Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Gigi Putih dan Sehat

Walaupun masih banyak yang menyepelekan kesehatan gigi, kamu harus sadar nih, bahwa menjaga kesehatan gigi itu sangatlah penting. Jangan sampai kamu sudah mulai mengalami kerusakan gigi yang mengganggu kesehatan dan penampilan di usia muda.

Selain harus memeriksa kondisi kesehatan gigi ke dokter secara berkala, kamu juga harus memperhatikan asupan yang tepat untuk membantu gigi semakin kuat dan sehat. Penasaran bagaimana? Yuk, simak jenis makanan yang bisa bantu tampilan gigi jadi lebih putih sehat dan kuat.

1. Keju   

Photo by Pixabay

Siapa sangka kalau keju bisa bikin gigi putih dan sehat? Ya, fakta ini berkat kandungan kalsium dan fosfat yang ada di dalam keju. Mineral ini mampu mengurangi keasaman di dalam mulut dan menjadikan gigi lebih kuat. Bahkan keju juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut.

2. Seledri 

Photo by Pixabay

Seledri tak hanya baik bagi kulit, namun juga dapat membantu mengurangi bakteri dalam mulut sekaligus menghilangkan plak di gigi. Kunyah seledri beserta daunnya sehingga serat pada seledri akan bekerja untuk membersihkan gigi dari sisa makanan.

3. Mentimun

Photo by Pixabay

Buah yang sering dihidangkan sebagai garnis atau pelengkap lalap ini memiliki serat yang dapat membantu merangsang gusi dan gigi. Konsumsi jus mentimun dapat meminimalisir infeksi yang terjadi pada gusi di sekitar gigi.

4. Kunyit 

Photo by Pixabay

Kunyit tak hanya dapat membantu kebersihan gigi saja, tapi juga dapat meringankan masalah mulut serius seperti pembengkakan, radang gusi, hingga periodontitis. Kunyit yang punya nama latin curcuma ini memang memiliki sifat antibiotik. Namun karena merupakan bahan alami, kunyit tidak akan menimbulkan efek negatif seperti yang bisa terjadi saat konsumsi obat dalam jangka waktu panjang.

5. Yogurt 

Photo by Pixabay

Merupakan produk susu yang difermentasi, yogurt memiliki kadar kalsium dan protein yang tinggi dan sangat baik untuk memperkuat enamel atau lapisan terluar gigi. Yogurt yang diperkaya dengan kandungan probiotik juga sangat baik untuk melawan bakteri di gigi berlubang.

INI YOGURT YANG ENAK DAN SEHAT UNTUK GIGI

6. Apel 

Photo by Pixabay

Serat yang tinggi dalam buah apel mampu mengikis bakteri yang ada di area mulut dan gigi. Selain itu, apel juga diperkaya dengan fluorida yang sering ditemukan pada produk pasta gigi dengan fungsi unggul yaitu untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dan gusi.

7. Stroberi

Photo by Unsplash

Buah segar yang satu ini mampu mencerahkan rona pada gigi sehingga lebih cemerlang, berkat asam malat dalam stroberi. Jadi dengan rajin konsumsi stroberi maka lambat laun warna gigi akan kembali putih.

8. Wortel

Photo by Unsplash

Walaupun wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Tahukah Friends, ternyata sayuran ini juga memang kaya akan vitamin A yang juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, lho!

Nah, selain dengan konsumsi makanan di atas, perawatan rutin seperti sikat gigi dua kali sehari tetap tidak boleh dilewatkan. Pas banget nih, ada berbagai diskon spesial untuk produk kesehatan gigi dan mulut dalam rangka World Oral Health Day. Jadi, kamu bisa nyetok persediaan sikat gigi dan pasta gigi andalan. Yuk, cek disini selengkapnya.

KLIK DI SINI UNTUK CEK PROMO WORLD ORAL HEALTH DAY

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY