Indonesia memang surganya para petualang bawah laut. Dengan lebih dari 17.000 pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke, serta luas perairan yang mencapai 81% dari total luas negara, Indonesia tentu memiliki kekayaan alam bahari yang nggak ada duanya!

Salah satu destinasi wisata bahari favorit dan paling dekat untuk dijangkau dari Ibukota adalah Kepulauan Seribu. Memiliki lebih dari 100 pulau kecil terbentang di sepanjang utara Kota Jakarta, ada banyak sekali hal yang wajib kamu telusuri di sana.

Apa saja harta berharga Kepulauan Seribu yang bisa kamu temukan?

1. Terowongan bawah laut – Pulau Putripulau-putri

Via Raja Wisata

Pulau Putri adalah salah satu pulau resort yang terdapat di Kepulauan Seribu. Memiliki pantai serta kekayaan terumbu karang yang indah, pulau ini dilengkapi sebuah terowongan bawah laut yang bisa kamu telusuri untuk melihat langsung kekayaan bawah laut pulau ini!

Bisa dibilang Pulau Putri termasuk salah satu pulau dengan fasilitas terlengkap di Kepulauan Seribu. Terdapat berbagai fasilitas olahraga seperti kolam renang hingga lapangan tennis serta restaurant. Bahkan, pengelola menyiapkan sebuah spot khusus dimana kamu bisa menikmati matahari terbenam dengan indah.

2. Pulau Gosong

pulau-gosongVia Travel Detik

Kalian nggak perlu panik, karena Pulau Gosong nggak akan membuat kulit kamu gosong kecuali kamu berjemur di sana seharian suntuk. Pulau Gosong juga bukanlah pulau yang berpasir gelap layaknya makanan gosong. Sebaliknya, pulau kecil ini justru berpasir putih dan berair jernih.

Tak seperti pulau besar umumnya, Pulau Gosong terbentuk dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Endapan ini semakin lama semakin membesar dan membentuk sebuah daratan baru.

Uniknya, pulau ini hanya ada ketika air laut tengah surut. Ketika laut pasang, maka pulau ini akan tersembunyi di bawah perairan sekitarnya. Posisi pulau ini juga bisa berpindah-pindah sedikit karena didorong ombak loh.

Berada di Pulau Gosong akan memberikanmu sensasi serasa terdampar di tengah laut.

3. Surga bawah laut

surga-bawah-laut
Via Liburankepulaupramuka

Sudah bukan rahasia lagi jika Kepulauan Seribu merupakan surga pecinta snorkeling. Ada banyak sekali spot snorkeling di perairan kepulauan seribu seperti perairan Pulau Semak Daun, Pulau Pari, Pulau Sepa, dan Pulau Ayer yang memungkinkan kamu berinteraksi langsung dengan berbagai biota laut yang hidup di dalamnya.

Ikan-ikan yang jinak tak akan sungkan untuk ikut berenang bersamamu. Pokoknya kamu akan bermain air di tengah laut sepuasnya!

4. Jembatan Cinta

jembatan-cinta
Via Pulau Seribu Traveling

Salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu yang kerap menjadi kunjungan wisata adalah Pulau Tidung. Ada cerita menarik di pulau satu ini. Terdapat sebuah ikon di pulau ini yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Jembatan ini terkenal dengan nama jembatan cinta karena adanya mitos-mitos yang dipercayai para penduduk dan juga wisatawan. Salah satunya adalah jika kamu menyebrangi jembatan ini bersama pasanganmu, maka hubunganmu akan menjadi lebih langgeng. Inilah asal muasal julukan jembatan cinta.

Selain itu, banyak juga yang percaya bahwa melompat dari atas jembatan ini akan membuang segala kotoran atau pemikiran negatif yang ada di dalam kepala kamu.

Percaya nggak percaya sih, tapi yang pasti tempat ini nggak kalah seru buat kamu kunjungi!


BACA JUGA 5 Pantai Bukti Indonesia Negara Paling Mempesona!


5. Pantai Pasir Perawan – Pulau Pari

pulau-pari
Via Sakura Travel

Pulau lainnya yang terkenal di Kepulauan Seribu adalah Pulau Pari. Dengan pemandangan serta keasriannya, Pulau Pari memang menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Tapi, belum lengkap rasanya kamu ke pulau Pari tanpa menyambangi Pantai Pasir Perawan yang tersohor.

Ada cerita di balik nama pantai tersebut. Dahulu ada seorang anak gadis yang menghilang di pantai tersebut dan tak pernah ditemukan. Ada yang percaya bahwa gadis tersebut dibawa gagak raksasa, sedangkan yang lain menganggap bahwa gadis tersebut menghilang dibawa oleh makhluk dari dunia lain.

Terlepas dari mitos tersebut, pantai ini memang tergolong perawan karena belum terjamah banyak orang. Hal ini membuat pantai yang berpasir putih dan halus dan dikelilingi pemandangan laut serta bakau menjadi sangat indah!

6. Rumah bagi penyu hijau dan penyu sisikpulau-seribu

Via Wiranurmansyah

Kepulauan Seribu merupakan tempat pelestarian hutan bakau serta dimanfaatkan sebagai tempat penangkaran penyu sisik dan penyu hijau yang tengah terancam punah. Kedua jenis penyu ini termasuk penyu yang jarang ditemukan di perairan lain, kecuali pantai utara pulau Jawa.

Jika kamu ingin ikut melihat proses pelestarian atau sekedar melihat bayi-bayi penyu yang lucu, kamu bisa mengunjungi penangkaran penyu yang terdapat di Pulau Semak Daun, Pulau Pramuka, atau Pulau Kelapa Dua.

7. Uji nyali!

uji-nyaliVia Hipwee

Selain kekayaan alam yang indah, Kepulauan Seribu juga menyimpan berbagai cerita angker. Bagi kamu yang gemar menguji nyali, ada beberapa destinasi yang mungkin cocok sebagai tujuan wisatamu di Kepulauan Seribu.

Salah satunya adalah Pulau Sabira yang merupakan pulau terluar dari Kepulauan Seribu. Di pulau ini terdapat mercusuar tua yang dipercaya angker. Mitos mengatakan dahulu terdapat satu keluarga berkebangsaan Belanda yang menghuni mercusuar itu.

Pulau Onrust yang merupakan bekas benteng pertahanan Belanda juga menyimpan banyak misteri dan terkenal angker. Apalagi di pulau ini terdapat makam kuno serta ketiadaan listrik membuat pulau ini gelap gulita ketika malam tiba.

Lalu masih ada Pulau Karya yang dulu sempat bernama Pulau Kuburan Cina. Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak cerita serta betapa horor pulau satu ini.

8. Harta Karun pulau Onrust

pulau-onrustVia BeritaSatu

Terdapat 44 pulau di kepulauan seribu yang menyimpan cerita sejarah, bahkan beberapa situs peninggalannya masih bisa kita temukan kini. Seperti, di Pulau Khayangan yang terdapat sisa reruntuhan benteng yang masih lengkap dengan meriam dari zaman penjajahan Belanda dan Benteng Martello yang pada zaman penjajahan Belanda digunakan sebagai benteng pertahanan Teluk Jakarta di Pulau Kelor.

Banyak yang meyakini terdapat terowongan rahasia di bawah laut yang menghubungkan pulau Kelor dan Pulau Onrust serta misteri harta karun VOC berupa emas dan perhiasan yang terdapat di Pulau Onrust.

Ditemukannya bangkai kapal De Geldermalsen, kapal dagang VOC yang berisi 126 batang emas dan 160.000 benda keramik dinasti Ming dan Ching di selat Melaka memperkuat dugaan bahwa harta karun VOC itu benar-benar ada.

Apalagi sejarah menyebutkan masih ada ratusan bangkai kapal dagang yang belum ditemukan hingga saat ini. Pulau Onrust yang belum sepenuhnya tereksplorasi secara arkeologis diduga menyimpan banyak ruang bawah tanah yang belum terungkap. Mungkin kamu akan menjadi orang yang berhasil memecahkan misteri tersebut!

Jangan mengaku berjiwa petualang jika kamu belum menyelusuri Kepulauan Seribu. Pastikan Kepulauan Seribu masuk dalam salah satu peta perburuan harta karun-mu dan pecahkan misteri yang ada!

Tentunya masih banyak lagi destinasi wisata bahari di Indonesia, kira-kira yang mana favorit kamu?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY