Bagi teman-teman yang kerja kantoran, mungkin tahu apa rasanya seharian memandang layar monitor di meja kerja yang sama. Rasanya bikin bosan, mager, dan susah fokus.

Nah, hal ini menurut psikologi bisa membuat produktivitas menurun, fokus hilang, dan lebih mudah sakit dan stres! Untuk lebih semangat dan segar bekerja, kamu perlu melakukan menciptakan lingkungan kerja yang ‘kamu’ banget.

Hal tersebut dikarenakan karyawan pada umumnya (sadar maupun nggak) lebih nyaman dan nikmat bekerja ketika dikelilingi oleh hal-hal yang berhubungan dengan mereka.

Oleh karena itu, hal pertama yang pelru kamu lakukan jika kamu merasa ruang atau meja kerjamu bosan dalah mendekorasi ulang sesuai dengan keinginanmu sendiri. Bagi teman-teman yang bingung dalam mencari inspirasi, bisa mempertimbangkan 7 inspirasi ruang kerja ini.

1. Perpustakaan Miniperpustakaan mini

Ini buat kamu pecinta literatur yang sering sakit mata memandang monitor. Jangan ragu-ragu untuk menunjukkan koleksi pribadimu. Kamu bisa nge-DIY rak kayumu sendiri dan jadikan ruang kerjamu sebuah perpustakaan mini.

Ketika ingin mengistirahatkan mata dari glare komputer, tinggal buka lembaran favoritmu. Kalau kamu nggak suka baca, buku-buku juga bisa menjadi dekorasi yang bagus dan intelek.

2. Ekosistem di atas meja.ekosistem diatas mejaUntuk kamu yang sering merasa ‘terperangkap’ dan ingin keluar, kenapa nggak menciptakan nuansa alam di ruang kerjamu?

Kamu bisa saja menggunakan rumput sintetis sebagai pajangan. Kaktus, bonsai, dan tanam hiasan lainnya bisa menjadi penyedia oksigen yang baik.

Kamu juga bisa mempelihara ikan hias! Pasang wallpaper alam di dinding. Adanya kehidupan-kehidupan kecil di sekitarmu bisa menjadi pengusir stres yang efektif.

3. Meja kerja minimalistikmeja kerjaMungkin sebagian dari teman-teman yang nggak betah bekerja karena banyaknya barang yang menumpuk di atas meja.

Dibuang sayang, dipajang makan tempat. Mungkin saatnya kamu nggak berpikir panjang, dan dorong semua barang-barang yang nggak perlu ke bawah meja.

Sisakan hanya barang-barang penting di atas meja. Rapikan kabel dengan zip ties. Jam, kalender, dan catatan bisa disubstitusi dengan smartphone. Buat ruang kerja seminimalis mungkin dan rasakan bedanya!


BACA JUGA Meja Kerja Berantakan? Ini Solusinya


4. Buat kamu si seniman kantoranmeja kantor

Via cm.com

Buat kamu yang memiliki jiwa seni, saatnya mengerahkan seluruh kemampuanmu. Namanya juga mendekorasi, pasti nggak afdol kalau nggak ada pajangan-pajangan yang abstrak menghiasi.

Kerajinan tangan, lukisan dinding, pasir berwarna, dan bahkan poster-poster infografis atau motivasi. Dalam seni, nggak ada yang namanya batasan.

Ada pepatah mengatakan, kerja di kantor memang bisa membuat hidupmu berjalan layak, namun dekorasilah yang membuat kehidupan kantor layak dijalani.

5. Nuansa Pink!nuansa pink

Via pinterest.com

Nggak khusus pria atau wanita! Desain ini cocok untuk siapa saja yang suka warna pink atau merah muda! Tujuannya hanya satu: buat meja kerjamu tampil cerah dan eksentrik biar nggak bosan!

Pink yang identik dengan keceriaan, kelucuan, dan kenyamanan merupakan pilihan tema warna yang cocok untuk menghidupkan lingkungan kerjamu.

Agak sedikit kekanakan sih, tapi segala cara wajib dicoba biar produktivitas meningkat! Nggak ada salahnya kan, orang dewasa menghiasi hidupnya dengan sedikit warna pink?

6. Dekorasi ala programmerprogrammer

Via flickr.com

Dua monitor di meja. Satu untuk streaming data, satu lagi untuk bekerja. Disampingnya terdapat jam digital dan kalkulator ilmiah.

Di depanmu terdapat keyboard yang sangat mendukung kamu bekerja dan mengetik cepat. Terakhir, ditambah sebuah gelas kopi dan botol minum di sebelah buku catatan tebal.

Meja ini dirancang untuk kamu yang ingin (tampak) bekerja super efisien. Memang nggak semua programmer seperti ini. Namun, meja yang cukup menunjukkan bahwa kamu sedang melakukan hal-hal canggih ini bisa menjadi sebuah inpirasimu membangun meja kerja baru.

7. Bawa teman biar kamu nggak kesepianbawa teman

Kalau kamu suka merasa ruang kerjamu terlalu sepi, mungkin kamu perlu mengerahkan seluruh tenaga untuk membuatnya terasa penuh.

Walaupun bukan fans kartun atau anime, kamu tetap bisa mencoba untuk memajang karakter figurin dan memorabilia, untuk meramaikan mejamu.

Ketika bosan, kamu juga bisa bermain dengan mereka. Mungkin kamu bakal mendapat kritik atau komentar kalau kamu terlalu kekanak-kanakan. Namun, kamu tahu bahwa sesungguhnya, mereka iri dengan kamu.

Ketujuh ide di atas hanyalah sebagai panduan inspirasi dekorasi meja. Untuk menciptakan lingkungan meja yang ‘kamu’ banget, tentu hanya bisa dilakukan kamu, karena hanya kamu yang tahu apa yang kamu inginkan.

Kalau belum menemukan inspirasi, nggak apa-apa. Take your time, dan mulailah dari hal-hal kecil seperti pajangan atau memasang gambar. Perlahan-lahan, rasakan perubahan yang terjadi pada produktivitasmu.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY