Kalau kamu pecinta budaya Jepang, pasti bakal mengenal mengenal tokoh ini. Maskot dari prefektur Kumamoto ini sering disebut-sebut sebagai beruang (Kuma) paling terkenal di Negeri Matahari Terbit.

Kumamon adalah tokoh beruang hitam dengan pipi merah yang menggemaskan. Walau mulutnya biasanya tersenyum, lebar, pandangan matanya sering kali kosong. Oh ya, harap bedakan dengan karakter digimon bernama sama ya.

Meskipun memiliki sifat yang bandel, beruang ini tetap populer dan sering viral di media sosial. Apa sih, hal-hal yang membuat Kumamon begitu mengagumkan? Yuk, simak dulu!

1. Maskot yang boleh digunakan secara bebas

maskot

 

Via The Japan Times

Tahu nggak kalau semua orang bisa bebas menggunakan maskot Kumamon dalam produk mereka? Ya, prefektur Kumamoto memang membebaskan penggunaan maskot beruang hitam ini. Semua orang punya hak ciptanya!

Sebagai kembaliannya, mereka hanya meminta tolong para produsen yang memanfaatkan maskot Kumamon untuk juga mempromosikan prefektur mereka.

Karena aturan penggunaan maskot Kumamon yang amat longgar, jangan heran kalau kamu bisa menemukan produk-produk bertema Kumamon di seluruh penjuru dunia. Bahkan kamu bisa membuat produk Kumamon kamu sendiri!

2. Ngga sengaja ketemu Keanu Reeves di arena balap

keanu-reeves

Via Forbes

Kumamon memang sering diundang untuk menghadiri berbagai acara. Ketika Honda meluncurkan motor spesial, Kumamon x Monkey, tentu mereka mengundang si maskot ke sirkuit Suzuka untuk mencoba motor tersebut.

Nggak disangka-sangka, aktor Keanu Reeves yang lagi liburan juga mengunjungi sirkuit Suzuka di hari yang sama. Foto pertemuan kedua tokoh terkenal ini pun langsung ramai tersebar di media sosial Jepang.

Siapa sih yang menyangka hal ini bisa terjadi? Bahkan Keanu Reeves sendiri nggak nyangka bakal ketemu beruang hitam di sirkuit balap.

3. Diundang ke berbagai peluncuran film layar lebar

film-layar-lebra

Via Just Jared

Biasanya dalam peluncuran premier film layar lebar siapa saja sih yang diundang? Umumnya sih para artis dan aktor terkenal serta selebriti. Tapi, bagaimana kalau selebritinya seekor beruang? Kalau bernama Kumamon, ia diundang!

Saking populernya Kumamon, jangan heran kalau dia juga muncul di acara peluncuran premier film layar lebar. Lihat saja foto di atas! Beruang ini tampil di peluncuran premier film Beauty and The Beast dan berfoto bareng aktris asal Perancis Léa Seydoux dan si sutradara Christophe Gans.

4. Nggak cuma disenangi anak-anak, bahkan bintang K-Pop juga jadi fans beratnyakpop

Via Tumblr

Nggak disangka, ternyata Min Yoongi alias Suga (dari BTS) adalah penggemar berat Kumamon. Di akun Twitter-nya, Suga pernah mengeluh karena ia tidak bisa bertemu dengan Kumamon ketika berkunjung ke Jepang.

Tetapi, jangan sedih dulu. Pada akhirnya si maskot beruang ini mengejutkan seluruh boy band BTS, termasuk Suga, dengan kunjungan mendadaknya! Suga bahagianya setengah mati!

5. Jadi direktur Public Relation Kumamoto?public-relation-kumamoto

Via Every goddamn day

Pada tahun 2014, ada konferensi pers yang diadakan di Foreign Correspondents’ Club of Japan. Tentu saja ini adalah konferensi pers serius yang dihadiri berbagai jurnalis. Namun anehnya, konferensi pers ini malah dikepalai oleh Kumamon!

Ketika para jurnalis menanyakan isu-isu serius mengenai program promosi prefektur Kumamoto, Kumamon terlihat berpura-pura membisikkan sesuatu pada Masataka Naruo, brand officer dari prefektur Kumamoto.

Alih-alih Kumamon, pada akhirnya Masataka lah yang menjawab pertanyaan para jurnalis. Tetapi, ketika ditanya apa peran Kumamon di konferensi pers tersebut, Masataka dengan riang menjawab bahwa Kumamon adalah bosnya. Kumamon ternyata pemalu banget ya!


BACA JUGA 8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Tonton Film Animasi Studio Ghibli!


6. Ditanyain status hubungan sama keluarga kekaisaran Jepangkaisar-jepang

Via The Japan Times

“Sudah punya pacar, belum?”

Biasa pertanyaan itu dilontarkan oleh paman atau bibi di acara keluarga. Tetapi, bagaimana kalau pertanyaan tersebut malah dilontarkan oleh kaisar dan permaisuri Jepang?

Pertanyaan itu dilontarkan pada Kumamon ketika ia menyambut kaisar Akihito dan permaisuri Michiko yang tengah melakukan kunjungan ke prefektur Kumamoto. Apa jawabannya?

Tentu saja maskot bisu ini nggak menjawab pertanyaan tersebut. Ia hanya bisa melakukan pose terkejut dan malu ketika ditanya.

Jangan-jangan dia sudah punya kekasih yang selama ini backstreet?

7. Beruang yang peduli dengan publikpeduli-publik

Pada 14 April 2016, terdapat gempa skala 6,2 yang menghantam pulau Kyushu. Terdapat ribuan orang terluka dan puluhan ribu orang yang perlu dievakuasi karena bencana tersebut.

Dalam beberapa hari, prefektur Kumamoto yang juga berlokasi di Kyushu mendapat lebih dari 2.000 permintaan untuk menggunakan maskot Kumamon sebagai sarana penggalangan dana bencana.

Bertindak secara cepat, pihak administrasi menyatakan bahwa penggalang dana bebas untuk menggunakan Kumamon dalam selebaran, kotak sumbangan, poster, ataupun bendera.

Nggak hanya sebatas memberi izin saja. Kumamon sendiri turun ke lapangan dan mengunjungi lokasi-lokasi penampungan korban gempa.

Nggak hanya bertemu dengan orang-orang terkenal saja, Kumamon juga mau mengunjungi orang-orang yang sedang kesusahan. Pantas saja kalau banyak yang menyukai beruang hitam ini.

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca artikel di atas? Kagum nggak sama maskot satu ini? Kalau kamu nggak mau ketinggalan sama berita sepak terjang Kumamon, kamu bisa ikuti akun Twitter resminya, lho.

Selain itu, buat kamu yang sudah nge-fans bisa juga membeli produk-produk bertema Kumamon. Contohnya seperti casing Galaxy Note Kumamon ataupun cetakan cokelat berbentuk Kumamon. Semuanya bisa kamu dapatkan secara online di Blibli.com!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY