Hari gini, banyak alasan untuk belanja online. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh situs-situs belanja online tentunya memanjakan kita sebagai konsumen. Diskon banyak tersedia, pilihan barang beragam, transaksi cepat dan pengiriman barang pun efisien. Namun, masih banyak orang yang ragu berbelanja online karena khawatir informasi pribadi mereka jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar belanja online kamu aman dan nyaman, yuk ikuti tips berikut:

1. Pastikan Gadget Aman

mkh2la9fedy-rohit-tandon

Sebelum berbelanja, pastikan gadget kamu menggunakan antivirus dan anti malware yang selalu up to date agar tidak ada program berbahaya yang diam-diam mencuri informasi pribadimu.

2. Gunakan Situs Terpercaya

Berbelanja di situs terpercaya akan membantu kamu mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, membantu kamu menghindari penipuan dan yang tidak kalah penting, kamu dapat berbelanja dengan tenang karena informasi pribadi kamu aman.

3. Perhatikan Sekitarmu

gwvmbgpp-pq-steinar-la-engeland

Karena ada informasi dan data pribadi yang akan kamu gunakan, belanja online sebaiknya tidak dilakukan ditempat umum, menggunakan perangkat orang lain atau menggunakan wifi publik agar privasi kamu terlindungi. Demi keamanan, jangan bagikan informasi akunmu pada orang lain dan pastikan kamu menggunakan password yang kreatif. Jika kamu berbelanja dari smartphone, haya gunakan aplikasi resmi dari sumber terpercaya.

4. Pelajari Syarat dan Ketentuan Berbelanja

buy-bags-as-well-as-purses-online

via my trick space

Sebelum membeli barang yang kamu incar, pelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuan berbelanja di situs tersebut seperti garansi produk, prosedur penukaran atau pengembalian barang, dan biaya transaksi, jika ada.

5. Perhatikan Prosedur dan Biaya Pengiriman

shopping-on-bed

Jika barang yang kamu beli cukup banyak atau berat, ada baiknya kamu memperhatikan biaya pengiriman yang dikenakan agar tidak membebani anggaran belanja kamu secara berlebihan. Sebisa mungkin, pilih situs yang memberikan pilihan gratis biaya pengiriman agar lebih hemat.

6. Pilihan Metode Pembayaran

money-256315_1280

via invest openly

Dalam berbelanja online, tentunya kamu memiliki preferensi mengenai metode pembayaran. Misalnya, untuk pembelian barang elektronik, kamu lebih suka menggunakan metode cash on delivery atau COD agar kamu dapat memastikan bahwa barang yang kamu beli berada dalam kondisi baik. Atau, kamu lebih suka menggunakan kartu debit agar tidak belanja berlebihan.

Ada pula konsumen yang lebih nyaman menggunakan kartu kredit karena ada potongan harga atau promosi tertentu. Nah, tentunya situs belanja yang menyediakan beragam pilihan metode pembayaran akan membuat kamu lebih nyaman berbelanja karena kamu bebas memilih sesuai keinginan kamu.

7. Tunai atau Kredit

credit-card

via gofinance

Selalu bijak dalam berbelanja adalah kunci perencanaan keuangan yang baik. Sebisa mungkin, bayar belanjaan kamu secara tunai dan sesuai anggaran yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Jika memberatkan, kamu dapat menggunakan metode cicilan. Namun, hal ini hanya disarankan jika cicilan utang bulanan kamu masih dibawah 30% penghasilan rutinmu dan tidak ada bunga yang dikenakan alias cicilan 0%.

Kalau udah tahu cara aman belanja online kan kamu jadi bisa belanja dengan lebih tenang. Apalagi akhir tahun begini saatnya memenuhi berbagai kebutuhan liburan dan kado akhir tahun! Bijak belanja artinya bijak juga memilih program belanja dari e-commerce. Sudah tahu My Big Wish 2016 dari Blibli.com?

My Big Wish 2016 dari Blibli.com adalah tempat kamu bisa belanja dan dapat kesempatan untuk Gratis Keliling Indonesia sepanjang tahun, menginap di hotel berbintang gratis sepanjang tahun, dan belanja gratis sepanjang tahun!

Cek di sini yuk untuk info lengkapnya!

*Artikel ini merupakan hasil kerjasama dengan QM Financial

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY