7 Tips Minum Kopi Hitam di Rumah dengan Lebih Nikmat

Menjamurnya kedai kopi bikin kebiasaan minum kopi pun menjadi tren di segala kalangan usia. Banyak orang yang akhirnya mencicipi lebih banyak kopi dengan segala variannya. Minum kopi pun jadi sebuah ritual menjalani aktivitas setiap harinya untuk sebagian orang. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk menikmati secangkir kopi hitam buatan sendiri di rumah?

Kalau boleh jujur, kenikmatan kopi hitam buatan sendiri akan terasa lebih nikmat. Selain bisa menentukan sendiri takarannya, kamu bisa lebih menghargai karya pribadi dalam secangkir kopi. Jika memang mau mencobanya sekarang, kamu bisa ikuti sejumlah tips menikmati kopi hitam di rumah dengan lebih nikmat.

1. Buat dan Minum Kopi dengan Santai

Enggak ada satu hal pun yang bagus bila dibuat dengan terburu-buru, termasuk bikin kopi. Ada dua waktu terbaik untuk minum kopi. Pertama, empat jam setelah bangun tidur dan kamu sudah siap melakukan sesuatu. Kedua, selepas makan siang sampai sebelum malam hari supaya kamu tetap bisa tidur pada malam harinya.

Jika memang bangun kesiangan, coba dulu siapkan segala hal yang kamu butuhkan sebelum akhirnya bikin kopi. Akan lebih baik kalau kamu menikmati kopi pada hari Minggu santai sambil berbincang dengan keluarga atau sahabat. Percaya, deh, rasa kopi akan lebih nikmat.

2. Cobalah Mencicipi Rasa Asli Kopi

Kopi hitam rasanya pahit! Ya, memang. Terus mau diapakan lagi? Namun, kamu perlu merasakan rasa kopi hitam asli dulu sebelum menambahkan zat lain ke dalam cairan hitam tersebut. Nikmati aromanya sejak menyeduh kopi dengan air panas, lalu hirup sebelum menyeruputnya.

Rasakan rasa kopi murni di dalam mulut kamu sebelum memasukkannya ke tenggorokan. Dengan begitu, kamu jadi benar-benar tahu rasa asli sekaligus after taste dari kopi yang kamu minum. Setelah itu, kamu berhak menambahkan creamer, susu, atau gula ke dalamnya.

TUMBLER YANG BISA BIKIN KOPIMU TETAP HANGAT

3. Mulai Biasakan Diri dengan Kopi Hitam Murni

Kamu juga pasti percaya bahwa gula tidak bagus untuk tubuh. Ada banyak penyakit kronis yang bisa muncul jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Sebut saja kelebihan berat badan (obesitas), kencing manis, jantung, dan masih banyak penyakit lainnya. Mulailah mengurangi konsumsi gula per harinya dari sekarang.

Salah satunya adalah dengan tidak menambahkan gula ke dalam kopi kamu, Friends. Tahu, hal itu mungkin akan sedikit sulit jika kamu terbiasa dengan kopi manis di mulut. Namun, kamu bisa, kok, menguranginya sedikit demi sedikit.

Jika terbiasa dengan tiga sendok gula, perlahan kurangi jadi satu atau dua sendok saja. Lama-kelamaan, kamu pun akan terbiasa dengan rasa kopi hitam murni yang kamu minum, kok.

4. Perhatikan Gelas yang Digunakan

Sebagian orang percaya, penggunaan mug berwarna putih akan buat rasa kopi menjadi lebih pahit. Jika memang kamu ingin buat otak merasakan rasa yang tidak terlalu pahit, cobalah pakai cangkir bening. Cangkir tanpa warna dipercaya bikin rasa kopi lebih keluar dan sedikit menghilangan ketakutan rasa pahit dari kopi.

Selain itu, kamu pun harus paham dengan esensi minum kopi. Bisa dibilang, kopi bukanlah minuman penghilang dahaga. Jadi, tak perlu minum kopi dalam takaran yang besar.

Para pakar kesehatan hanya menyarankan mengonsumsi kopi tidak lebih dari empat cangkir satu harinya. Itu pun dengan catatan enggak minum kopi terus menerus dalam waktu berdekatan. Cangkir yang dipakai pun benar-benar punya volume yang tepat untuk satu kali minum kopi.

5. Cobalah Berbagai Jenis Kopi

Indonesia sendiri punya varian kopi yang sangat kaya. Dari ujung Pulau Sumatera sampai ke Pulau Papua, kopi yang dihasilkan akan berbeda dari kepekatan, aroma, dan rasanya. Hal ini dipengaruhi dari letak geografis dan kelembapan tanah tempat tanaman ini tumbuh.

Rugi rasanya jika kamu enggak merasakannya satu per satu. Enggak usah khawatir, kamu bisa mendapatkan semua jenis kopi dengan sangat mudah, kok. Kamu bisa membeli langsung dari petani kopi di setiap daerah atau memesan kopi secara online.

PILIHAN BIJI KOPI DENGAN CITA RASA TERBAIK

6. Selalu Siapkan Air Minum

Kopi akan memberikan efek berbeda pada setiap orang. Bisa saja kamu akan sedikit mulas setelah minum, bisa juga jantung berdegup lebih cepat. Yang paling sering terjadi adalah mulut yang kering karena meninggalkan sedikit butiran ampas biji kopi di mulut.

Karena itu, sediakan juga air minum bersama dengan secangkir kopi. Akan lebih baik jika air minum yang kamu sediakan jauh lebih banyak dari kopinya. Setiap beberapa tegukan kopi yang kamu minum, selingi dengan meminum air. Dengan begitu, mulut kamu tidak terlalu pahit dan kering.

7. Coba Berbagai Metode Bikin Kopi

Sejauh ini ada berbagai macam cara untuk membuat kopi. Kamu bisa menyeduhnya secara langsung, menyaringnya, atau metode pressing dengan alat pembuat kopi. Setiap metode yang kamu pakai pun akan memberikan rasa yang berbeda pada hasilnya nanti.

Enggak ada salahnya juga memanfaatkan coffe maker untuk bikin secangkir kopi yang nikmat. Beberapa perlengkapan pembuat kopi elektrik, seperti Siroca Fully Automatic Coffe Maker. Dengan alat ini, kamu bisa kopi hitam dengan cita rasa yang mantab dalam waktu kurang dari 10 menit. Karena dilengkapi dengan penggiling, kamu pun bisa menggunakan biji atau bubuk kopi.

COBA TEKNIK FRANCE PRESS UNTUK BIKIN KOPI HITAM

Kamu bisa mendapatkan potongan harga sekarang jika ingin memiliki Siroca Fully Automatic Coffe Maker. Kamu tinggal pesan alat ini di Blibli.com. Bukan hanya promo potongan harga, kamu juga bisa mendapatkan bonus milk foamer dan JJ Royal Toraja 200 gram. Nah, pesan sekarang dan buat kopi hitam terenak di rumah kamu.

Raya: Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.