Buat para penggemar animasi Jepang, kamu pasti udah nggak asing lagi dengan Studio Ghibli, bukan? Rumah produksi animasi Jepang super populer yang dibangun Hayao Miyazaki ini bahkan sering dianggap “Walt Disney”-nya Jepang, loh!

Sejak tahun 1985, Studio Ghibli sudah memproduksi banyak film animasi dan beberapa menjadi viral di seluruh dunia. Sebut saja “My Neighbour Totoro” (1988) dan “Spirited Away” (2001).

Terus apa sih yang buat film Studio Ghibli begitu keren dan digemari?

1. Imajinasi cerita yang luar biasa

imajinasi

Via denofgeek.com

Nama Ghibli sebenarnya diambil dari istilah dalam bahasa Arab yang berarti angin Mediterania. Sebab, Studio Ghibli ingin meniupkan angin baru melalui industri animasi Jepang. Nama yang cukup imajinatif seperti halnya cerita-cerita yang selalu dibawakan Studio Ghibli.

Selalu tampil dengan ide cerita yang penuh dengan imajinasi, Studio Ghibli seakan membawa kita ke dalam cerita dan sebuah dunia baru. Kamu akan menemukan banyak hal-hal menakjubkan, mulai dari makhluk-makhluk ajaib, tempat-tempat rahasia, hingga sihir yang nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Misalnya ketika kita dibawa ke sebuah istana misterius yang melayang di angkasa dalam film “Laputa Castle in the Sky” (1986). Atau saat kamu masuk ke dunia bawah laut dalam film “Ponyo” (2008).

2. Jadi penyemangat dan sumber inspirasi kamu

penyemangat

Via wallcoo.net

Selain itu, film-film Studio Ghibli selalu sarat akan nilai-nilai positif yang bisa kamu ambil. Misalnya lewat perjuangan penyihir cilik Kiki dalam film “Kiki’s Delivery Service” (1989) yang mencoba untuk menjadi penyihir yang mandiri. Di film ini kita bisa melihat kegigihan Kiki untuk mencapai tujuannya meski tentu nggak sedikit rintangan yang ia hadapi.

Apalagi ketika Kiki harus kehilangan kekuatan sihirnya. Kiki tidak putus asa begitu saja dan tetap bekerja keras, loh. Nggak cuma menghibur, tapi “Studio Ghibli” juga bisa menginspirasi kamu dan memberikanmu semangat yang sama seperti yang dimiliki Kiki.

3. Kastil yang menakjubkan

kastil
Via myanimelist.net

Selain cerita yang menarik, banyak juga hal-hal menakjubkan yang hanya bisa kamu temukan di dalam dunia Studio Ghibli, seperti kastil-kastil ajaib! Nggak hanya kastil terbang seperti dalam “Laputa Castle in the Sky”, kamu juga akan menemukan kastil yang bisa bergerak dan berpindah-pindah lokasi.

Kastil ini dimiliki oleh penyihir bernama Howl yang tengah bersembunyi dari penyihir jahat. Namun dalam petualangannya, ia bertemu Sophie, gadis yang dikutuk menjadi nenek-nenek. Setelah itu, banyak hal ajaib terjadi. Mulai dari orang-orangan sawah yang hidup hingga api yang bisa berbicara!

Penasaran kelanjutannya? Ingin tau rahasia kenapa kastil ini bisa bergerak? Tonton saja langsung “Howl Moving Castle” (2004), salah satu film Studio Ghibli yang terinspirasi dari novel Inggris dengan judul yang sama.

4. Dipenuhi petualangan yang seru!

petualangan-seru

Via myanimelist.net

Jika kamu menyukai petualangan, maka Studio Ghibli bisa jadi pilihan tepat untuk menemukan berbagai petualangan ajaib yang seru abis!

Seperti petualangan pangeran Ashitaka dari suku Emisi yang terkena kutukan siluman Babi. Ia kemudian melakukan perjalanan jauh ke barat untuk melepaskan kutukan tangannya yang terluka dan bisa membunuhnya.

Di perjalanan inilah Ashitaka bertemu dengan gadis bernama San yang hidup bersama tiga ekor serigala. Berniat menolong San, Ashitaka malah menemukan berbagai hal mengejutkan yang membawanya ke sebuah perang besar. Akankah Ashitaka berhasil melepas kutukan yang ada padanya? Kamu bisa menemukan jawabannya lewat film “Princess Mononoke” (1997).

5. Bikin mewek!

bikin-mewek

Via rogerebert.com

Selain membawa kamu ke berbagai petualangan seru, nggak jarang juga Studio Ghibli hadir dengan kisah dan adegan-adegan yang menyentuh. Jika kamu sampai nggak kuat, bisa-bisa kamu mewek ketika menontonnya.

Kalau nggak percaya, kamu bisa coba menonton “Graveyard of the Fireflies” (1988), salah satu film Studio Ghibli yang mengambil latar cerita perang dunia kedua. Mengisahkan perjuangan Seita, seorang anak laki-laki yang baru saja kehilangan kedua orangtuanya akibat perang bersama adik perempuannya Setsuko.

Namun nggak semua cerita selalu berakhir bahagia, seperti halnya perjuangan Seita yang harus berakhir menyedihkan dimana akhirnya ia kehilangan adiknya dan menjadi sebatang kara. Di sini, kamu akan mengerti mengapa perang adalah hal yang sangat merugikan bagi suatu negara. Siapin tisu dulu ya sebelum menonton film satu ini.
6. Penuh dengan makhluk unyu

makhluk-unyu

Via konbini.com

Nggak heran kalau Studio Ghibli disebut “Walt Disney”-nya Jepang. Jika Walt Disney punya Mickey Mouse dan kawan-kawan, Studio Ghibli punya banyak juga karakter unyu seperti Totoro, No Face, Ponyo, dan masih banyak lagi!

Hampir di setiap film Studio Ghibli menghadirkan karakter fiksi fantasi yang lucu seperti Totoro bersaudara di film “My Neighbor Totoro”, atau Calcifier si api kecil dalam film “Howl Moving Castle”.

Nggak hanya unik dan lucu, cerita-cerita dibalik setiap karakter ini juga sangat menarik, loh. Seperti Ponyo si anak ikan yang ingin menjadi manusia, atau Calcifier yang mampu menggerakkan kastil jika ia membakar sesuatu yang berharga, termasuk hati sang pemiliknya. Seram juga ya si Calcifier.

7. Romantis abis!

romantis

Via indiewire.com

Nggak cuma lucu dan seru, cerita-cerita Studio Ghibli juga penuh bumbu romantis yang bisa buat kamu cenat-cenut, loh. Nggak hanya kisah cinta Howl dan Sophie yang romantis dalam film “Howl Moving Castle”. Masih ada kisah romantis “From up on Poppy Hill” (2011).

Kamu akan diajak merasakan romansa sepasang pasangan anak muda Umi dan Kazama yang sibuk dengan kegiatan koran sekolahan dengan latar tahun 1960-an. Banyak kisah romantis dalam kisah ini mulai dari puisi-puisi hingga perjuangan Umi membantu Kazama menguak masa lalunya.

Pokoknya romatis banget!
8. Satu-satunya animasi asal Asia pemenang Academy Awards!

academy-awards

Bahkan, kerennya film Studio Ghibli sudah diakui Hollywood, loh. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Studio Ghibli masuk nominasi Academy Award sebanyak lima kali dan akhirnya meraih kemenangan pada 2003 lewat film “Spirited Away” sebagai “Best Animated Featured Film”.

Buat yang penasaran, “Spirited Away” adalah film animasi yang bercerita tentang petualangan Chihiro, gadis cilik yang tersesat di dunia yang mistis dan penuh dengan hal-hal gaib. Bersama Chihiro dan sosok anak laki-laki misterius, kamu akan diajak bertualang dan menemukan berbagai makhluk gaib yang menakjubkan dan mungkin beberapa agak menakutkan.

Nggak heran kalau film-film Studio Ghibli keren, kan. Buat kamu yang sebelumnya nggak kenal Studio Ghibli pasti mulai ngefans dengan karakter-karakter ajaib serta cerita menakjubkan dari Studio Ghibli, dan para penggemar setia juga menjadi terbawa nostalgia.

Banyak pernak-pernak Studio Ghibli yang bisa jadi obat kangen kamu para penggemar Studio Ghibli, loh. Seperti boneka Totoro lucu yang bisa kamu dapatkan di Blibli.com. Selain lucu, tentu pernak-pernik ini bisa selalu mengingatkan kamu dengan berbagai petualangan seru d Studio Ghibli, bukan?

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY