Evolusi hape memang sangat cepat dalam 10 tahun terakhir. Dari segi bentuk, kemampuan, jaringan, dan tampilan sudah nggak terhitung lagi perubahan-perubahan yang dilakukan para developer. Kita sebagai pengguna kadang seperti atlet lari yang tengah mengejar semua kemajuan teknologi ini agat nggak ketinggalan dan menjadi gaptek.

Namun, sebagai manusia yang sudah ada semenjak hape jadul lagi nge-tren, terkadang kerinduan dengan hape zaman SMP itu sulit dihilangkan. Yuk, kita flashback sejenak ke belakang dan mengenang beberapa hal yang dulu hanya ada di hape jadul namun sudah nggak kita temukan lagi di smartphone masa kini.

1. Hang? Tinggal copot baterai. Baterai habis? Tinggal ganti!

Baterai

Via battery.com.sg

Ketika hape nge-hang, pasti kamu pernah melepas baterai kamu untuk mereset hape nge-hang tersebut. Namun, smartphone masa kini hampir semuanya memiliki built-in baterai yang membuat kamu nggak bisa lagi melakukan hal ini. Padahal, kamu berhak punya baterai ekstra di kala baterai dan powerbank habis.

Apalagi, hape dulu baterainya super awet! Sekali nge-cas tahan 3 hari! Siapa sih yang butuh powerbank yang gede-gede dan berat waktu itu? Ah, good times.

2. Gonta-ganti casing sampai ke tulang-tulangnya

Gonta ganti casing

Via hptua.com

Jika kini kita bisa menggonta-ganti hardcase smartphone, dulu kita bahkan bisa membongkar casing asli hape kita sampai tinggal tulang-tulangnya. Mau diganti warna, dirakit sendiri, digambar, dan diganti tombol-tombolnya juga nggak masalah. Kalau smartphone sekarang digituin, siap-siap beli yang baru aa kali ya?

3. Bentuk yang bervariasi!

Bentuk bervariasi

Via esato.com &  satriawongjawa.wordpress.com  & nyamukkurus.com

Walau canggih, smartphone zaman sekarang agak bosenin. Hanya warna dan lebar layarnya saja yang bervariasi. Padahal, belasan tahun silam, hape diproduksi dengan bentuk yang bermacam-macam. Sudah seperti mainan aja. Mulai dari si hape gendut Nokia 6600 hingga hape daun, sampai Nokia N-Gage mirip Gameboy.


BACA JUGA 5 Cara Smart untuk Maksimalkan Smartphonemu!


4. Tombol polifonik: ngetik sambil merem!

Tombol nyata

Via kaskus.co.id

Sebelum tombol hape menjadi qwerty dan layar sentuh, kita pernah melewati era tombol polifonik di mana untuk menulis satu huruf kita perlu menekan satu tombol beberapa kali. Meski terasa merepotkan, ternyata cukup nyaman juga. Kalau kamu anak tahun 90’an, pasti pernah mengetik SMS tanpa perlu melihat lagi. Sambil ngobrol dan nonton, pesan cinta tetap tersampaikan kepada pacar.

Sekarang ada sih, OS yang menyediakan kemampuan itu pada beberapa smartphone. Tapi…udah beda aja gitu, bukan yang dulu kita kenal.

5. Bikin ringtone sendiri biar berasa Mozart

Bikin ringtone Via solo.tribunnews.com

Kini jika ada lagu populer kamu bisa dengan mudah mengunduh dan menjadikannya ringtone. Namun di era layar hape masih hitam putih, kamu bisa menciptakan ringtone kamu sendiri dan menggunakan keypad seperti layaknya sebuah keyboard. Siapa di sini yang dulu jago mainin lagu twinkle-twinkle little star?

Smartphone sekarang sih, sebenarnya bisa. Namun, harus mengunduh aplikasi tertentu dulu. Kalau mau yang bagus, harus bayar malah! Zaman dulu kayanya nggak se-kompleks ini ya mau bikin musik.

6. Trackball buat menu lebih asik!

Trackball

Via www.fondlefone.com

Buat kamu pecinta Blackberry yang sempat booming di awal 2010-an kamu pasti sangat familiar dengan yang namanya trackball. Dulu yang nggak punya smartphone layar sentuh seperti Samsung Galaxy S2 sudah cukup keren kalau punya ini. Nggak perlu tekan kiri kanan lagi untuk menggeser pilihan. Cukup geser kiri, geser kanan! Meski ada sensasi sendiri ketika menggunakan dua hal ini, namun saying kini fitur seperti ini sudah punah alias nggak bisa kita temukan lagi.

7. Kabel kusut headset yang kini terancam punah

Kabel kusutVia teknonisme.com

Salah satu hal yang cukup bikin kita nostalgia tentu adalah kabel headset yang tebel, riwet, dan ribet. Rata-rata kualitasnya sama, karena zaman dulu, nggak ada lagu kualitas tinggi di hape yang bisa dijadikan pembanding kualitas.

Tapi, kita juga nggak berhak komplain. Setidaknya, hape zaman dulu punya kabel headset dan nggak mudah hilang! Fitur yang nggak semua smartphone sekarang miliki.

Meski membuat kita rindu, sebenarnya kita harus lebih bersyukur karena smartphone sekarang lebih menguntungkan buat hidup kita. Sudah banyak fitur selain teleponan dan sms saja yang bisa kamu lakukan di smartphone sekarang.

Tapi, bagi kamu pecinta hape jadul, jangan khawatir! Kalau kamu mau smartphone yang baterainya bisa dicopot, *punya* kabel headset, dan harganya nggak beda jauh dengan hape-hape jadul waktu diluncurkan, kamu bisa mempertimbangkan Samsung Galaxy On 7! Apalagi, kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY