7 Jenis Pukulan Dalam Tenis Meja yang Wajib Dipelajari

pukulan tenis meja

Tenis meja salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Dalam permainan tenis meja, pukulan menjadi salah satu penentu sebuah tim dalam mencetak point.

Untuk bermain tenis meja, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam pukulan tenis meja. Hal ini sebagai bentuk penguasaan teknik dasar kamu saat bermain tenis meja. Lalu apa saja macam-macam pukulan dalam permainan tenis meja beserta pengertiannya?

Macam-macam pukulan tenis meja antara lain sebagai berikut.


Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja, Pelajari Biar Makin Jago

pukulan tenis meja
Image Source: danslavitrine.com

1. Push

Jenis pukulan tenis meja yang pertama adalah Push. Teknik ini biasanya dilakukan dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push.

2. Drive

Drive adalah jenis teknik dalam tenis meja yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas lengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan dari pukulan ini digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam permainan ini ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

Promo Gajian Big Payday

3. Chop

Chop adalah teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang kadang sulit di tangkis Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push.

4. Blok

Jenis pukulan selanjutnya adalah Blok. Pukulan blok adalah teknik pukulan tenis meja dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan ini biasanya di gunakan untuk mengembalikan bola-bola drive.

5. Spin

Pukulan dimana bet biasanya dimiringkan sedikit untuk kemudian pukulan ini menjadi salah satu serangan serangan dengan mengandalkan perputaran bola biasanya disebut dengan pukulan Spin. Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin.

6. Lob

Teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan. Teknik Lob juga kerap disebut sebagai gerak pukulan tenis meja yang berfungsi untuk bertahan dengan merubah arah dan memperlambat putaran bola menjadi blackspin.

7. Smash

Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.


Baca juga: Tenis Meja Itu Asyik Lho, Ini Buktinya!

Yep, tenis meja adalah olahraga yang seru dan asyik dimainkan bersama teman-teman. Simpel, sederhana, dan menantang! Yuk Lengkapi perlengkapan tenis meja kamu di Blibli!

Temukan Peralatan Tenis Meja Terbaik di Sini!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY