Natal sudah dan Tahun Baru semakin dekat, sudahkah kamu mempersiapkan dekorasi agar suasana perayaan Natal keluarga makin meriah?

Jika kamu masih bingung bagaimana menghidupkan suasana Natal di rumah hangatmu, jangan khawatir. Karena, ada beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan.

Nggak perlu dana yang mahal atau cara yang ribet! Tinggal mengikuti 7 tips ini, kamu sudah bisa mendatangkan Natal indah dalam rumah bahagiamu untuk kamu dan keluarga!

1. Say NO to “Warna-Warni”

no-warna

Via – Womansday

Pada dasarnya, setiap perayaan hari besar memiliki warna tematik masing-masing. Seperti Imlek yang identik dengan merah, Halloween yang identik dengan warna oranye, hitam, dan kuning, serta Lebaran dengan warna hijau.

Untuk Natal, gunakanlah berbagai atribut dengan warna merah dan hijau. Dengan menggunakan kedua warna ini pada perabot seperti taplak meja, sarung bantal, hingga karpet maka kamu sudah menghadirkan sedikit suasana Natal ke dalam rumahmu.

Jika kamu memang terpaksa memadukan warna merah dan hijau ini dengan warna lain, gunakanlah warna-warna netral seperti putih atau cokelat. Atau, kamu bisa gunakan warna emas dan perak untuk menambah kesan semarak dan mewah!

2. Nggak punya pohon Natal? Ciptakan sendiri!

emas-dan-perak

Via pixersize

Apalah arti perayaan Natal tanpa kehadiran pohon Natal? Sayang sekali nggak semua orang bisa menayangkan atribut penting satu ini. Selain karena harganya yang mahal, pohon Natal juga berukuran cukup besar. Tentu hal ini bisa membuat kamu yang memiliki rumah mungil kewalahan.

Nah, trik satu ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi pengeluaran dan menghemat ruang namun tetap memiliki pohon Natal.

Buatlah pohon Natal secara dua dimensi di salah satu dinding ruangan atau bahkan balik pintu dengan menggunakan berbagai ornamen pohon Natal dan rangkaian lampu Natal.

Alternatif lain, kamu bisa menggantung kawat dan diputar membentuk lingkaran yang menjulur  di sudut ruangan. Pasangkan lampu dan ornamen. Jadi deh! Ayo menciptakan pohon Natal-mu sekreatif mungkin!

3. Men-dekor DEKORASI-mu!

mendekor-dekorasi

Via Dealexperts dan Simple Home Idea

Sebenarnya nggak perlu selalu menggunakan perabotan ataupun pernak-pernik baru untuk menata dekorasi Natal kamu. Kamu bisa menggunakan berbagai perabot dan dekorasi yang memang sudah ada dengan menambahkan sedikit aksen Natal.

Misalnya, kamu bisa menambahkan pita berwarna merah dan hijau (masih ingat warna tematik Natal, kan?) pada perabotan dapur seperti gelas atau berbagai figurin yang terpajang di atas meja.

Jika kamu memiliki beberapa vas bunga, hiasi tanaman tersebut dengan ornamen Natal. Dengan begitu, semua ornamen yang memang sebelumnya sudah ada di rumahmu juga turut memancarkan aura yang festive.

4. Do it yourself ornament! Again!

diy


Via eegofnihilism dan My Life and Kids

Untung menghemat biaya namun tetap tampil unik, kamu bisa mengkreasikan ornamen Natalmu sendiri dengan berbagai kerajinan tangan sederhana. Serunya lagi, kamu bisa menjadikan ini aktivitas bersama sahabat atau anggota keluarga lainnya saat mengisi waktu luang!

Kamu bisa mencoba menggunakan kertas hijau mengkilap untuk menjadi hiasan dinding, menggunakan tutup botol jadi gantungan snowman, dan kapas untuk kesan salju!

Gunakanlah peralatan sederhana yang bisa kamu temukan sehari-hari dan cari inspirasi dari berbagai ornamen Natal yang sudah ada. Setelah itu, kamu tinggal memasang berbagai ornamen ini ke pohon Natal-mu yang sudah tertempel rapi di dinding tadi.

5. Manfaatkan segala ornamen kaca

ornamen-kaca

Via Pinterest

Salah satu dekorasi yang identik dengan perayaan Natal adalah hadirnya kerlap-kerlip lampu Natal di mana-mana.

Tapi, lampu Natal yang biasa akan membuat dekorasi Natalmu biasa-biasa juga. Gunakan semua elemen kaca yang kamu miliki mulai dari gelas, mangkuk, toples, hingga botol-botol kaca bekas untuk mempercantik cahaya Natal kamu.

Selain tampil lebih unik, hal ini juga membuat lampu-lampu Natal kamu jauh lebih rapi. Yakin deh suasana rumah kamu akan jauh lebih semarak.

6. Mantaaftkan batang-batang kering di taman

batang-kering

Via christmas.365greetings dan Pinterest

Salah satu hal sederhana dan tentunya murah yang bisa kamu manfaatkan untuk menghadirkan suasana Natal kedalam rumah kamu adalah dengan menggunakan berbagai dahan kering. Ya, kamu bisa menemukan dahan kering dengan mudah di taman depan rumah kamu dan menjadikannya ornamen Natal yang cantik.

Dahan ini bisa kamu hiasi dengan berbagai ornamen Natal dan menggantungnya di sudut ruangan atau meletakkannya di atas meja. Dahan dengan ukuran yang cukup besar dengan banyak cabang bisa kamu letakkan di dalam vase dan hiasi dengan lampu Natal. Dengan begitu dahan ini bisa menjadi ganti pohon Natal, tapi tetap dengan biaya yang lebih murah.

Pastikan dahan yang kamu pilih dibersihkan dulu ya dari kulit mengelupas atau serangga. Oh ya, jangan sengaja menebang hanya untuk keperluan ini!

7. Kardus, kardus, dan kardus

kardus

Via inhabitat

Masih merasa suasana Natal di dalam rumah masih kurang? Masih ada satu lagi cara menciptakan ornamen Natal sederhana dengan hasil yang nggak akan mengewakan.

Kamu bisa mengumpulkan kardus-kardus bekas yang selama ini menumpuk di gudang dan mulai membuat berbagai siluet hal-hal yang identik dengan Natal.

Kamu bisa memulai dari bentuk rusa santa, bangunan-bangunan yang tertutup salju, hinga pohon cemara. Jika kamu sudah cukup mahir, kamu bisa mengkreasikan siluet ini menjadi sebuah kerajinan pop-up yang tentunya akan terlihat lebih keren!

Kegiatan menghias dan mendekor rumah menjelang perayaan Natal memang selalu menjadi hal yang mengasyikan! Selain dengan berbagai tips dan cara menarik tersebut, kamu masih bisa melengkapi suasana semarak Natal rumah kamu dengan berbagai ornamen Natal yang bisa kamu temukan secara online di Blibli.com

Yuk, tunggu apa lagi? Sulap rumah kamu menjadi lebih cantik untuk perayaan Natal paling meriah! Selamat Hari Natal!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY