Sering nggak sih kamu dibilang jorok oleh teman-teman atau keluarga? Sepertinya kita sudah terbiasa dengan pandangan kalau pria itu lebih jorok atau kotor karena malas untuk bersih-bersih dibandingkan dengan wanita.

Padahal, hasil studi terbaru oleh Initial Hygiene di Australia menyatakan bahwa 77% pria membersihkan mulut kloset sebelum memakainya, sedangkan wanita hanya 59% saja. Dan juga sebanyak 52% pria membersihkannya lagi setelah dipakai, sedangkan pada wanita hanya 42% saja yang membersihkannya kembali.

Itu salah satu bukti kalau ternyata pria nggak berarti lebih jorok dari wanita, lho. Yuk ikutan buktiin kalau rumor tersebut salah dengan melakukan 7 tips menjaga kebersihan tubuh seorang pria berikut ini!

1. Bercukurlah

bercukurlahVia Tools of Men

Terkadang, pria lebih suka memanjangkan jenggotnya agar terlihat lebih maskulin atau karena malas mencukur. Memang sih, banyak wanita menganggap pria brewokan itu lebih menawan, tapi ternyata jenggot itu bisa menjadi sarang bakteri, lho.

Rambut jenggot cenderung tumbuh lebih cepat dibanding rambut lainnya pada tubuh sehingga mudah memerangkap kuman di dalamnya dan mudah menyebabkan iritasi pada wajah.

Jadi, cukurlah jenggot dan kumismu setiap beberapa hari sekali atau jika sudah terasa panjang untuk tetap menjaga kebersihan wajahmu.

2. Mandi setiap hari

mandi

Via Men’sHealth

Mandi memang terkadang menjadi sebuah cobaan yang berat, apalagi kalau sepulang beraktivitas kita langsung mendinginkan diri dengan AC sampai keringatnya kering dan kamu pun menjadi mager alias malas gerak.

Padahal, nggak ada keringat lagi bukan berarti kamu sudah bersih lho, bau pada badanmu adalah buktinya. Karena pada saat berkeringat, bakteri pada kulit menjadi berlipat ganda dan mengubah keringat menjadi asam yang menimbulkan bau badan.

Oleh karena itu, para ahli mengatakan bahwa kamu yang beraktivitas berat atau sering menghasilkan keringat perlu mandi setiap hari.

3. Scrub body seminggu sekaliscrub-body

Via Body Continuum

Bukan cuma wanita saja yang butuh body scrub, tapi ternyata pria juga, lho! Bahkan, dengan kulit yang lebih tebal, berminyak, dan mudah berkeringat, pria seharusnya lebih sering menggunakan body scrub dibandingkan wanita.

Body scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit terluar, sehingga mempermudah penyerapan pelembab kulitmu untuk menghasilkan kulit yang sehat.

Jadi, mulailah melakukan body scrub setiap seminggu sekali untuk kulit yang lebih bersih dan sehat. Kamu bisa dengan mudah membeli berbagai merek body scrub pada koridor bagian sabun di supermarket terdekat.

4. Ganti celana dalam setiap hari

ganti-celana-dalamVia Thriftyfun

Terkadang pria memang malas untuk mengganti celana dalam. Banyak pria yang hanya mengganti celana dalamnya setiap dua hingga tiga hari sekali. Padahal, hal tersebut sangat nggak disarankan.

Mungkin terdengar sepele, tetapi celana dalam yang nggak higienis dapat menimbulkan gatal atau masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih. Seorang ahli kesehatan bahkan mengatakan bahwa celana dalam harus diganti setiap hari tanpa terkecuali.

Jadi, sudah nggak ada alasan lagi, kamu harus menjaga kebersihan tubuhmu dengan mengganti celana dalam minimal satu kali sehari, ya!


BACA JUGA Tujuh Tipe Pria Berdasarkan Penampilannya Sebelum Tidur


5. Cuci tangan setiap sehabis dari toiletcuci-tangan

Via Huffington Post

Beberapa pria enggan mencuci tangannya setelah membuang air kecil. Mungkin mereka berpikir bahwa tangannya nggak kotor karena nggak bersentuhan secara langsung dengan alat kelamin dan menggunakan tangan hanya untuk menekan tombol mengguyur air saja. Apakah kamu salah satunya?

Terutama pada toilet umum, tempat ini telah dipenuhi dengan ribuan bakteri. Setiap membuang air kecil pada kloset, seluruh area sekitar lubang kloset akan langsung terkontaminasi oleh berbagai bakteri, lho. Bahkan setelah disiram pun, pasti masih ada yang tersisa.

Bayangkan berapa banyak bakteri yang tersebar pada toilet umum yang digunakan hingga ratusan orang per harinya. Apakah sekarang kamu masih yakin untuk nggak mencuci tanganmu setelah menggunakan toilet yang penuh bakteri tersebut?

6. Gunting kuku

gunting-kukuVia CheatSheet

Mirip seperti wanita, banyak pria yang membiarkan kukunya tumbuh panjang. Bedanya, wanita akan merawat kukunya tersebut dan menjaga kebersihannya dengan melakukan manikur. Sedangkan pria hanya akan membiarkannya memanjang dan kotor karena malas memotongnya.

Seperti yang kita tahu, kuku yang panjang dapat menjadi sarang kuman. Nggak cuma itu, kuku kaki yang panjang juga bisa menyebabkan munculnya jamur atau infeksi pada kaki saat memakai sepatu. Parahnya lagi, kamu juga bisa melukai diri sendiri dan orang lain dengan kuku panjangmu.

Maka, sebaiknya potonglah kuku tangan dan kuku kakimu ketika bagian putihnya sudah mulai tumbuh panjang. Jangan lupa juga untuk membersihkan setiap kotoran hitam yang terselip di pinggir kukumu, ya.

7. Mencuci muka 

mencuci-mukaVia Brickell Men’s Products

Sama seperti wanita, pria juga perlu mencuci muka setiap harinya. Tapi, jarang mencuci muka dapat menyebabkan munculnya jerawat, sedangkan mencuci terlalu sering mencuci malah membuat kulit kering.

Sebaiknya kamu mencuci muka sebanyak 2 kali sehari saja, yaitu pada pagi hari untuk menghilangkan bakteri yang terkumpul selama kamu tidur dan pada malam hari untuk membasmi bakteri yang terkumpul di sepanjang harimu.

Pilihlah sabun yang tepat untuk membersihkan wajah sesuai dengan tipe kulitmu. Untuk tipe kulit kering, kamu bisa mencari pembersih muka dari bahan alami seperti minyak zaitun atau lidah buaya. Sedangkan untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pembersih muka berbahan dasar kelapa.

Gimana? Ternyata menjaga kebersihan tubuhmu nggak sesulit yang dibayangkan, kan? Yuk langsung praktikkan dan buktiin kalau pria juga bisa bersih, kok! Jangan lupa untuk stok dulu keperluan kebersihanmu seperti sabun mandi di Blibli.com.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY