Skating itu olahraga yang hip? Jangan salah! Tahukah nggak, olahraga ini sudah ada sejak abad ke-17 di Belanda. Ketika belanda masuk ke Indonesia, olahraga ini pun menuai popularitas hingga kini.

Skating memang menyenangkan, tapi tentu bukan olahraga main-main yang bisa diremehkan. Buat kamu yang ingin serius, setidaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal, agar persiapan main skating kamu lebih matang dan lancar.

Yuk, simak!

1. Pengetahuan tentang sepatu skatingsepatu-skating

Via diytrade

Sebelum bermain, perlu kamu kenali dulu jenis-jenis sepatu skating yang ada. Meski sekilas  terlihat sama, beda kegiatan ternyata memerlukan sepatu yang berbeda loh!

Ketika memlilih sepatu skating pertama kali, kamu perlu perhatikan letak rodanya. Umumnya, sepatu roda terbagi jadi dua macam, yakni inline skate (sepatu dengan roda yang letaknya sejajar) dan two-line skate yakni sepatu yang terdiri dari empat buah roda (2 buah di belakang dan 2 buah di bagian depan).

Jika kamu masih newbie yang baru belajar, disarankan untuk memilih two-line skate karena lebih seimbang sehingga kamu nggak mudah jatuh.

2. Dua teknik dasartehnik

Via beritahati

Jika kamu sudah menemukan sepatu roda yang sesuai, selanjutnya kamu perlu mengenal teknik bermain skating yang baik dan benar. Gunanya, agar kamu tidak mudah cedera saat latihan.

Teknik dasar yang penting untuk ketahui ialah teknik gliding dan teknik rem. Teknik gliding adalah teknik keseimbangan saat meluncur menggunakan sepatu roda. Sedangkan teknik rem adalah teknik yang dibutuhkan agar kamu bisa berhenti meluncur dengan baik tanpa perlu berpegangan.

Biasanya, tiap sepatu roda tidak sama letak tumpu remnya. Kenali letak titik tumpu rem sebelum meluncur, biar kamu mahir dan fleksibel nge-rem dan nge-glide lebih cepat.

3. Jenis-jenis permainan sepatu rodasepatu-roda

Via  Wien.info

Umumnya, permainan sepatu roda yang paling sering dimainkan ada tiga jenis, yaitu Aggressive Inline Skating, Slalom, dan Speed Inline Skating.

Permainan Aggressive Inline Skating (meluncur dan beputar) dan Slalom (menghindari rintangan) umumnya bisa dimainkan di jalanan umum, karena sifatnya yang santai.

Tetapi, untuk permainan Speed Inline Skating, kamu dituntut untuk meluncur cepat dan tnagkas. Biasanya dimainkan untuk kejuaraan yang memerlukan latihan dan kemampuan khsuus.

Jenis sepatu roda yang digunakan pun umumnya mempunyai roda dengan ukuran yang besar.

4. Perlindungan maksimal agar keamanan kamu terjagaperlindungan-makksimal

Via inlineskates.net

Dalam skating, kemungkinan besar kamu bakal sering terluka. tergores, jatuh, terkilir, atau tabrak. Jadi, selalu gunakan pelindung yang lengkap ketika bermain skating. Mulai dari helm kepala, pelindung siku, dan pelindung lutut. Bila perlu, tambahkan juga sarung tangan.

Jadi, ketika kamu tersandung atau kehilangan keseimbangan, kamu tetap akan baik-baik saja. Ingat, keamanan selalu nomor satu.

5. Butuh komitmen yang kuat

pexels-photo-198981

Via Defproto

Awal-awal main skating kamu akan lebih sering terjatuh dan terluka. Nggak jarang orang menyerah di awal karena tingkat kesulitannya yang tinggi, apalagi yang buru-buru beralih dari two-line skate ke inline skate.

Satu hal dalam belajar skating adalah paham bahwa it takes time. Jika rajin, kamu mungkin akan lancar dalam kurun waktu satu dua bulan. Yang penting kamu mau berkomitmen dan nggak mudah menyerah.


BACA JUGA Jangan Berani Coba-Coba 10 Trik Skating Ekstrem Ini!


6. Apa sih, manfaat skating itu?manfaat

Kesehatan tubuh dan pikiran akan kamu dapatkan dari bermain sepatu roda. Skating dapat membantumu membakar kalori dengan cepat, melatih keseimbangan dan koordinasi, serta membentuk otot kaki!

Kamu bakal menjadi lebih gesit dan tanggap kepada sekitarmu. Disiplin dan semangatmu bakal terbangun akibat pantang menyerah. Keringat mengucur yang ditiup angin ketika meluncur juga bisa mencerahkan suasana hatimu.

7. Biayanya berapa?biaya

Via  National Capital Commision

Biasanya, skating banyak dijadikan hobi sekeluarga untuk beraktivitas di akhir pekan. Jadi, bisa dikatakan harganya relatif terjangkau, setidaknya untuk perlengkapannya!

Untuk pilihan destinasi dan instruktor, tergantung lagi kebutuhan masing-masing. Kalau kamu hanya skating untuk hobi, maka latihan sendiri di taman kota cukup.

Satu hal yang nggak bisa kompromi ketika bermain skating adalah keamanannya. Selalu cari perlengkapan paling nyaman dan aman untuk menemanimu bermain.

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan skating yang berkualitas tinggi dan trendi di Blibli.com loh! Kebetulan banget nih, lagi ada promo diskon hingga 30% untuk berbagai peralatan skating! Manfaatkan cicilan 0%-nya ya! Selamat skating!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY