Ayo ngaku kamu pasti pernah bermimpi menjadi detektif, mata-mata, atau agen FBI, kan? Apalagi kalau habis nonton film spy seperti Mission Impossible dan film-film James Bond.

Kalau kamu ingin menjadi seperti James Bond, kamu harus siap fisik dan mental serta mempunyai kemampuan untuk menyelinap serta mengalahkan para penjahatnya. Jangan sampai jadi mata-mata yang malah nggak bisa ngapa-ngapain. Selain itu, mari lihat 7 tips berikut supaya kamu bisa berubah menjadi James Bond!

1. Gadget khusus adalah keharusan

kameraVia Slahsgear

Salah satu hal yang paling keren ketika menjadi mata-mata adalah perlengkapan canggih yang menjadi senjata rahasia kamu. Beberapa alat yang harus dimiliki adalah walkie talkie, senjata berbentuk pena, dan jam tangan multi fungsi.

Sebagai mata-mata, kamu harus bisa mengeksploitasi semua peralatan dan teknologi untuk menjadi kaki tangan kamu. Selain walkie talkie, ada beberapa peralatan lain seperti GPS dan spycamΒ yang bisa kamu gunakan untuk mengincar musuhmu.

Spy nggak ada yang gaptek. Kamu juga harus mahir menggunakan komputer dan bisa menjadi hacker yang ahli menjebol sistem kamera ketika sedang bertugas.

2. Berbaur dengan rakyat jelata? Nggak masalah!

james bond menyamarVia Seth

Tahukah kamu kenapa mata-mata seperti Edward SnowdenΒ sulit ditemukan pihak kepolisian? Hal penting ketika menjadi mata-mata adalah kemampuan mencari informasi dengan diam-diam atau nggak terlacak. Jika identitas kamu sudah diketahui banyak orang, maka kamu sudah gagal menjadi mata-mata.

Seorang mata-mata bisa berbaur di antara kerumunan masyarakat tanpa menimbulkan kecurigaan sama sekali. Mereka mampu bersembunyi di tempat rahasia hingga mengubah penampilan mereka agar sulit dikenali. Siapa tahu, ternyata orang terdekat kamu merupakan mata-mata yang sebenarnya sedang mengintai kamu.

3. Tingkatkan penyamaran dengan menguasai berbagai bahasa

penyamaranVia Hannah Lamarque

Cara lain untuk meningkatkan penyamaran kamu adalah dengan mempelajari banyak bahasa. Nggak hanya pemahaman bahasa saja, namun sampai ke logat-logatnya juga harus kamu kuasai. Jadi, kalau kamu sedang mengintai seseorang di Surabaya, selain kamu mengerti apa yang dibicarakan masyarakat sekitar, kamu juga bisa membaur dengan logat khas Surabaya.

Jangan sampai kamu dicurigai karena kamu menggunakan bahasa yang berbeda dan nggak dipahami penduduk lokal. Language Hacker menjelaskan kalau belajar bahasa ternyata nggak memakan waktu selama yang kamu kira, dan latihan yang paling jitu untuk belajar bahasa adalah ngobrol langsung dengan orang-orang lokal

4. Pakaian ala mata-mata elitmata-mata

Via Benjamin Lind

Apa hal terkeren lain kalau kamu melihat agen spesial atau mata-mata? Tentu saja setelan bajunya yang wow banget! Dalam kondisi apapun, mata-mata akan selalu tampil kece, baik saat sedang beraksi atau menyamar. Kamu pasti jarang melihat mata-mata yang hanya memakai kaos kutang dan celana boxer di film-film, kan?

Oleh karena itu, kalau kamu bermimpi menjadi mata-mata yang memakai setelan baju kece, lebih baik kamu belajar suit up dari sekarang. Pakailah blazer hitam, dasi, kemeja, sepatu pantofel, dan nggak lupa kacamata hitam agar kamu terlihat seperti mata-mata super. Jika kamu adalah wanita, gunakan pakaian semi-casual dan jangan ber-make-up lebay kalau nggak mau menarik banyak perhatian.


BACA JUGAΒ Ssst.. Belajar Jadi Detektif dengan Kamera Ini Yuk


5. Latihan fisik dan bela diri

bela diri

Sebagai mata-mata, kamu nggak hanya selalu mengintai dan bersembunyi saja. Terkadang kamu juga harus melindungi diri kalau ternyata target incaranmu jago bela diri atau memiliki sejumlah anak buah. Kamu juga harus latihan lari supaya kamu bisa melarikan diri kapan saja kalau identitas kamu ketahuan.

Mempunyai badan yang fit juga membuat kamu tampil sebagai mata-mata seksi dan bisa menggoda orang-orang yang sedang kamu targetkan atau ingin interogasi. Latihan fisik lain yang juga perlu kamu kuasai adalah parkour dimana kamu akan terlatih untuk lari melewati berbagai rintangan di jalan.

6. Pelajari cara-cara mengintaimengintai

Via Smarttrack.ie

Nah, ini nih kemampuan dan syarat terpenting jika ingin menjadi mata-mata. Mengintai adalah teknik untuk membuntuti target, baik secara langsung maupun nggak langsung. Salah satu cara termudah adalah dengan meminjam handphone dia dan share lokasi target ke handphone kamu secara diam-diam.

Peralatan khusus seperti spycam juga bisa kamu gunakan untuk mengintai target tanpa ketahuan. Kamu juga harus pintar-pintar meletakkan kamera tersebut agar nggak terlihat, contohnya dengan menyelipkan kamera di card holder.

7. Bawa baju ganti yang banyakbaju ganti

Via Jim Britt

Tips yang satu ini lebih ditujukan untuk keamanan kamu sendiri sebagai mata-mata. Kalau kamu masih belum mahir mengintai dan ketahuan oleh target, kamu bisa melarikan diri dengan cara mengganti baju (lempar bom asap dulu kalau perlu).

Manfaat lain dari membawa baju banyak adalah kamu selalu siap kalau tiba-tiba kamu harus pergi ke tempat yang membutuhkan dress code. Dengan opsi baju yang banyak, kamu juga lebih mudah berbaur dengan lingkungan sekitar kamu.

Jangan malu-malu untuk mencoba tips-tips di atas jika kamu memang ingin serius menjadi superspy seperti James Bond. Kunci utama menjadi mata-mata adalah kamu harus bisa membaur dengan lingkungan sekitar. Kalau kamu mengikuti cara-cara ini dengan benar, dijamin nggak akan ada yang sadar kalau kamu itu sebenarnya adalah mata-mata. Selamat mencoba!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY