Rambut adalah mahkota bagi banyak orang. Nggak hanya perempuan saja, pria-pria yang trendy juga menaruh perhatian ekstra ke rambut loh!

Kadang kita nggak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak rambut dan ada juga banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatannya.

Mari kita belajar lebih banyak tentang kesehatan rambut dengan membahas hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk jaga kesehatan rambut sedini mungkin!

1. Seberapa sering kamu keramas?

keramasVia Pojok Satu

Apakah dengan semakin sering keramas, maka rambut akan semakin terbebas dari kotoran dan lebih sehat? Faktanya adalah tidak!

Keramas setiap hari atau terlalu sering justru akan menyebabkan kulit kepala kamu jadi kering. Produksi minyak di kepala yang berfungsi untuk melembapkan rambut juga akan berkurang. Bukannya bersih, rambut kamu akan menjadi rusak.

Jika kamu termasuk orang yang aktif di luar, sebenarnya keramas dua hari sekali saja sudah cukup loh.

2. Cobalah perawatan alami

perawatan-alamiVia  Macaron Magazine

Nggak perlu habiskan uangmu di salon untuk perawatan. Mendapatkan perawatan untuk rambut sehat bisa kamu lakukan di rumah sendiri. Untuk ini kamu perlu bahan-bahan alami agar rambutmu terhindar dari efek samping bahan kimia berbahaya.

Selain lidah buaya yang terkenal mampu menyuburkan rambut, kamu bisa mencoba madu atau alpukat. Madu dan alpukat baik untuk menjaga kelembaban rambut serta membuatnya tampak berkilau dan tidak kusut.

Selain itu masih ada santan kelapa yang bisa dijadikan andalan. Santan kelapa ternyata banyak digunakan oleh putri keraton pada zaman dahulu karena dipercaya bisa memperkuat rambut dan membuat rambut tampak lebih hitam berkilau.

Cara penggunaan bahan-bahan alami ini juga sangat sederhana, cukup oleskan bahan pada rambut hingga kulit kepala. Pijat perlahan dan diamkan selama beberapa menit sebelum bilas.

3. Rambut basah = Rawan kerusakan

rambut-basahVia Wallhaven

Tahukah kamu rambut basah merupakan keadaan rambut pada titik paling rapuh? Hindari menyisir atau bahkan mengikat rambut pada keadaan rambut masih basah karena hal ini akan mengakibatkan rambut patah, bercabang, dan berujung pada kerontokkan.

Sebisa mungkin keringkan rambut secepat mungkin setelah keramas. Jika kamu menggunakan handuk, usap, dan remaslah rambut secara perlahan.

Ingat rambut sangat rapuh dalam keadaan basah! Kamu harus hati-hati dalam mengeringkannya. Jika kamu lebih memilih menggunakan pengering rambut, pilihlah pengering rambut yang tepat (poin ke-6)!


BACA JUGA Lima Kesalahan Umum Dalam Berkeramas


4. Rambutmu juga perlu makan

makanan-rambutVia Sula NYC

Apa yang masuk ke dalam mulut kamu ternyata mempengaruhi kesehatan rambut kamu juga loh! Nggak percaya?

Mengonsumsi ikan dan telur bisa menambah asupan protein yang baik untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Kedua makanan itu juga kaya akan vitamin B-12 yang bisa mencegah pertumbuhan rambut putih/uban.Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan Omega-3 yang dapat mencegah rambut menjadi kusam.

Jika kamu bukan penggemar ikan dan telur, protein alternatif untuk menjaga kesehatan rambut juga bisa kamu dapatkan dari berbagai kacang-kacangan atau produk yang terbuat dari susu rendah lemak seperti yoghurt dan keju.

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli juga kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan rambut. Seperti vitamin A, E, dan C yang mampu memproduksi minyak di kulit kepala agar tidak menjadi kering dan tetap bersinar. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium dan zat besi yang bisa memperkuat rambutmu!

5. Keramas dengan air dingin

keramas-dgn-air-dinginVia SocialNews Daily

Keramas dengan air hangat memang kadang lebih terasa nyaman daripada menggunakan air dingin. Tapi, ternyata kebiasaan ini bisa merusak rambut kamu loh!

Air hangat dapat membuat rambut menjadi keropos, kering, dan mudah patah. Selain menghilangkan minyak dari kulit kepala, air hangat juga menghilangkan sebum (minyak alami dari rambut). Sebum sendiri memiliki peran membuat rambut kamu bersinar dan kuat. Hilangnya minyak ini membuat kelembaban alami rambut hilang dan rambut jadi mudah kusut.

Air hangat juga bisa membuka pori-pori rambut yang berakibat pada rambut longgar di bagian akar. Air yang terlalu panas juga bisa merusak protein yang ada di rambut. Jadi, pikir dua kali ya sebelum kamu memutuskan keramas menggunakan air hangat.

6. Pilih alat penata rambut yang baik untuk rambut!

alat-penata-rambutVia Evergreen Beauty

Untuk memaksimalkan penampilan rambut,terkadang kita memerlukan bantuan alat penata rambut elektronik seperti pengering rambut dan catokan. Tapi, ketahuilah bahwa penggunaan alat elektronik yang asal-asalan bisa berujung pada kerusakan rambut!

Cara kerja pengering dan catokan adalah menggunakan temperatur tinggi yang sebenarnya bisa membuat rambut jadi bercabang dan rapuh. Untuk mengakalinya selalu gunakan vitamin rambut sebelum menggunakan berbagai alat elektronik yang bersifat memberikan suhu panas pada rambut.

Selain itu, kamu disarankan untuk tidak meniupkan udara panas terlalu dekat dengan rambut. Untuk masalah ini, kamu bisa membeli pengering rambut yang memiliki pengatur tingkat panas seperti Phillips Essenstial Care Hairdryer. Dengan produk itu, kamu bisa menyesuaikan tingkat udara panas sesuai kebutuhan.

7. Refreshing dan istirahat yang cukup

istirahat-yang-cukupVia Ayo Buka

Stress dan kurang tidur bisa menyebabkan rambut yang rentan. Itulah sebabnya kamu perlu sesekali melepas kepenatan dengan berlibur dan menjaga agar istirahatmu selalu cukup.

Banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan ketika kamu sedang stress dan kurang tidur. Peningkatan uban, rambut menjadi kering dan tipis, serta kerontokkan rambut yang berujung pada kebotakan di usia dini hanya beberapa dari dampak buruk stress!

Nggak mau dong kamu mengalami kebotakan di usia yang masih muda. Untuk itu selalu jaga pola istirahat dan sesekali pergilah refreshing ketika stres menumpuk.

Banyak yang mengatakan menjaga kesehatan rambut seperti melakukan investasi pada diri sendiri. Rambut yang sehat dan berkilau dapat mempengaruhi penampilan kita secara keseluruhan. Jangan biarkan penampilanmu rusak karena rambut yang tidak terawat.

Ayo, jaga kesehatan rambut kamu sebelum terlambat!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY