Apakah kamu berjiwa petualang? Kalau jalan-jalan lebih suka backpacking sendiri daripada ikut tur? Jika benar, sebagai backpacker kamu pasti mengerti pentingnya membawa barang-barang tertentu demi bertahan hidup.

Apalagi untuk pemula, terkadang bahkan nggak kepikiran untuk membawa barang-barang tersebut. Backpacker profesional aja sering kelupaan! Barang-barang seperti apa sih?

Uang, baju, dan kamera tentu nggak perlu diingatkan lagi. Tapi, 7 barang ini mungkin kamu perlu masukan ke dalam catatan packing-mu biar nggak lupa!

1. Kabel charger kamera atau handphone

kabelVia eBay

Ayo ngaku, charger-an pasti merupakan salah satu hal yang paling sering kelupaan ketika kamu jalan-jalan. Bagi kamu yang hobi backpacking, nggak afdol kalau nggak bawa kamera!

Mengabadikan momen-momen dan pemandangan yang indah adalah salah satu tujuan utama kamu melakukan backpacking.

Tapi, terkadang kamu terlalu bersemangat (atau memang pelupa) dengan hal ini sehingga yang kamu bawa malah cuma kamera atau handphone kamu saja dan melupakan kabel charger-nya.

Apalagi, ketika kamu baru sadar kamu butuh nge-cas setelah mengambil belasan foto dan dua video. Jangan biarkan liburanmu terganggu karena hal-hal kecil begini.

2. Topi bukan cuma riasan, tapi juga pelindung kepala

topi

Walaupun termasuk barang yang paling sering kamu lihat, tapi entah kenapa banyak orang sering melupakan topi ketika sedang bepergian.

Kamu yang backpacking ke daerah tropikal atau pegunungan, baru sadar ketika matahari terik menyambar kepala.

Tanpa adanya topi, mata dan kulit kepala kamu akan menjadi sorotan langsung dari teriknya matahari. Ketika kamu terekspos langsung dengan sinar matahari, kemungkinan kamu untuk mengalami sakit kepala pun bertambah.

Jika sudah terlanjur, kamu butuh sunscreen atau obat-obatan sakit kepala untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh matahari. Apa? Lupa juga?!

3. Selotip serba guna

selotip serba gunaVia Reference

Kalau barang yang satu ini bukannya kelupaan, malah mungkin nggak dianggap sama sekali! Jangan salah, selotip nggak hanya berfungsi untuk menempelkan kertas. Ketika kamu sedang berjalan, dan sepatu kamu tiba-tiba jebol, selotip adalah penolongmu.

Memang kamu nggak akan terlihat menawan dengan sepatu yang ditempel oleh selotip, tapi ketika nggak ada toko sepatu di sekitar, kamu mau nggak mau harus menggunakan selotip.

Nggak hanya sepatu saja, selotip bisa digunakan untuk menempelkan berbagai macam barang ketika bolong. Dari baju, celana, tas, sampai kabel charger (kalau kamu ingat).

Nyaris nggak terhingga hal yang bisa kamu ‘perbaiki’ sementara dengan selotip. Di bawa nggak ada salahnya deh. Jangan lupa bawa gunting ya!


BACA JUGA Merasa Hidupmu Datar? Tantang Dirimu dengan Mendaki 4 Gunung Ini!


4. Adaptor yang universaladaptor

Via Amazon

Nggak hanya kabel charger saja yang biasanya kelupaan, yang lebih sering kamu lupakan adalah [adaptor]. Mungkin kadang kamu lupa kalau kamu sedang berpetualang ke luar negeri yang ujung colokannya bukan 2 lubang bulat seperti kebanyakan di Indonesia.

Kelupaan membawa adaptor mungkin memang nggak akan berujung ribet, kamu hanya perlu ke mini marketuntuk membeli adaptor.

Tapi yang namanya beli itu memerlukan uang, dan sayang kan menggunakan dana hanya untuk hal seperti ini. Apalagi jika kamu berpergian dengan modal yang terbatas.

5. Sedia drybag sebelum hujandrybag

lifeventure.com

Drybag adalah kantong dengan zipper yang berfungsi untuk melindungi barang dari air.

Kantong ini bisa menyelamatkan pakaian dalam, makeup, atau barang elektronik kamu ketika tas kamu basah.

Bagi kamu yang berjalan-jalan ke pantai, kamu juga bisa menyimpan pakaian kotor yang basah di kantong ini supaya nggak membasahi pakaian kamu yang masih kering.

Ketika kamu sedang backpacking ke negara beriklim tropis, menyiapkan drybag nggak bakal ada salahnya. Siapa tahu tiba-tiba hujan. Kamu boleh basah, tapi barang-barang bawaanmu jangan!

6. Peralatan makan pribadi

peralatan makan pribadiVia Unclegabby

Peralatan makan sering kelupaan karena mungkin kamu sudah terbiasa menggunakan peralatan makan dari penginapan atau restoran.

Namun, bagaimana kalau kotor? Bagaimana kalau kamu menyiapkan makanan sendiri? Bagaimana kalau kamu backpacking-nya nggak tinggal di penginapan?

Kalau kamu mempunyai sisa makanan yang bisa dimakan ketika kamu sedang on the go, kamu cukup mengeluarkan senjata ampuh yaitu sendok.

7. Asuransi perjalanan menjamin keamananpassport

Via Quotava

Hal terpenting yang harus kamu persiapkan adalah untuk mengurus asuransi perjalanan sebelum kamu bepergian. Sebagai seorang backpacker, kamu akan sering berpindah-pindah tempat baik menggunakan pesawat ataupun transportasi lainnya.

Asuransi perjalanan berguna ketika (amit-amit) kamu kehilangan barang bawaan kamu, atau terjadi kecelakaan.

Dengan asuransi, perjalanan kamu pasti akan terasa 100 kali lipat lebih aman, dan kamu pun bisa menikmati perjalanan kamu sepenuhnya tanpa ada rasa takut yang berlebihan.

Mungkin kamu akan membawa banyak barang jika ditambahkan dengan barang-barang di atas. Kalau takut tas kamu “gendut” karena membawa barang-barang tersebut, mungkin kamu perlu menyiapkan tas baru yang lebih sporty, dan cocok untuk backpacking, seperti Eastpak. Nggak hanya dinamis dan bisa muat semua barang perjalananmu, tas Eastpak juga tahan air, loh! Tunggu apa lagi? Jangan tunda impian backpacking-mu, segera serbu di Blibli.com!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY