Bagi seorang videografer, mengabadikan momen spesial dengan angle dan motion yang tepat serta suara yang jernih merupakan hal wajib untuk mendapat hasil yang sempurna.

Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa mengganggu proses pengambilan video sehingga seringkali membuat para videografer frustasi. Kalau kamu juga seorang videografer, kamu pasti mengerti banget 7 hal ini.

1. Ada orang numpang eksis
eksis

 Via Pittsburgh Post-Gazette

Saat kamu sedang merekam suatu momen di lokasi yang ramai, pasti ada saja orang yang suka numpang lewat di depan kameramu.

Memang sih, mereka awalnya nggak tahu kalau kamu sedang merekam. Kadang ada yang minta maaf juga. Tapi tetap saja video rekamanmu nggak akan sempurna karena ada “iklan” yang muncul.

Padahal momen sudah pas. Ketunda lagi deh. Dasar orang nggak peka!

 2. Kamera (tangan) yang nggak bisa diam
blur

Kamu pasti pernah merasakan saat-saat video yang kamu hasilkan itu terlalu banyak goncangan layaknya video amatir yang diambil saat sedang berlari-lari.

Soalnya, terkadang tanganmu memang nggak bisa diajak kerjasama. Ada aja hal yang mengganggu seperti kurang tidur, belum minum kopi, atau kedinginan. Ditambah lagi kalau ada yang mengganggu. Oh ya, kalau suka goyang juga bisa dikarenakan kameramu nggak memiliki fitur image stabilization.

Namun, hal ini tentu nggak mungkin dirasakan oleh kamu punya kamera Go Pro Hero 5! Bisa tetap stabil meski ada banyak goncangan, karena memiliki fitur advanced video stabilization. Mau merekam selama snowboarding pun nggak masalah!

3. Momen pas, namun modelnya belum siap

modelUntuk mendapat video yang jernih dan enak dilihat tentu saja kamu membutuhkan cahaya yang bagus juga. Biarpun cahaya dari lampu itu cukup terang, hasil sebuah video akan lebih bagus saat mendapat cahaya langsung dari sinar matahari.

Pentingnya efek cahaya matahari ini membuat para videografer selalu mencari waktu yang tepat untuk sesi perekaman. Tapi kalau model dari videonya datang terlambat, semuanya ya…sia-sia.

4. Nggak mendapat angle yang bagus

angle

Untuk mendapat hasil video yang kece, kamu harus merekam dari angle yang tepat. Namun berbagai situasi bisa menghalangimu untuk mendapat angle yang bagus tersebut.

Misalnya ketika kamu harus mengambil video di lokasi yang penuh dengan keramaian. Banyaknya orang membuat kamu sulit berpindah-pindah lokasi dan mencari angle tepat tersebut. Terkadang lingkungan memang nggak mendukung. Pandai-pandai videografer sendiri deh, buat merekam.


BACA JUGA Apa yang Bisa Kita Semua Pelajari Dari si Tukang Hidup Profesional ini?


5. Lupa tekan tombol record

record

Via Pete Leong

Pernahkah kamu sudah sibuk berbicara panjang lebar dan bergerak kesana kemari untuk merekam berbagai hal tapi ternyata kamu lupa menekan tombol record? Nyebelin, yah?

Masih mending jika objek yang ingin kamu rekam itu hal yang bisa terulang. Tapi kalau objek rekamanmu itu momen penting seperti bayi yang pertama kali berbicara, pasti kejadian tersebut akan susah banget untuk terulang.

Kamu cuma bisa gigit jari deh akhirnya.

6. KetiduranketiduranMenunggu momen yang pas itu sulit banget. Apalagi ketika baterai kamera nggak mengizinkan untuk merekam dalam jangka waktu yang panjang. Kamu harus menunggu berjam-jam, bahkan seharian! Mengunggu sih nggak apa-apa. Tapi bagaimana kalau sampai ketiduran?

Misalnya, kamu dengan kru sudah camping di gunung untuk merekam sebuah vlog tepat di saat matahari terbit. Tahu-tahu, karena alaram nggak bunyi, kamu ketiduran sampai siang. Eh, camping lagi deh.

7. Lupa bawa baterai cadangan

charger

Kelalaian lain yang juga bisa bikin kamu frustasi adalah lupa bawa baterai cadangan.

Saat kamu sudah berhasil mendaki gunung dengan usaha yang nggak mudah, pasti kamu ingin mengabadikan momen tersebut dengan merekam pemandangan dari atas sana.

Tapi saat kamu lupa baterai cadangan dan ternyata baterai kameramu hanya tinggal 10%, habislah sudah rencanamu itu. Apalagi kalau kamu sudah capek-capek naik gunung buat nge-shoot yang nomor 6.

Banyaknya kelalaian yang kamu lakukan dan juga pengaruh dari orang lain seringkali membuat kamu gagal merekam video dengan sempurna. Meskipun bikin frustasi, jangan menyerah dulu karena masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya hal-hal tersebut nggak terjadi lagi.

Misalnya, yaitu selalu memeriksa perlengkapan yang harus kamu bawa saat pergi supaya nggak lagi frustasi saat ada barang ketinggalan. Kemudian selalu tenangkan saat ingin merekam video karena perasaan terlalu excited yang bisa membuat kamu lupa menekan tombol record.

Kalau kamu pernah merasakan semua hal di atas, tentuk kamu butuh kamera super praktis sekali pencet untuk merekam, baterai tahan lama, resolusi tajam dengan image stabilizer super canggih. Kamera mana lagi kalau bukan Go-Pro Hero yang terbaru?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY