7 Perangkat Dapur Cerdas untuk Efisien Memasak Menu Sahur dan Berbuka

Sebagai salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim setiap tahunnya, puasa di bulan suci Ramadan kerap menghadirkan cerita unik tersendiri. Tidak hanya soal antusiasme dalam menyambutnya, tapi juga beberapa kekhawatiran kecil yang menyertai dalam pelaksanaannya.

Termasuk di lingkup rumah tangga, terkadang muncul rasa galau dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka. Dengan kecenderungan masyarakat modern yang tetap beraktivitas penuh setiap harinya, membuat perhatian terhadap pilihan makanan yang akan disantap dikesampingkan.

Asalkan ada makanan yang bisa disantap, tidak jadi masalah. Mungkin seperti itu pemikiran banyak orang yang tetap beraktivitas penuh di momen bulan puasa.

Alhasil, kebanyakan dari kita cenderung memilih membeli makanan yang sudah matang karena alasan praktis. Jika dihitung-hitung, pengeluaran untuk bersantap di luar bisa jadi akan meledak. Belum lagi jika ditambah dengan anggaran untuk buka puasa bersama (bukber) yang seakan menjadi agenda wajib mayasrakat modern di setiap momen puasa Raamadan.

PERKAKAS MAKAN FUNGSIONAL UNTUK SAHUR DAN BUKA TERSEDIA LENGKAP DI SINI

Kalaupun akhirnya memutuskan memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka, keluhan yang kerap muncul adalah soal efisiensi waktu. Banyak dari kita merasa bahwa perlengkapan dapur yang dimiliki, tidak cukup efisien untuk mengolah makanan secara cepat dan tepat.

Urusan dapur itu bukan soal “banyak-banyakan” peralatan dapur agar kegiatan memasak menjadi lebh efisien, melainkan tentang cara kita memilih perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan.

Sama seperti padu padan pakaian, mengisi dapur juga harus dilakukan dengan cerdas. Perlu diperhatikan soal fungsi dan kesesuaiannya terhadap hunian. Jangan sampai kebutuhan untuk dapur besar kamu tempatkan pada “bilik memasak” yang sempit, atau sebaliknya, sedikit perabotan membuat kamu kelimpungan dalam mengolah makanan.

Nah, di bawah ini, terdapat tujuh rekomendasi perlengkapan dapur cerdas yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, di mana tentu saja akan bermanfaat dalam mengefisienkan waktu ketika memasak untuk sahur atau berbuka. Semuanya bisa kamu cek lengkap di Blibli.com.

Oxone OX-042 Rainbow Kitchen Utensils

 

null
Photo by Indraprastha

Satu set peralatan dapur multi fungsi ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan masak yang kompleks di dapur mini. Terdapat delapan jenis peralatan dapur yang rata-rata memiliki dua fungsi sekaligus dalam satu genggaman.

Sebagai contoh, alat pengupas kulit buah dan sayuran, bisa digunakan juga untuk mencincang kasar bawang merah atau putih dengan beberapa kali tekanan ringan. Ada pula parutan keju yang bisa dimodifikasi menjadi saringan minyak saat mengangkat makanan yang telah matang digoreng.

Menariknya lagi, semua alat dapur ini tampil dengan gagang warna-warni yang mampu hadirkan semangat seru dalam kegiatan masak-memasak.

PERLENGKAPAN DAPUR DENGAN DESAIN MENAWAN DAN FUNGSIONAL OXONE BISA KAMU TEMUKAN DI SINI. 

Philips HR-7627 Food Processor

null
Photo by Indraprastha

Jika kamu sedang giat-giatnya bereksperimen dalam memasak, memiliki keterbatasan dalam alat dan bakat mengolah makanan secara keseluruhan. Karena itu, food processor ini adalah solusinya.

Dikenal sebagai produsen elektronik rumah tangga yang andal, Phillips merilis sebuah food procesor berdesain kompak yang hanya mengkonsumsi daya 650 watt atau dengan kata lain, cocok digunakan pada dapur mini, seperti di apartemen studio misalnya.

Material plastik yang digunakan dijamin sertifikasinya ini mampu menahan goncangan dengan baik saat digunakan. Selain itu, mata pisau stainless steel-nya juga dirancang asimetris untuk menciptakan hasil cacahan akhir yang sempurna, baik untuk tekstur lembut atau kasar.

Berkapasitas 2,1 liter, seluruh material yang digunakan dalam food procesor ini telah bersertifikat food grade sehingga aman bagi kesehatan.

ANEKA PRODUK FOOD PROCESSOR DENGAN TEKNOLOGI TERKINI BISA KAMU TEMUKAN DI BLIBLI.COM

Lock & Lock Gift Set Plastic Food Container

null
Photo by Indraprastha

Nah, paket kontainer plastik ini sangat cocok untuk mendukung tren food preparation yang tengah digandrungi oleh banyak masyarakat modern. Biasa disingkat sebagai food prep, barang ini merupakan inisiatif untuk menyederhanakan persiapan memasak.

Seringkali dibuat untuk kebutuhan memasak dalam sepekan, food prep mengharuskan kita untuk menyiapkan bahan-bahan masakan yang akan dimasak setiap harinya. Di sinilah kontainer plastik berperan yang berfungsi untuk wadah penyimpanan paket-paket komposisi yang akan diolah per harinya.

Lock n lock merancang paket kontainer ini dalam bentuk praktis dan transparan sehingga kita bisa memeriksa isi tanpa membukanya. Selain itu, wadah ini juga didesain kedap udara dan air sehingga apa pun jenis makanan yang disimpan di dalamnya akan tetap aman dan higienis saat diletakkan di lemari es.

DI BLIBLI.COM, KAMU BISA MENEMUKAN BERBAGAI FOOD CONTAINER UNIK

Ikea Idealisk Baja Tahan Karat Alat Peniris

null
Photo by Indraprastha

Ini nih, benda penting yang kerap luput dimiliki oleh banyak orang di dapurnya. Alat peniris yang meski sederhana, tetap memiliki peran signifikan dalam mempermudah kegiatan masak-memasak, terutama yang berkaitan dengan saring-menyaring.

Alat ini bisa digunakan untuk penyaringan air ketika mencuci sayur dan buah. Bisa juga digunakan untuk menyaring pasta dan mie dari air rebusan.

Didesain dengan konsep minimalis, alat peniris ini memiliki pegangan yang dapat disesuaikan. Gagangnya dilapisi plastik sehingga membuat saringan dapat bersandar dengan aman di tepi bak cuci

PERKAKAS PENIRIS MAKANAN FUNGSIONAL BISA KAMU TEMUKAN LENGKAP DI SINI

Oxone OX-902 Multi Function Kitchen Scissors

null
Photo by Indraprastha

Ada yang mengatakan bahwa gunting merupakan perkakas tajam yang lebih praktis dibandingkan pisau. Selain itu, segi keamanannya juga lebih andal karena memiliki sifat tekanan tajam dua arah dan terlindungi oleh simpulnya.

Inilah yang mendasari Oxone dalam melansir tiga jenis gunting dapur serbaguna. Perkakas tajam ini didesain kuat, tebal, antilicin, dan antikarat sehingga cocok digunakan untuk mengolah berbagai bahan makanan dengan cepat dan efisien.

Semua gunting ini bisa digunakan untuk memotong daging, menggunting adonan pasta, mencincang cabai, dan masih banyak lainnya.

ANEKA BENDA DAPUR KEREN DAPAT KAMU TEMUKAN LENGKAP DI BLIBLI.COM

Oxone OX-043 Rainbow Kitchen Tools Set Spatula

null
Photo by Indraprastha

Spatula adalah sebutan untuk kelompok alat dapur yang digunakan saat memasak di atas api atau bisa juga mengaduk adonan. Oleh Oxone, sederet perkekas masak ini hadir dengan bentuk playful dengan ganggang warna-warni yang semarak.

Masing-masing spatula memiliki fungsi spesifik yang mempermudah proses memasak, seperti untuk menumis, mengaduk pasta, menyendok sajian berkuah, mengocok adonan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, bahan plastik yang digunakan berjenis BPA Free sehingga menjamin keamanannya terhadap makanan yang diolah.

YUK, CARI PERKAKAS SPATULA UNTUK KEPERLUAN MEMASAK KAMU LAINNYA DI SINI

YONG MA Digital Magic Com Eco Ceramic 2 Liter

null
Photo by Indraprastha

Dapur modern tidak lengkap tanpa mesin penanak nasi yang canggih dan efisien. Yong Ma menghadirkan produk serupa dengan model digital dan fasad tampilan dari material keramik yang memberikan kesan elegan.

Dari segi fungsi, mesin penanak nasi berkapasitas dua liter itu hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 400 watt sehingga aman digunakan di dapur-dapur kecil. Menariknya, alat ini memiliki teknologi khusus yang membuat nasi matang dengan sendirinya, tanpa harus diaduk di tengah proses menanak.

Selain itu, terdapat pula fitur One Touch & Resume yang menghindarkan dari risiko nasi tidak matang ketika aliran listrik terputus. Cadangan daya yang dimilikinya mampu menanak nasi atau menghangatkan makanan hingga 10 menit lamanya.

TEMUKAN BERBAGAI DIGITAL MAGIC COM LAINNYA DI BLIBLI.COM

So, gimana nih Blibli Friends? Semakin mudah bukan agenda memasak dengan menggunakan berbagai perkakas dapur di atas?

Untuk memaksimalkan kreasi hidangan sahur dan berbuka, kamu bisa mengulik resep-resep praktis di internet atau menonton berbagai panduan sejenis yang menarik di YouTube. Jangan lupa juga untuk tetap memprioritaskan bahan pangan sehat, seperti sayuran dan protein, untuk mendukung ketahanan tubuh selama menjalankan puasa di bulan suci Ramadan.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY