Bersih-bersih kadang bisa jadi pekerjaan rumah yang sangat merepotkan. Belum lagi jika ada noda membandel atau bagian-bagian yang sulit dijangkau saat bersih-bersih. Bisa-bisa satu hari nggak akan cukup untuk membuat rumah kamu bersih seperti sedia kala.

Tapi, kamu mungkin bisa bernafas sedikit lega, karena ada beberapa trik yang bisa mempermudah aktivitas bersih-bersih kamu.

1. Kombinasi cuka dapur dan baking soda

kombinasi-cuka-dapur-baking-soda

Via Reader’s Digest

Sudah banyak yang membuktikan bahwa baking soda dan juga cuka dapur memiliki keampuhan untuk membersihkan noda membandel. Berikut contoh penggunaannya yang bisa kamu terapkan ketika bersih-bersih.

Cuka dapur yang ditambah sedikit air bisa kamu gunakan untuk membersihkan permukaan kaca dan cermin. Campuran ini juga bisa kamu gunakan pada saat membersikan permukaan kaca atau plastik lainnya, loh.

Kalau baking soda, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan perabot berbahan stainless steel. Untuk permukaan stainless seperti sink, taburkan baking soda sebelum kamu membersihkannya.

Kamu juga bisa mencampur sabun cuci kamu dengan ¼ cup baking soda dan sesendok cuka dapur untuk hasil yang lebih ampuh saat mencuci permukaan keramik, porcelain lantai, atau kamar mandi.

2. Lemon untuk hilangkan karat

lemon-untuk-hilangkan-karat

Via Jess Kielmay

Noda-noda karat pada gagang pintu, keran air, atau perabot lainnya yang berbahan logam kadang bisa bikin kepala pusing, karena noda ini nggak mudah untuk dibersihkan. Tapi, kamu bisa menggunakan campuran jeruk lemon dan garam untuk mempermudahnya.

Potong jeruk lemon dan taburkan garam pada permukaannya. Kemudian gosok jeruk lemon pada bagian yang terdapat noda karat hingga bersih. Meski nggak membuatnya tampil baru, namun dengan ajaib noda-noda karat akan berkurang. Hebat, bukan?

3. Penjepit makanan

penjepit-makanan

Via Bright Side

Kadang ada celah-celah yang sulit sekali dijangkau ketika bersih-bersih, seperti celah ventilasi. Padahal, tempat-tempat seperti inilah yang menjadi sarang para debu.

Gunakan penjepit makanan yang dilapisi kain lap lembab untuk menjangkau bagian sela seperti ini. Selain lebih mudah, cara ini juga bisa mempercepat kegiatan bersih-bersih dengan membersihkan dua sisi sekaligus. Asik, bukan?

4. Bersihkan pecahan gelas dengan roti

pecahan-gelas-dengan-roti Via Khodays

Dari waktu ke waktu, terkadang kita bisa nggak sengaja memecahkan piring atau gelas. Membersihkan pecahan kaca kemudian bisa menjadi sangat merepotkan. Kamu harus memastikan setiap pecahan kaca sudah tersapu. Sisa satu pecahan saja, kaki siapa pun bisa jadi korban.

Tapi, kamu bisa menyiasati ini hanya dengan selembar roti tawar. Permukaannya yang lembut membuat pecahan kaca dengan mudah menempel pada roti. Jadi kamu bisa coba menggunakan roti untuk membersihkan pecahan-pecahan kaca yang ada. Selain bersih, tentu juga lebih aman.

5. Hair spray untuk noda membandel

hair-spray Via Quick and Dirty Tips

Sudah disikat berkali-kali, tetap saja noda pada kain atau baju nggak mau hilang. Terkadang noda seperti bekas lipstik, tinta, atau tumpahan makanan pada baju bisa jadi musuh menjengkelkan saat mencuci pakaian.

Cobalah untuk menyemprot noda dengan hair spray sebelum kamu cuci. Hal ini akan mempermudah kamu menghilangkan noda-noda tersebut. Nggak perlu lagi kamu kehabisan tenaga untuk menyikat noda membandel.

6. Koran bekas untuk hilangkan bau

koran-bekas Via The Family Handyman

Sudah membersihkan kulkas, tapi bau makanan dan bahan-bahan lainnya nggak mau hilang juga? Kamu bisa menggunakan koran bekas untuk mengusir bau-bau membandel ini. Caranya mudah!

Cukup remas koran bekas dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa saat. Dijamin semua aroma nggak sedap akan habis diserap oleh koran bekas ini.

Hal ini juga bisa kamu terapkan pada lemari atau bahkan sepatu yang memiliki aroma nggak sedap. Untuk urusan-urusan bau nggak sedap, koran jadi solusinya.

7. Soft drink untuk bersihkan noda oli di lantai

soft-drink

Via Stuff Happen

Satu lagi bahan serba bisa yang pasti nggak pernah kamu bayangkan, soft drink. Soft drink yang mengandung soda ternyata cukup ampuh menghilangkan noda-noda membandel di beberapa tempat tertentu.

Misalnya kerak membandel di kloset. Cukup tuangkan soft drink pada seluruh permukaan dan diamkan sesaat sebelum kamu sikat hingga bersih. Atau, kerak pada bagian bawah panci dan kuali juga bisa kamu bersihkan dengan cara yang sama.

Selain itu, untuk lantai garasi yang identik dengan noda oli atau pelumas yang membandel, kamu juga bisa menggunakan soft drink untuk membersihkannya! Nggak disangka, selain bisa menghilangkan dahaga, soft drink juga bisa membantu kamu bersih-bersih.
Bersih-bersih memang merupakan pekerjaan yang melelahkan, namun penting untuk menjaga kenyaman dan kesehatan rumah kamu. Dengan beberapa tips tersebut, pastinya bersih-bersih sudah bukan momok yang menakutkan lagi!

Selain trik-trik tersebut, lengkapi juga peralatan bersih-bersih kamu untuk mempermudah dan memaksimalkan hasilnya. Nggak perlu kebingungan, karena kamu bisa temukan berbagai peralatan bersih-bersih secara online melalui Blibli.com

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY