“Weekend ini enaknya ngapain ya?”

“Hmmmm…”

Kemudian hening.

Pernah nggak sih ngalamin kejadian itu di ruang makan atau ruang keluarga? Mau berenang, di luar hujan terus. Mau ke mall, bosen karena itu-itu lagi yang dilihat. Mau makan di luar, bingung pilih tempatnya.

Kadang, rumah adalah tempat terbaik untuk berlibur. Melihat keluarga yang masih setia di semua kondisi baik sehat, sakit, sedih maupun gembira sudah cukup untuk menabung energi untuk beraktivitas lagi. Jadi, kalau bisa bersama di rumah, ngapain pusing-pusing harus ke luar?

Nah, biar aktivitas di rumah gak kalah seru dengan dunia luar, mendingan coba main game bersama keluarga. Lumayan biar mata bisa istirahat sejenak dari gadget. Simpel kok, yang dibutuhkan cuma beberapa alat penunjang. Tinggal pilih aja mana yang paling cocok! Ini dia rekomendasinya.

1. Liat siapa yang paling cepat menyusun PUZZLE

via huffingtonpost.com

Pilih puzzle 1.000 potongan dengan gambar akhir yang disukai semua anggota keluarga. Misalnya keluargamu adalah pencinta Star Wars, pilih puzzle dengan gambar si lucu BB-8 atau R2-D2. Walau klasik, game ini bisa membuat semua orang fokus di satu titik. Buat para Moms, mainan ini bisa juga dijadikan sebagai ajang melihat tumbuh kembang si kecil secara langsung.

2. Liat bakat mengatur keuangan anggota keluarga dengan main MONOPOLI

Game Keluarga_Monopoly

via cloudkid.com

Lagi main sama temen aja sempet main monopoli, apalagi ini bareng keluarga yang sehari-hari ditemui. Kali aja lewat game ini kemampuan mengatur keuangan anggota keluarga lain bisa terlihat. Jangan kaget kalau si bungsu jadi yang paling jagoan ya!

3. Adu strategi dengan main KARTU

Game Keluarga_Kartu

via jennifermurch.com

Kartu adalah mainan klasik yang asik! Ada banyak sekali game kartu yang bisa dimainkan mulai dari tepuk nyamuk, Uno, Kuartet, Hapal Gambar, hingga berhitung untuk meningkatkan daya ingat dan kreativitas si kecil.

Coba deh pilih game dengan karakter favorit biar makin semangat memainkannya. Kalau mau, coba game kartu yang belum pernah dimainkan sebelumnya, jadi bisa sekalian belajar bersama deh. Moms yang kepikiran ingin membeli berbagai permainan kartu bisa mengintip diskon game kartu Cartamundi di Blibli.com ini.

BACA JUGA: Moms Harus Tahu! Ini Dia Manfaat Mainan Bagi Anak

4. ABC 5 DASAR, game klasik yang rame!

Game Keluarga_ABC 5 Dasar

via bintang.com

Jadi ingat saat jam istirahat di sekolah dulu ya? Hanya bermodal jari dan kemampuan menghitung, game ini bisa jadi alat ukur pengetahuan umum, hehehe. Coba mulai dari kategori sederhana seperti hewan dan tumbuhan sampai yang sedikit rumit seperti menu di restoran nasi Padang.

5. Susun LEGO SET, sekalian untuk dekorasi rumah

Game Keluarga_Lego

via geekculture.co

Sama seperti puzzle, pilih set Lego yang karakternya disukai semua anggota keluarga. Serunya dari permainan ini adalah bisa menjadikan hasil akhirnya sebagai dekorasi rumah.

6. Jadi bajak laut dan BERBURU HARTA KARUN

Game Keluarga_Pirate

via makeandtakes.com

Harus ada panitia penyelenggara di permainan ini yang menentukan hadiah apa saja yang bisa disembunyikan di sudut-sudut rumah. Tak usah kado besar, hadiah sederhana seperti botol minum, makanan ringan, atau buku bacaan baru bisa jadi penarik minat. Syaratnya, jangan sampai rumah jadi berantakan, ya!

7. INDOOR BOWLING dan rasakan keseruannya

Game Keluarga_Bowling

via thewire.ppelectric.com

Mainkan saja di ruang keluarga! Susun botol menyerupai susunan bowling, temple kertas sebagai “jalur”, dan gelindingkan bola bergantian. Pasang musik yang sesuai untuk membangkitkan mood.

Gimana? Selamat bersenang-senang bersama keluarga, ya!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY