7 Tips Langkah Mobil Terkena Banjir

Hello Otofriends, tahukah kamu banjir tentu memberikan dampak pada kondisi mobil yang diparkirkan di garasi rumah ataupun parkiran umum. Apabila otofriends belum sempat memindahkan untuk evakuasi dan terlanjur terendam banjir, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa otofriends lakukan supaya mobil dapat digunakan kembali, berikut langkah – langkahnya :

  1. Putuskan sistem kelistrikan

Dengan membuka kap mesin, kemudian melepaskan kabel plus & minus agar terhindar dari korsleting.

  1. Lepas rem tangan

Ini bertujuan agar kampas rem tangan tidak menempel dengan pelat tromol atau cakram, sebagai gantinya untuk mobil matic posisikan pada transmisi P, dan untuk mobil manual masukan ke gigi 1.

  1. Foto Mobil kamu

Ini berguna untuk bukti dan sumber penguat untuk mengajukan klaim kerusakan akibat terkena banjir kepada pihak asuransi.

  1. Jangan hidupkan mesin sampai kendaraan benar – benar kering

Biarkan mobil mengering dalam waktu 24Jam, ini berkaitan dengan water hammer yang menyebabkan mesin rusak, kondisi ini di mana adanya tekanan berlebih pada ruang mesin, karena saat dinyalakan, kemudian air masuk mesin melalui lewat luang asupan udara, kerja mesin akan lebih berat. Piston akan memukul air yang masuk kedalam ruang bakar dalam jumlah yang banyak. Pada tekanan berlebih inilah membuat setang piston bengkok dan mesin jebol.

  1. Cek pelumas mesin

Cek kondisi pelumas mesin untuk melihat jejak air pada system lubrikasi, apabila ada, maka jangan hidupkan mesin. Dapat dicek melaui warna oli mesin mobil bila tercampur air warna akan berubah jadi putih dan agak berbusa, dan kalau warna kuning / kehitaman berarti aman tidak tercampur air.

  1. Kuras tangki bahan bakar

Tangki penyimpanan bakar berpotensi disusupi air dan ini akan menimbulkan karat, maka dari itu perlunya dikuras tangkinya dan pastikan tidak ada air masuk sebelum mengisi bahan bakar baru.

  1. Amankan mobil tanpa menyalakan mesin

Apabila mobil otofriends sudah terendam banjir untuk menghindari kerusakan mesin, mobil dapat didorong ke tempat aman atau bisa juga dipindahkan menggunakan jasa towing dan bawa ke bengkel.

CEK DISINI UNTUK SOLUSI KENDARAAN TERENDAM BANJIR

Nah itu tadi 7 langkah untuk menyelamatkan mobil otofriends semua yang terkena banjir. Silahkan otofriends cermati dan selanjutnya bisa pilih bengkel yang tersedia di blibli.com

source: berbagai sumber

Fransiskus Prakoso

internet, camera & automotive enthusiast, sometimes sunday morning ride. 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY