Banyak orang yang mengaku pecinta kopi. Alasannya, setiap hari tak bisa bekerja tanpa minum kopi. Kalau belum ngopi, merasa badannya lemas dan kurang konsentrasi. Tapi benarkah mereka pecinta kopi, atau sekadar penikmat kopi?

Seorang pecinta kopi, biasanya bukan hanya menikmati kopi. Tapi ia juga tahu persis bagaimana “memperlakukan” kopi. Sedangkan penikmat kopi, kebanyakan hanya tahu bahwa ia sudah minum kopi. Mau kopi instan, kopi tubruk, atau bahkan luwak kopi, ia tak seberapa peduli. Yang penting, sebelum kerja harus ngopi. Termasuk yang manakah kamu?

Tak masalah sebenarnya, jadi sekadar penikmat atau sudah pada level pecinta kopi. Apalagi kalau yang diminum kopi Nusantara. Kopi Gayo, Mandailing, Minang, Jawa, Bali, Flores, hingga Papua, semua adalah kekayaan Nusantara yang mempunyai ciri khas daerah masing-masing.

BACA JUGA Benarkah Kopi Indonesia Paling Enak?

Setiap kopi dengan aroma dan rasa yang berbeda sebenarnya akan lebih terasa nikmatnya jika diseduh dengan cara yang baik dan benar. Secangkir kopi di tangan barista—peracik kopi—bisa jadi sangat berbeda jika dibanding dengan menyeduh sendiri. Tapi sebenarnya kamu pun bisa mengetahui bagaimana cara membuat kopi ala café. Apa saja yang harus dilakukan agar bisa membuat secangkir kopi hitam jadi kopi nikmat tak terlupakan?

1. Jika ingin kopi dengan aroma paling nikmat, pilih kopi masih dalam bentuk biji. Anda bisa menggiling sesuai selera, apakah kasar, halus, atau di antaranya.

Kopi Nusantara_2

  1. Gunakan penggillingan yang bisa diatur tingkat kehalusannya. Usahakan grinder (penggiling) yang bukan memakai blade (pisau) karena hasilnya kurang merata.

Kopi Nusantara_33. Pahami tingkat kehalusan gilingan kopi untuk kebutuhan Anda. Biasanya, semakin halus semakin pahit rasa kopi. Sebaliknya, jika masih terlalu kasar, kopi akan terasa “datar”.

4. Pilih air yang digunakan secara tepat. Akan lebih baik jika menggunakan air yang tidak disuling atau dikurangi kadar mineralnya. Yang cukup aman pilihannya adalah menggunakan air minum botol agar rasa kopi tetap terjaga.

Kopi Nusantara_4

5. Sesuaikan takaran dengan rasa kopi yang Anda inginkan. Tiap orang bisa jadi berbeda komposisi banyaknya kopi yang diinginkan. Tapi untuk pilihan aman, komposisinya adalah 1:15, atau tiap satu gram kopi diseduh dengan 5 ml air.

Kopi Nusantara_5
6. Jaga suhu air untuk mendapatkan aroma dan rasa terbaik. Suhu yang tepat adalah antara 90 hingga 96 derajat celsius. Jika lebih dingin, kopi akan berasa “datar”. Sedangkan kalau terlalu panas, kualitas kopi akan lebih banyak menguap dan rasanya kurang nikmat.

7. Kenali waktu terbaik untuk menikmati kopi Waktu ideal yang paling pas adalah sekitar empat menit setelah kopi tercampur dengan air panas. Jika menggunakan teko saji kopi (plunger pot), waktu idealnya antara dua hingga empat menit. Sedangkan jika Anda penggemar espresso (kopi tekan hitam), adalah di detik ke 20 hingga 30.

Kopi Nusantara_6

8. Jika ingin menikmati kopi lebih lama, gunakan cangkir kopi atau mug. Jaga suhu pada kisaran 80-85 derajat celsius. Lebih baik tidak memanaskan kopi yang sudah dingin, karena rasanya sudah hilang.

Kopi Nusantara_7

Anda bisa memilih beragam jenis kopi Nusantara via Apps Blibli. Dapatkan harga istimewa dan bebas ongkos kirim. Pilih, bayar, dan nikmati dengan cara membuat kopi yang benar, Anda akan segera menemukan kebanggaan, inilah kopi Indonesia yang luar biasa enak.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY