajikan menggunakan sup yang kaya rempah dan daging.

Meski berkuah, masyarakat Afrika tak ragu menggunakan tangan ketika menyantap makanan ini, lho. Fufu yang lembut dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil dan dibentuk mencekung untuk mengambil kuah sup yang berwarna kekuningan.

Dan sebagai bagian dari budaya, kamu nggak boleh menjilat jari-jarimu sebelum semuanya sudah selesai menyantap makanan, atau kamu akan dianggap nggak sopan.

4. Burito – Mexicoburito

Via The Guardian

Makanan asal Mexico ini terkenal mampu mengenyangkan perut kamu karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Bentuknya yang memanjang dan tergulung rapi membuat Burito sangat mudah disantap langsung menggunakan tangan.

Faktanya, menyantap makanan ini menggunakan alat bantu sendok atau pisau justru membuat isi makanan ini berantakan, lho. Jadi siapkan tanganmu dan santap langsung makanan dengan kepedasan khas ini.


BACA JUGA Kangen Makanan yang Indonesia Banget? Ini 7 Menu Pilihannya


5. Chilli Crab – Singaporechili crab

Via Simply Me Story

Bagi kamu pecinta kuliner Melayu, khususnya kepiting, pastinya kamu tahu nikmatnya mengonsumsi kepiting langsung menggunakan tangan kosong. Tapi hati-hati ya jangan sampai tanganmu tergores cangkang kepitingnya.

Salah satu menu kepiting lezat yang patut kamu coba adalah chilli crab yang berasal dari Singapura. Biasanya menu ini dikonsumsi dengan tambahan tahu goreng dan rasa pedasnya pasti membuat kamu susah untuk berhenti menyantapnya.

6. Ayam Goreng Korea

ayam goreng korea

Via OC Weekly

Jika di Indonesia kita biasa melihat ayam goreng yang disajikan kering, di Korea kamu akan menemukan ayam goreng yang disajikan dengan tambahan saos bumbu berperisa rasa manis atau pedas.

Meski hal ini membuat ayam gorengnya menjadi lengket dan kurang nyaman digenggam, orang-orang Korea tak ragu untuk menyantapnya menggunakan tangan kosong. Bahkan di kalangan anak muda, ayam goreng ini terkenal sebagai camilan favorit ketika nongkrong dan sangat pas ditemani soju (minuman fermentasi khas Korea).

7. Pizza – Italiapizza italia

Siapa di antara kamu yang selama ini mengonsumsi Pizza menggunakan sendok, garpu, atau pisau? Meski disuguhkan sendok dan garpu ketika berkunjung ke restoran kuliner khas Italia, makanan ini seharusnya dikonsumsi menggunakan tangan kosong saja.

Kehangatan yang dirasakan di tangan dan kebebasan untuk mengontrol sebanyak apa yang ingin dimasukkan ke mulut merupakan kebahagiaan kecil yang kamu nggak bisa peroleh dari sendok atau garpu.

8. Nasi Padang – Indonesianasi padang

Berbicara tentang menyantap makanan dengan tangan kosong, nggak lengkap rasanya jika kita nggak menyebut nasi padang yang berasal dari negeri sendiri. Nasi padang yang khas dengan keanekaragaman lauk pauk dan bumbunya ini dipercaya akan lebih nikmat jika dikonsumsi langsung menggunakan tangan.

Bagi kamu pelanggan setia rumah makan padang, pastinya juga sudah familiar dengan mangkuk air yang selalu disediakan untuk membasuh tangan sebelum menyantap berbagai hidangan di atas meja. Jadi pengen gulai dan rendang, nih!

Apakah kamu setuju dengan makanan-makanan di atas paling nikmat jika dimakan pakai tangan? Ingat, selain rasa masakannya, hal yang membuat makan pakai tangan lebih nikmat adalah tangan yang bersih.

Nggak cuma air keran atau kobokan. Kamu perlu menggunakan sabun cuci tangan yang mampu membunuh bakteri seperti Dettol agar hasil optimal.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat sanitasi yang paling mengkhawatirkan. Banyak masyarakat yang masih belum paham pentingnya kebiasan mencuci tangan.

Sebagai warga negara yang baik, kamu dapat turut membantu permasalahan ini dengan mengikuti kampanye hari cuci tangan atau Handwashing day dari Dettol! Untuk mengetahui lebih lanjut, cari tahu caranya di sini. Yuk, kita tanamkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan untuk hidup yang lebih sehat.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY