Deretan fitur dan kecanggihan sebuah ponsel yang semakin banyak rupanya membuat sebagian pengguna sering tidak maksimal saat menggunakannya. Padahal, fitur-fitur yang diberikan bisa memiliki fungsi yang sangat berguna untuk pemakaian sehari-hari pengguna tersebut.

Kali ini kami akan memberikan tips untuk memaksimalkan Oppo F1s. Smartphone berjuluk ‘Camera Phone’ dengan kamera depan 16 megapixel ini tidak hanya jago untuk urusan selfie, fitur-fitur ‘tersembunyi’ yang tersedia pun ternyata mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat yang lebih praktis.

Jika kamu termasuk pengguna Oppo F1s, simak 7 tips dan trik berikut ini:

1. Mengambil screenshot dengan tiga jarioppo-f1s-2-e1471608606878

Di smartphone Android pada umumnya, kamu harus menekan tombol Volume down dan tombol Power secara bersamaan selama 2 detik untuk mengambil screenshot. Oppo F1s ternyata punya cara yang lebih mudah untuk dilakukan.

Berkat fitur Gesture pada ColorOS yang dimilikinya, kamu bisa mengambil screenshot hanya dengan menyentuh layar dengan tiga jari, lalu menggesernya dari atas ke bawah. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke Settings -> Gesture & Motion -> Quick Gesture -> lalu aktifkan Gesture Screenshot.

2. Kamera dengan mode Double Exposureoppo-f1

Dari hasil review kami beberapa waktu yang lalu, Oppo F1s memang memiliki kamera yang bisa diandalkan untuk berbagai kondisi. Namun perlu diketahui, Oppo ternyata juga membenamkan fitur menarik lainnya pada kamera, yakni mode Double Exposure.

Ketika mode Double Exposure aktif, setelah mengambil gambar kamu akan diminta untuk memotret kembali. Setelah itu, kedua hasil foto tersebut akan dikombinasikan. Untuk mengaktifkan mode ini, langsung saja masuk ke aplikasi kamera.

3. Menghemat baterai dengan Simple Modeoppo-f1s

Oppo F1s hadir dengan Simple Mode yang ketika diaktifkan akan memmbuat tampilan user interface menjadi sangat sederhana. Simple Mode hanya akan menampilkan beberapa fitur utama dari smartphone saja, misalnya menelepon, mengirim pesan, membuka Kontak, mengakses foto, dan Emergency Call.

Nah, bagi kamu yang sering kehabisan baterai di tengah jalan, mode ini sangat berguna untuk menghemat konsumsi daya Oppo F1s, lho! Dalam keadaan penting saat kamu butuh menelepon dan mengirim pesan tapi daya baterai mulai menipis, langsung saja aktifkan Simple Mode.

4. Memblokir nomor yang tidak dikenalmemblokir-nomer

Termasuk orang yang terganggu dengan panggilan telepon masuk dari nomor yang tidak dikenal? Jika ya, maka fitur ini akan sangat berguna. ColorOS pada Oppo F1s menyediakan cara mudah untuk memblokir nomor-nomor tidak dikenal.

Caranya adalah dengan masuk ke Settings -> Call -> aktifkan Block Unknown Numbers. Setelah aktif, kamu tidak akan lagi menerima panggilan dari nomor-nomor yang tidak ada di daftar kontak kamu.


BACA JUGA 5 Keunggulan Oppo F1s, Ponsel Selfie dengan Desain Mewah


5. Mengakses aplikasi dari kondisi layar matimenambah-gestureSeperti pada beberapa smartphone Android lainnya, Oppo F1s juga dibekali fitur Gesture yang memudahkan kamu untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat. Misalnya, Double Tap untuk menghidupkan layar, menggambar huruf ‘O’ untuk masuk ke kamera, menggambar huruf ‘V’ di layar untuk menyalakan senter, dan sebagainya.

Fitur ini sangat bermanfaat karena bisa langsung dilakukan di kondisi smartphone terkunci dan layar dalam keadaan mati. Artinya, kamu tidak perlu repot-repot membuka kunci, lalu mencari-cari aplikasi yang kamu inginkan. Serunya lagi, kamu bisa menambahkan Gesture buatan kamu sendiri!

Caranya mudah. Masuk ke Settings -> Gesture & Motion -> Screen-off Gestrues -> lalu aktifkan yang kamu mau. Jika ingin menambahkan sendiri, tekan Add a Screen-off Gesture.

6. Mode Quiet Time jika tidak ingin diganggukondisi-silent

Saat sedang berada di sebuah pertemuan yang sangat penting, notifikasi seperti SMS atau panggilan yang masuk bisa mengganggu konsentrasi dan membuat kamu terlihat kurang profesional. Tentunya smartphone dapat diatur dalam kondisi silent, tapi bagaimana jika kamu tetap ingin menerima SMS saja tapi tidak ingin menerima panggilan atau mendapatkan notifikasi?

Dengan fitur Quiet Time, kamu bisa memilih antara Notifikasi, Panggilan Masuk, atau SMS yang tetap ingin kamu terima. Fitur ini bisa aktif secara otomatis sesuai waktu yang kamu tentukan. Untuk mengaktifkan Quiet Time, masuk ke Settings -> Quiet Time.

7. Backup SMS dan kontak pentingo-cloud

Oppo menyediakan layanan bernama O-Cloud untuk memudahkan backup hal-hal penting seperti SMS dan Contacts. Jika terjadi apa-apa dengan Oppo F1s kamu, melalui O-Cloud kamu bisa mengembalikan data-data tersebut ke perangkat Oppo yang kamu gunakan selanjutnya. Fitur O-Cloud bisa kamu temui di Settings.

Jadi tips mana yang paling berguna buat kamu? Silakan mencoba ya!!

Eits, sebelum kamu mencoba apakah kamu sudah memiliki Oppo F1s ini Friends? Kalau belum, kamu bisa order di Blibli.com. Apalagi buat kamu yang hobby selfie, kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia lho!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY