7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Skuter Matik Pertama

Motor skuter cukup terkenal di sebagian negara Eropa. Bentuknya yang ramping dan konsumsi bahan bakar yang irit merupakan alasan banyak orang yang memilih motor skuter sebgai moda transportasinya. Pernah ada pandangan bahwa motor skuter ini identik dengan kaum hawa mengingat kendaraan yang satu ini cukup mudah dikendarai. Namun, semuanya langsung ditangkal karena para pria juga menyukai kendaraan yang satu ini.

Tren motor skuter pun sudah mulai diserap di Indonesia sejak puluhan tahun silam. Pastinya kamu sudah sering melihat banyak motor skuter yang berseliweran di jalan-jalan kota-kota besar. Merek-merek besar pun bahkan sudah membuat varian skuter untuk dipasarkan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Belum terlambat, kok untuk mengikuti tren. Malahan, kamu punya banyak pilihan motor skuter di era sekarang.

Sebelum beli skuter matik, pastinya ada yang perlu kamu perhatikan, Friends. Buat kamu yang mau beli motor pertama, tips di bawah ini sangat berguna. Beberapa poin pun perlu diketahui oleh pengemudi motor yang ingin beralih ke skuter matik. Mari disimak, ya!

1. Tentukan Dulu Kapasitas Mesin

Mau beli kendaraan apa pun, kapasitas mesin pasti yang paling banyak jadi sorotan. Dalam hal pilih skuter matik, kapasitas mesin akan jadi yang paling krusial karena akan memengaruhi gaya berkendara kamu. Skuter matik punya kapasitas mesin mulai dari 49 cc sampai dengan 200 cc. Buat pasar Indonesia, kapasitas skuter matik yang dipasarkan hanya pada 125 cc sampai 200 cc.

Nah, kamu harus tahu ukuran badan kamu dan kondisi jalanan yang biasanya dilalui, Friends. Bila digunakan sehari-hari untuk keperluan sehari-hari, kapasitas motor skuter matik terkecil pastinya sudah cukup buat kamu, Friends. Berbeda urusannya kalau kamu suka riding boncengan ke lokasi yang sedikit jauh. Barulah, skuter matik dengan pilihan kapasitas mesin yang lebih besar wajib jadi pilihan.

SPECIAL LAUNCHING VESPA LAMBRETTA KHUSUS DI BLIBLI.COM

2. Skuter Matik Bukan Buat Kebut-kebutan, loh

Sebesar apa pun kapasitas mesin yang digunakan, akselerasi dan kecepatan maksimum skuter matik tidak akan setara dengan motor lainnya. Kamu wajib menarik gas dengan perlahan untuk menjalankan kendaraan yang satu ini. Sebaiknya, tidak langsung menarik gas karena itu akan membuka katup bensin lebih besar dan bikin konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Sayangnya, motor skuter matik kamu tidak akan berlari dengan lebih cepat juga. Gaya menyetir skuter matik bisa dibilang harus santai dengan kecepatan yang tepat. Jadi, jangan buru-buru ya kalau sedang nai skuter. Selow saja!

SARUNG TANGAN KULIT BIAR TANGAN TIDAK LICIN WAKTU BERKENDARA

3. Fitur Bawaan Skuter Matik

Via scootercentral.com.au

Ada banyak, loh, fitur yang ditawarkan dalam sebuah skuter matik. Untuk sistem keamanan berkendara, pilih skuter matik dengan fitur Antilock Brake System (ABS). Selain itu, pilih juga sistem keamanan saat parkir seperti keyless key supaya tidak mudah dibongkar oleh maling. Beberapa skuter matik juga menyediakan fitur port USB. Nah, pilih fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu sebelum membelinya.

Selain fitur, kamu juga perlu memerhatikan bodi skuter matik tersebut dan pastikan sesuaikan juga dengan kebutuhan. Buat yang suka parkir di tempat umum bersama dengan motor-motor lainnya, sebaiknya pilih skuter matik dengan bodi ramping. Di sisi lain, kamu harus pilih bodi yang lebih besar untuk menambah kenyamanan saat berkendara.

GANTUNGAN KUNCI KEY FINDER BIAR KUNCI MOTOR GAK HILANG 

4. Skuter Matik Butuh Perhatian Lebih

Punya skuter matik, berarti harus menyediakan waktu lebih untuk merawatnya juga. Kamu wajib membawanya ke bengkel untuk diservis secara rutin. Kamu mungkin akan lebih sering lagi ke bengkel jika penggunaannya lebih sering lagi setiap harinya. Jangan pernah menunda perawatan dan mengganti suku cadang jika memang sudah tidak layak pakai.

Satu hal yang perlu diperhatikan juga, skuter matik selalu unggul dalam urusan desain bodi motor. Sebainya, kamu tetap buat skuter matik itu tetap dengan tampilan terbaiknya. Usahakan mencuci atau mengelapnya setiap hari supaya tetap bersih, ya.

BOOKING SEKARANG VESPA LAMBRETTA V200 DI SINI

5. Naik Skuter Matik Juga Harus Terlindungi

Faktanya, kecepatan skuter matik memang tidak akan sengebut motor sport, tapi kamu juga tetap harus melindungi diri. Naik motor apa pun, kamu harus pakai helm yang berstandar SNI. Kamu juga butuh jaket untuk melindungi badan dari terpaan angin langsung, ya. Setiap kali mengendarai skuter matik, kamu juga harus membawa surat-surat lengkap dan mematuhi peraturan lalu-lintas. Ingat, pengendara skuter matik itu sangat elegan. Jangan sampai pandangan itu luntur cuma karena kamu menerobos lampu merah.

HELM DENGAN BUILT IN INTERKOM SUPAYA RIDING TETAP AMAN

6. Merek Scooter Matik Juga Berpengaruh

Via lambretta.com

Tidak salah kalau kamu punya merek favorit untuk sebuah skuter matik. Tenang, semua skuter matik pasti akan nyaman dan keren dikendarai jika kamu menggunakannya dengan benar. Namun, kamu bisa tampil beda dengan skuter matik dari Lambretta. Merek asal Italia ini sudah resmi masuk ke Indonesia sejak pertengahan tahun 2019.

Lambretta juga jadi salah satu merek besar asal Italia yang sudah puluhan tahun membuat skuter matik berkualitas. Ada dua motor skuter matik yang dibawa, Lambretta V125 Special dan Lambretta V200 Spesial. Keunggulan yang dibawa oleh skuter matik Lambretta adalah bodi ramping nan elegan yang buat kamu lebih keren waktu membawanya.

PESAN LAMBRETTA V125 SEBELUM KEHABISAN

7. Selalu Perhatikan Harganya

Via motosnuevas.formulamoto.es

Tidak ada salahnya kamu mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan sesuatu yang memang spesial. Sebuah skuter matik memang menawarkan kemudahan dalam berkendara dan pastinya pride untuk para pemiliknya. Lambretta membanderol motornya mulai dari Rp44 jutaan untuk skuter matik yang dipasarkan di Indonesia.

Kamu mungkin tidak bisa langsung mendapatkannya sekarang juga, tapi setidaknya bisa memesannya dulu di Blibli.com. Kamu cukup membayar booking fee sebesar Rp10 juta dan dapatkan promo cicilan 0% hingga 24 bulan. Siap-siap untuk mengaspal dengan gaya yang lebih keren.

BOOKING SKUTER MATIK LAMBRETTA KAMU DI SINI

Jangan tunggu lama lagi, Blibli Friends. Kapan lagi dapat promo terbaik untuk mendapatkan skuter matik Lambretta? Sambil menunggu, kamu bisa lengkapi dulu gaya retro dengan pilihan aksesori berikut ini!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY