Setelah lelah seharian di luar beraktivitas, hal yang pertama ingin dilakukan ketika sampai di kamar adalah merebahkan diri di atas kasur yang empuk dan nyaman. Bener nggak, girls?

Tapi nggak jarang buat kamu yang sibuk (atau malas), hanya kasur saja yang sempat kamu rapikan. Sementara kalau melihat sekeliling kamar, yang tampak adalah kapal pecah.

Buat cewek yang tinggal sendirian, kamar berantakan itu anti banget! Bukan cuma nggak rapi, tapi bisa jadi sarang kecoa, nyamuk, dan kuman!

Buat kamu yang nggak ada waktu atau motivasi, nggak takut! Berikut 7 tips biar beres-beres kamarmu lebih anteng dan enteng!

1. Masukan benda-benda kecil ke dalam boks

benda-kecil-dalam-boks

Via – cratejoy

Kategorikan benda-benda kecil dalam kotak-kotak mungil yang kamu beri tanda. Alat tulis di kotak berlabel merah. Ikat dan jepit rambut di kotak toska! Nggk perlu kotak yang bagus dan mahal, kamu bisa membuatnya sendiri dari bekas kotak sepatu, kotak susu, ataupun kaleng bekas.
Gunanya, menyimpan benda-benda kecil ini agar tidak berserakan di lantai ataupun laci. Kamu bisa lebih mudah mencarinya ketika ingin memakainya.

2. Rapikan tempat tidur sebelum berangkat kerja

rapikan-tempat-tidur

Via – downingstudents

Jika kamu ingin cepat berleha-leha selepas pulang dari luar, kamu harus terbiasa membereskan kamar sebelum berangkat. Nggak susah kok, seprai yang kusut ditarik, selimut dilipat, guling dirapikan.

Barang yang di lantai dibereskan, baju bekas digantung atau di laundry, kemudian tuntaskan dengan menyapu. Kamu bakal berterimakasih dengan dirimu sendiri malam nanti!

3. Manfaatkan rak dan lemari

manfaatkan-rak-dan-lemari

Via – hiddencharms

Buku, surat perjanjian, sertifikat, dan dokumen-dokumen penting lainnya ada baiknya disimpan di dalam laci atau rak buku. Selain lebih rapi, penataan yang baik juga akan membantu untuk melindungi dokumenmu dari kotoran dan tidak mudah rusak.

Kalau di meja lebih mudah terkena basah atau tersenggol jatuh. Belum lagi kalau kebiasaan pasti akan menumpuk. Konsentrasi jadi lebih sulit.

4. Buang benda yang nggak dipakai

buang-benda-tak-dipakai

Via – iradiofm

Penyebab utama kamar berantakan dan sempit adalah kebiasaan menyimpan benda yang tidak terpakai alias sampah. Orang yang nggak mampu menyingkirkan barang yang nggak perlu itu mungkin memiliki gangguan bernama hoarding disorder loh!

Harus tega! Pikirkan apakah barang ini akan kamu pakai dalam 1-3 bulan ke depan. Jika jawabannya nggak, singkirkan!

5. Gantung, gantung, dan gantung!

gantung

Via – loveitliveitmakeit

Sepulang beraktivitas, kamu bisa menggantung tas di dinding atau belakang pintu. Untuk pakaian, disarankan memakai gantungan baju/hanger. Kalau kamu melipat, harus punya komitmen tinggi buat tetap mempertahankan kerapiannya.

Kalau lagi buru-buru menarik pakaian, pasti jadi berantakan. Lama-kelamaan, lipatan bisa menjadi tumpukan. Oh ya, jangan gantung baju di belakang pintu ya! Jadi sarang nyamuk!

6. Pilih perabotan minimalis

perabotan-minimalis

Via – imanada

Pilihlah perabotan sesuai dengan luas ruang kamar. Apalagi kalau kamu menaruh meja kursi di kamar. Pilihlah warna yang netral dan senada biar nggak terkesan ribet. Kalau kamar bertema putih, kamu lebih mudah mendeteksi debu atau barang yang perlu dirapikan loh!

7. Letakan semua jenis pakaian di dalam lemari

kbhb_tfbnua-mike-petrucci
Sebagai cewek yang tinggal sendirian, pasti kamu pernah meletakan pakaian tidak pada tempatnya bukan? Apalagi setelah habis beraktivitas, dengan bebas kamu lempar pakaian-pakaian itu ke sembarang tempat, entah itu ke kasur, meja kerja, kursi, hingga kolong.

Coba mulai sekarang biasakan diri untuk meletakan semua pakaian dari atas ke bawah di lemari. Beneran deh di coba. Ketika di luar lemari nggak ada pakaian, beres-beres jadi super mudah!

Tips-tips di atas mungkin tampak sederhana dan bikin kamu bilang “yaiyalah”. Tapi, jumlah cewek yang nggak bisa melakukan hal-hal di atas itu banyak banget loh!

Tahu caranya belum tentu punya niat. Mungkin kamu perlu suasana dan perabotan baru untuk memotivasimu. Misalnya, kamu bisa mendapatkan lemari pakaian multi-fungsi dari Blibli.com yang fleksibel menyimpan banyak hal dengan berbagai cara! Ukurannya pas banget buat kamu yang tinggal sendirian. Buat kamu yang kamarnya sering berantakan, mungkin ini solusimu?

Jika kamu mau pindahan, tinggal bongkar dan rakit lagi. Pindahan dan beres-beres lebih mudah. Siap membiasakan kamar rapi dari sekarang?

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY