7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Hadir di Java Jazz Festival 2017

Processed with VSCO with 5 preset

Friends, kamu gak boleh ketinggalan banget nih sama konser musik satu ini: Java Jazz Festival 2017!

Bagi yang belum tahu, festival ini diadakan setiap tahun oleh Java Festival Production untuk menemanimu di awal Musim Semi.

Berbagai aliran musik Jazz yang berdatangan dari dunia internasional dan tanah air membuatnya menjadi salah satu festival Jazz yang paling khas di dunia. Pecinta musik jazz sejati pasti sudah tahu!

Baik kamu yang ingin tahu atau yang sudah antusias mau pergi, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui, sebelum menghadiri Java Jazz Festival 2017 nantinya.

1. What is Java Jazz?

java-jazz

Via – Java Jazz Festival

Java Jazz Festival atau JJF merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Java Festival Production semenjak tahun 2005! Hitung-hitung, Java Jazz 2017 merupakan acara yang ke-13.

Setiap tahunnya, Java Jazz mendatangkan ratusan artis Jazz ternama dari luar dan dalam negeri untuk tampil bersama ataupun bergilir selama tiga hari. Tanggal main setiap tahun nggak jauh-jauh dari minggu pertama bulan Maret.

Setiap tahun Java Jazz memiliki tema yang berbeda, mulai dari yang mendunia seperti ‘Jazz Up The World’ pada tahun 2013, sampai yang meng-Indonesia, seperti tema tahun lalu, ‘Exploring Indonesia’.

Selanjutnya, Java Jazz Festival 2017 akan diadakan pada tanggal 3-5 Maret 2017 di JIEXPO. Tampaknya tema yang diusung masih belum dibeberkan. Namun berdasarkan desain teaser di banner promosi, kita bisa memastikan bahwa temanya bakal Indonesia banget.

2. International Line-up

line-up-internasional

Beberapa artis Internasional ternama yang bisa kamu saksikan pada festival mendatang adalah Rick Braun, Cyrille Aimee dari Perancis, Doc Loonie Smith, Morgan James, dan grup musik yang cukup terkenal pada tahun 60-70an, Blood, Sweat, & Tears.

Namun, line-up tentu nggak berhenti di sana. Karena, sekarang masih bulan Desember dan Java Jazz masih ada sekitar 70 hari lagi! Biasanya banyak artis yang baru bisa konfirmasi hadir di awal tahun.

Belum lagi ada bintang tamu terkenal yang biasanya nggak diberi tahu pihak panitia sebelum hari mepet. Misalnya, Sting dan David Foster yang kehadirannya menghebohkan penonton pada tahun ini.


BACA JUGA Indonesia Dicinta Pemusik Dunia, 5 Festival Musik Ini Buktinya


3. David Foster

david-foster

Via – MTV.com

Eh, belum kenal dengan David Foster? Itu loh, musisi asal Kanada yang menjadi judge di Asia

Got Talent bareng Anggun! Bicara tentang David Foster, walaupun Maret lalu cukup menjadi highlight festival Java Jazz, sulit dipastikan kalau ia akan kembali ke line-up tahun ini.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa ia tampaknya nggak hadir karena sedang sibuk mempersiapkan konser Hitman di Yogyakarta nanti. Kabarnya, konser ini juga merupakan pemanasan untuk aktivitas musik lainnya di Indonesia.

Buat yang menyayangkan hal ini, nggak apa-apa. Karena selain artis Internasional, tentu yang menjadi highlight utama festival tersebut adalah:

4. Artis Indonesia

artis-indonesia

Via – Hipwee

Tentu saja artis Indonesia adalah highlight utama. Namanya juga ‘Java’ Jazz. Tempatnya sendiri di Jawa, Indonesia.

Hal yang cukup menarik juga terjadi dalam line-up artis Indonesia. Terlepas dari sekian banyak yang dikabarkan tampil, sampai sekarang masih belum ada artis Indonesia terdaftar yang sudah konfirmasi akan tampil. Semuanya masih masuk ke dalam wishlist saja.

Namun, jangan khawatir. Kemungkinan besar artis yang ada dalam wishlist bakal konfirmasi di awal tahun. Biasanya begitu. Siapa sajakah yang bakal tampil?

Dalam daftar tersebut, kita bisa mengantisipasi nama-nama seperti Afgan, Barasuara, Yura, Tulus, So7, Kunto Aji, Glenn Fredly, dan masih banyak lagi. Mari kita tunggu!

5. Kesempatan menjadi volunteer

volunteer

Via – emaze.com

Apakah kamu pecinta Jazz yang nggak mau cuma jadi penonton saja? Tenang, kamu bisa berkontribusi dalam acara ini dengan menjadi volunteer acara!

Karena ini acara yang sangat besar, maka butuh banyak sekali kontribusi dari orang-orang yang berdedikasi melancarkan acara ini. Untuk itu, pihak Java Festival Production membuka lowongan volunteer bagi kamu yang berkualifikasi.

Kamu bakal dituntut untuk bekerja dalam tim besar yang bergerak cepat. Kamu juga perlu memiliki kemampuan komunikasi tertulis dan berbicara yang cakap. Manajemen waktu, apalagi! Kamu juga perlu memiliki laptop pribadi dan kondisi/stamina yang bagus!

Selain bisa belajar banyak tentang acara dan musik, kamu juga berkesempatan kenalan dan bertemu dengan artis-artis yang lain! Kece nggak tuh?

6. Semoga kejadian tahun lalu nggak terulang!

hampir-batal

Konferensi JJF Maret Lalu; Via – Indra Rosalia (beritagar.id)

Tahu nggak, kalau acara Java Jazz tahun ini sempat mendapat ancaman hampir batal. Pasalnya, karena kejadian bom Sarinah, banyak artis Internasional yang batal hadir!

Akhirnya, panggung yang didirikan pun berkurang. Banyak penonton kecewa sih, tapi apa boleh buat. Untung pihak produksi tetap gigih dan berusaha merealisasikan acara.

Semoga di tahun depan semuanya lancar dan nggak ada kejadian ekstrim seperti tahun ini, ya!

7. Tiket, tiket, mana tiket?!

tiket-jjf

Via – Concertholic.com

Inilah informasi yang mungkin ditunggu-tunggu. Harga tiket untuk Java Jazz Festival 2017 tergolong relatif murah. Untuk masuk per hari, kamu cukup mengeluarkan biaya 500.000 Rupiah.

Jika ingin lebih murah lagi, kamu bisa membeli 3-day pass seharga 1.200.000 Rupiah. Setelah membeli tiket, kamu juga bisa membeli berbagai merchandise dari Java Jazz.

Beli online, apalagi! Kamu bisa membeli tiket Java Jazz Festival 2017 secara online melalui Blibli.com! Selain lebih praktis, harga yang bakal kamu dapatkan juga relatif lebih murah. Jadi, untuk para peminat yang belum mendapatkan tiket, we got your back! Ayo segera kunjungi Blibli.com untuk mendapatkan tawaran promo tiket Java Jazz Festival 2017 yang terbaik!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY