7 Trik untuk Jadikan Open House Kamu Lebih Berkesan

Lebaran identik dengan ajang silaturahmi. Nah biasanya, acara kumpul keluarga menjadi agenda tahunan yang selalu ditunggu-tunggu. Acara ini biasanya digelar di rumah keluarga tertua, atau ada juga yang membuat aturan giliran. Jadi, tiap anggota keluarga pasti akan mendapatkan giliran sebagai tuan rumah open house.

Jika tahun ini adalah giliranmu, bersiaplah! Pastikan ajang silaturahmi dirumahmu akan nyaman, penuh kesan dan juga menyenangkan. Lalu apa aja sih yang harus dipersiapkan biar open house berjalan sukses?

1. Pastikan kesiapan rumah

null
Photo by Pexels

Berniat melaksanakan open house di rumah? Pastikan dahulu rumahmu siap dijadikan venue silaturahmi. Biasanya, akan banyak tamu yang datang dan mereka akan menghabiskan waktu cukup lama di rumahmu. Bahkan bukan tidak mungkin, ada juga sanak saudara dari luar kota yang akan bermalam di tempatmu. Oleh sebab itu, pastikan kesiapan rumah agar semua tamu dan momen penting ini terselenggara dengan lancar.

Bersihkan dan rapikan rumah, juga sediakan fasilitas yang sekiranya akan diperlukan tamu. Misalnya selimut dan bantal ekstra, tisu di toilet tamu, hingga perlengkapan makan mereka. Kamu juga bisa mengatur ulang layout furnitur untuk dapat lebih mengakomodir kehadiran tamu.

SAJIKAN CAMILAN DI MEJA KOPI BERDESAIN MODERN INI

2. Tentukan spot yang akan dijadikan venue inti

null
Photo by Pexels

Jangan lupa untuk jadikan satu spot untuk dijadikan venue inti. Misalnya, halaman rumah atau ruang tamu. Bila kamu ingin menjadikan halaman rumah sebagai area open house, maka jangan lupa untuk persiapkan halaman sebaik mungkin. Pertimbangkan segala hal yang bisa terjadi seperti, menggunakan tenda agar tamu tidak terpapar sinar matahari langsung dan juga berjaga-jaga saat hujan turun. Memasang kipas angin, sehingga tamu tidak kepanasan, menyediakan kursi-kursi dan meja tambahan, dan persiapan lainnya.

3. Percantik rumah dengan memberikan sentuhan baru

null
Photo by Pexels

Ngga perlu kok merenovasi total rumah demi membuat tamu berkesan dengan acara open house yang kamu buat. Tapi, di momen spesial ini, nggak ada salahnya jika kamu memberi sentuhan baru seperti pemasangan ornamen dekoratif pada dinding, mengecat ruangan rumah, mengganti kain sofa, atau hal lain yang sesuai dengan budget-mu.

HADIRKAN NUANSA SEGAR DENGAN POTONGAN BUNGA DALAM VAS CANTIK INI

4. Tentukan hidangan yang akan disajikan

null
Photo by Pexels

Ajang open house ngga lengkap kalau tidak ada hidangan makanan dan minuman untuk disantap. Jadi, jangan lupa untuk merencanakan menu yang akan disajikan di rumah sehingga momen silaturahmi ini akan terasa lebih intim. Coba deh, sajikan makanan khas Lebaran yang jarang dtemukan sehari-hari. Sebagai tuan rumah, pasti kamu akan sukses dengan open house yang kamu gelar di rumah!

HIDANGKAN DALAM WADAH SAJI DENGAN DESAIN KLASIK YANG ELEGAN

5. Pastikan perlengkapan makanan yang cukup

null
Photo by Pexels

Jangan lupa untuk memastikan perlengkapan makan yang cukup. Jika kamu tak punya cukup persediaan di rumah, kamu bisa kok menyewa perlengkapan makan tersebut. Dengan demikian, tak ada lagi tamu yang kesulitan mencari perlengkapan makan saat akan menyantap hidangan yang disajikan.

KOLEKSI MIX BOWL DAN CANGKIR CANTIK UNTUK SAJIAN MINUMAN ISTIMEWA

6. Bikin suasana rumah nyaman

null
Photo by Pexels

Ya, jangan lupa untuk pastikan suasana rumah nyaman. Perhatikan kebersihan rumah, kebersihan sofa, dan kamu juga bisa menambahkan bean bag ekstra sehingga suasana ruang keluarga juga bisa dijadikan arena berkumpul keluarga yang hangat dan nyaman.

RUANG KELUARGA SEMAKIN NYAMAN DENGAN PILIHAN BEAN BAG BERIKUT

7. Siapkan tempat sampah

null
Photo by Pexels

Memang terdengan sepele sih, tapi persiapkan tempat sampah di sudut-sudut rumah. Dengan begini, maka ngga ada lagi sampah yang berceceran dan menjadikan rumah kotor. Dengan adanya tempat sampah, akan memudahkan kamu juga dalam membersihkan rumah setelah open house selesai.

TEMPAT SAMPAH PLASTIK DENGAN WARNA SERU UNTUK MEMPERCANTIK RUMAH

Untuk mempersiapkan kebutuhan open house, pastikan semua sesuai dengan budget. Jangan sampai, pengeluaranmu membengkak karena membeli barang-barang yang ngga sesuai dengan anggaran yang tersedia. Nah, jangan lupa cek deh, promo yang ada di Blibli.com.

Ada banyak perlengkapan home & living dengan diskon menarik yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi kebutuhan lebaranmu. Tak hanya promo spesial saja, variasi barang beragam dengan keaslian yang dijamin membuat kamu belanja lebih aman. Cek di sini untuk promo selengkapnya.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY