7 Hal yang Dibutuhkan untuk Membangun PC Gaming

Photo by Unsplash

Buat kamu yang gemar main game komputer, memiliki sebuah komputer dengan spesifikasi gaming tentunya akan menambah kenikmatan saat memainkan game favorit. Mulai dari kecepatan proses, detail visual yang memanjakan, sampai kualitas audio yang sempurna.

Nah, buat kamu yang ingin merakit PC gaming sendiri berikut ini adalah rekomendasi part-part yang dibutuhkan untuk merakitnya.

1. Prosesor yang ciamik

Photo by Oyster

Central Processing Unit (CPU) bisa dibilang menjadi otak dari sebuah komputer. Bagian inilah yang akan memproses instruksi yang kamu inginkan menjadi sebuah tindakan yang dapat dilakukan komputer. Jika CPU ini ibaratnya adalah sebuah otak, seluruh sistem lainnya adalah keseluruhan tubuhnya.

Sebagai komponen terpenting dari sebuah komputer, saat ini telah banyak tersedia pilihan CPU dengan berbagai variasi harga yang ditawarkan. Dua pemain utama dari komponen ini adalah AMD dan Intel yang menghadirkan beragam variasi CPU yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

AMD memiliki dua varian CPU yang berteknologi high-end, yaitu Ryzen dan Ryzen Threadripper. Kedua prosesor ini dibuat khusus untuk memenuhi kebuhan kamu akan sebuah prosesor berspesifikasi tinggi. Intel juga memiliki dua varian prosesor yang diberi kode nama i5 dan i7. Untuk kebutuhan spesifikasi tinggi, kamu bisa memilih kedua prosesor dari generasi 8th atau 9th.

PILIHAN PROSESOR INTEL TERBAIK BISA KAMU DAPATKAN DI SINI

2. Motherboard yang bertenaga

Photo by Cloudfront

Pada dasarnya motherboard adalah sebuah papan sirkuit berukuran besar yang berfungsi untuk menghubungkan semua komponen yang membentuk komputer. Papan sirkuit ini juga memungkinkan seluruh perangkat keras di dalam komputer berkomunikasi satu sama lain. Sama seperti CPU, kamu akan dihadapkan pada berbagai pilihan motherboard dengan penawaran harga yang bervariasi. Mulai dari yang memiliki sistem sederhana sampai yang memiliki fitur-fitur berteknologi tinggi.

Tipe motherboard yang kamu butuhkan sangat tergantung pada CPU apa yang kamu pilih dan fitur apa saja yang diinginkan. Tidak semua jenis CPU cocok dengan setiap jenis motherboard, jadi pastikan kamu memilih tipe motherboard yang tepat. Fitur-fitur CPU seperti kemampuan overclockinglighting, dan pilihan konektivitas merupakan faktor-faktor yang harus diingat saat memilih sebuah motherboard.

3. Video card untuk mendapatkan grafis yang memuaskan

Photo by msi

Video card atau graphics processing unit (GPU) yang akan memiliki peran sangat penting untuk pengalaman gaming kamu. GPU berfungsi untuk menghasilkan olahan grafis agar pengalaman visual kamu saat bermain game dapat lebih maksimal. Sebenarnya banyak juga CPU yang memiliki kartu grafis bawaan, tapi jika ingin merasakan pengalaman game komputer yang modern kamu harus menggunakan kartu grafis tambahan ini.

Dua produsen kartu grafis ternama saaat ini adalah Nvidia dan AMD. Dalam memilih kartu grafis, kamu juga perlu melihat bujet yang dimiliki. Jika kamu memiliki bujet terbatas, pilihan kartu grafis lower-end bisa jadi pilihan seperti GTX 1050Ti dari Nvidia atau Radeon RX570 dari AMD. Namun, jika menginginkan pengalaman gaming yang maksimal, RTX 2080 Ti dari Nvidia atau AMD Radeon RX 570 4GB menjadi kartu grafis paling canggih saat ini.

Jika kamu ingin merakit sebuah PC gaming dengan spesifikasi tinggi, kartu grafis mungkin akan menjadi komponen yang termahal. Jangan ragu untuk memilih kartu grafis terbaik apalagi jika kamu ingin bermain game dengan resolusi dan frame rate yang tinggi.

4. RAM yang besar

Random Access Memory (RAM) pada dasarnya berfungsi sebagai memori jangka pendek dari sistem komputer kamu. Komponen ini menyimpan data yang biasa kamu akses secara regular sehingga komputer kamu tidak perlu mengakses perangkat penyimpan setiap kali perlu menggunakan data tersebut.

Cara kerjanya berbeda dengan perangkat penyimpanan utama komputer. RAM melakukan reset setiap kali komputer dimatikan sehingga saat dinyalakan kembali memori-nya akan lebih “segar” sehingga kinerja komputer akan terasa lebih cepat. Oleh karena itu, kamu tetap akan membutuhkan drive penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan data dalam jangka yang lebih lama.

Untuk keperluan gaming, kamu sebaiknya menggunakan kapasitas RAM dalam jumlah yang cukup besar. Misalnya, RAM dengan kapasitas mulai dari 16Gb dan 32GB sudah mulai lebih dari cukup untuk memainkan game-game kekinian.

5. Storage yang mencukupi

Photo by Cloudfront

Game-game kekinian bergrafis tinggi akan membutuhkan ruang kapasitas yang besar, mulai dari 10GB sampai puluhan gigabyte. Belum lagi kalau kamu memiliki data lainnya berupa gambar atau video yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu membutuhkan drive penyimpanan dengan ruang yang besar di dalamnya. Zaman sekarang besar saja tidak cukup, untuk mendapatkan proses data yang mulus dan tanpa hambatan, kamu juga membutuhkan drive yang bisa bekerja dengan cepat. Tipe drive yang bisa bekerja lebih cepat adalah SSD.

Umumnya, komputer gaming saat ini telah menggunakan konfigurasi drive penyimpanan ganda. Drive SSD dengan kapasitas lebih kecil diatur sebagai penyimpanan sistem operasi, sedangkan drive HDD digunakan untuk menyimpan data-data yang lebih besar seperti game dan yang lainnya.

Samsung 970 Pro merupakan SSD yang cukup populer digunakan saat ini, sedangkan untuk HDD-nya kamu bisa menggunakan Seagate BarraCuda 3TB yang sudah cukup “luas” untuk menampung data-data yang berukuran besar.

CEK BARANGNYA DI SINI UNTUK MEMBELI SAMSUNG 970 SSD

6. Monitor yang memanjakan mata

Photo by idegesg

Lima benda di atas tidak akan ada gunanya jika kamu menggunakan layar monitor yang biasa-biasa saja karena output grafisnya tidak akan maksimal. Jika kartu grafisnya sudah yang terbaik, sekarang waktunya investasikan bujet pada sebuah layar monitor dengan resolusi yang tinggi. Kamu bisa memilih layar dengan resolusi mulai dari 2540×1440 sampai 3840×2160 (4K) untuk visual yang lebih memanjakan mata.

Selain itu, kamu juga harus memilih monitor dengan refresh rate yang besar, mulai dari 144Hz hingga 240Hz. Spek ini berfungsi untuk menghadirkan gerak visual yang lebih mulus. Asus ROG Swift PG348Q menjadi layar monitor high-end yang cocok untuk mendampingi set up PC gaming yang telah kamu rakit.

INGIN MEMBELI LAYAR MONITOR ASUS ROG SWIFT PG2480? CEK BARANGNYA DI SINI

7. Power supply untuk penyaluran daya yang lebih baik

Persis seperti namanya, komponen yang satu ini berfungsi untuk menyediakan daya agar komputer kamu bisa berfungsi dengan baik. Komponen ini sering diabaikan karena pada rakitan yang sederhana, power supply apa pun dapat berfungsi. Namun, saat ingin merakit PC gaming, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan komponen ini.

Untuk sistem komputer yang lebih kompleks, kamu perlu memperhatikan efisiensi, jumlah watt, dan kualitas dari power supply yang akan digunakan. Saat menggunakan kartu grafis high-end atau cooling loop rakitan sendiri, kamu harus memastikan memiliki power supply dengan watt yang cukup. Sebagai rekomendasi, EVGA SuperNOVA 550 watt bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan gaming ini.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI EVGA SUPERNOVA 550 WATT

Ketujuh komponen ini menjadi komponen yang penting untuk diperhatikan saat kamu ingin merasakan pengalaman bermain game yang memuaskan dengan menggunakan PC. Selamat berburu komponen-komponen tersebut ya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY