Buat kamu yang suka mengikuti tren dunia fotografi, pasti nggak asing dengan istilah time-lapse, kan? Buat yang asing dengan istilah ini, time-lapse photography adalah teknik fotografi yang menghasilkan video klip pendek dari sekumpulan foto pada objek yang sama dalam interval waktu yang konstan.

Objek foto tersebut bisa berupa pemandangan yang bergerak ataupun benda hidup sehingga momen perubahan yang nyata dari waktu ke waktu bisa direkam.

Nah, bagaimana kamu yang tertarik atau hobi membuat video time-lapse sendiri, bisa ikuti 7 tips sederhana ini:

 1. Cari referensi dan pelajari
cari-referensi

Via Wiki How

Sebelum terjun ke lapangan, kamu perlu liat contoh-contoh video time-lapse yang keren. Selain bisa mengambil idenya, kamu juga bisa tau cara menempatkan  DSLR/smartphone kamu biar video kamu nanti terlihat bagus.

Pelajari detilnya dan coba identifikasi bagaimana video tersebut di ambil. Tentukan berapa lama jangka waktu dan interval yang digunakan. Sudut apa yang diambil, dan obyek apa yang menjadi fokus. Ini membawakan kita pada tips kedua:

 2. Tentukan obyek yang tepatobjek

Via Splendid Table

Setelah menyelami dunia time-lapse dari internet, kamu seharusnya mulai bisa menentukan objek foto yang akan kamu abadikan. Bisa hasil praktikum toge-togean adikmu yang tumbuh pelan-pelan di lemari, atau bisa juga apel bekas gigitanmu yang menjadi busuk.

Jika ingin membuat video yang nggak memakan waktu terlalu banyak, kamu bisa merekam pemandangan senja atau pergerakan awan dari balkon rumah.

Syarat utamanya adalah, benda tersebut haruslah bergerak. Kalau nggak lolos persyaratan ini, tujuan awal kamu mau buat video time-lapse bisa bergeser jadi merekam aktivitas mahkluk astral, loh! Nggak mau dong ketemu yang aneh-aneh dalam hasil jepretanmu?

 3. Pilih DSLR atau Smartphone?
smartfren

Via Foneforest

Tentu hal terpenting untuk membuat video time-lapse adalah alat apa yang akan kamu gunakan. Buat yang udah punya DSLR, kamu sudah bisa tenang karena memang hasil gambarnya nggak perlu diragukan.

Namun, bagaimana nasib yang nggak punya perangkat kamera canggih? Tenang saja, ada jenis-jenis smartphone yang dilengkapi dengan fitur video yang jernih banget kayak Lenovo A7700. Manfaatkan juga cicilan 0% dari Blibli.com ya Friends!

 4. Jangan lupa bawa baterai cadangan atau powerbank!
powerbank

Via Plugless Tech

Sudah jauh-jauh pergi ke suatu tempat yang kece, terus smartphone mati? Sederhana. Hindari hal ini dengan membawa baterai cadangan atau daya cadangan. Nggak bakal rugi deh. Agak berat sedikit saja. Kamu bakal berterimakasih dengan dirimu sendiri ketika saatnya tiba.


BACA JUGA Kini Video HDR Dapat Diputar di YouTube


 5. Tripod untuk hasil foto yang terbaik tripod

Via Lifestyle Chefs

Untuk menghasilkan foto yang fokus dan sempurna, tripod menjadi barang yang wajib kamu gunakan. Masa iya kamu mau memegang kameramu itu terus-terusan?

Selain nggak bikin pegel dan bergoyang-goyang, tripod juga memudahkan kamu mengatur posisi yang tepat dan konsisten untuk mengambil gambar.

Jadi, nggak akan cemas lagi deh dengan posisi DSLR atau smartphone dari awal sampai akhir pemotretan.

6. Bawa benda pengusir kebosanan
pengusir-kebosanan

Via Dining with Alice

Mungkin akan ada saat kamu bosan dan suntuk menunggu momen yang pas. Di saat itu, teman atau pacar bisa menjadi penyelamat dari kebosananmu.

Buat kalian yang lagi pengen sendirian atau memang kondisi memaksamu untuk sendiri, majalah ataupun makanan ringan bisa menjadi teman yang menyenangkan juga, loh.

Apalagi kalau gadget favoritmu dipakai untuk filming. Bawa gadget ekstra untuk dimainkan, atau sekali-kali buku favoritmu untuk melewati waktu.

7. Angkat badanmu dari kursi malas!

kursi-malas Via Telegraph

Ini adalah hal tersulit buat kamu yang sukanya mager dan lupa waktu pas lagi berseluncur di dunia maya. Tips terakhir inilah yang akan membuat video time-lapse kamu menjadi nyata dan benar-benar ada.

Bangun sekarang dari kursi malasmu dan lakukan sesuatu yang menyenangkan dan produktif! Terkadang, ide membuat video time-lapse yang membutuhkan waktu lama memang membuat capek dan malas. Namun, kalau benar-benar punya passion dan dedikasi yang kuat, ini mah masalah kecil!

Membuat video time-lapse sebenarnya nggak sulit. Mungkin hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah editing pasca-fotografi. Gabung materinya, sempurnakan tampilannya, unggah di media sosial, dan tunggu respon decak kagum dari teman-temanmu!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY