Membersihkan perabotan rumah memang bukan hal yang menyenangkan, apalagi ketika perabotan sudah berkarat dan sangat usang.

Tapi, membersihkan perabotan rumah adalah suatu keharusan. Kalau sampai perabotan rumah nggak bisa digunakan, kamu sendiri yang akan menderita.

Walaupun begitu, membersihkan perabotan rumah nggak bisa sembarangan dilakukan. Kalau kamu salah melakukan sesuatu, nggak hanya perabotan saja yang rusak tapi rumah pun akan terancam bahaya dalam upaya pemulihanmu!

Berikut adalah cara unik, cepat, dan benar untuk mengembalikan perabotan rumah yang sudah lama ke kondisi baru.

1. Menggunakan amoniak

amoniak

Via Allwidewallpapers

Apakah kamu tahu kalau bahan kimia amoniak bisa kamu gunakan untuk membersihkan semua perabotan rumah? Mulai dari lantai, kaca, cat, dan barang yang terbuat dari besi lainnya.

Namun, tetap ingat kalau amoniak adalah bahan kimia yang berbahaya. Jadi, kalau bisa gunakan sarung tangan untuk melindungi kedua tangan. Gunakan larutan amoniak untuk membersihkan panci atau oven dari noda panas dan gosong.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, biarkan larutan amoniak diam di atas permukaan selama beberapa saat, baru setelah itu kamu bersihkan. Dijamin nggak ada lagi noda gosong pada peralatan memasak kamu!

2. Hair dryer nggak hanya untuk rambut saja

hair-dryer

Via Lifehacker

Pernahkah kamu melihat noda air yang nggak bisa hilang pada kayu? Noda ini membuat warna kayu menjadi lebih terang, dan kayu pun terlihat kotor karena ada noda basah yang membandel.

Walaupun sudah kamu lap dengan pembersih apapun, noda ini nggak akan hilang total. Mau tahu bagaimana cara mengatasinya? Coba gunakan hair dryer.

Hair dryer nggak hanya ampuh untuk mengeringkan rambut saja, hawa panasnya mampu melelehkan lilin kering dan crayon yang menempel pada perabotan rumahmu.

Bagi kamu yang nggak mempunyai vacuum cleaner di rumah, kamu bisa gunakan alat ini untuk membersihkan perabotan dari debu.

3. Cuka putih untuk perabotan besi

cuka-putih

Via Tescoliving

Untuk perabotan yang terbuat dari besi, jangan ragu untuk menggunakan cuka putih. Manfaat penggunaan cuka putih pun beragam.

Dengan mencampurkan cuka putih dan air mendidih, kamu bisa menghilangkan karat pada perabotan besi. Kalau kamu ingin membuat perabotan besi terlihat lebih mengkilap, cuka putih murni adalah jawabannya.

Selain mengkilapkan besi, cuka putih bisa kamu gunakan untuk menumpas bau busuk pada perabotan dapur. Coba tuangkan dua sendok cuka putih ke dalam selang atau pipa, dijamin nggak akan ada bau busuk lagi.

 4. Lawan noda minyak dengan tepung jagung

tepung-jagung

Via Howwes

Siapa bilang tepung jagung hanya bisa digunakan untuk bahan pangan? Kalau masalah barang yang terlihat berminyak, tepung jagung adalah andalannya.

Komposisi dari tepung jagung mampu menyerap minyak atau lemak, kamu cuma perlu menepuk-nepukkan tepung jagung dengan tangan. Setelah beberapa lama menepuk, kamu akan melihat sendiri keajaiban tepung jagung!

Barang yang tadinya berminyak dan susah dibersihkan akan terlihat mulus dan baru lagi. Kamu bisa menggunakan tepung jagung untuk perabotan yang terbuat dari kayu dan kain.


BACA JUGA 7 Life Hack Ini Mempermudah Kamu Bersih-Bersih Rumah


5. Menggunakan bleach untuk butcher block

bleach

Via Dunnlumber

Kegunaan bleach alias pemutih mempunyai kemiripan dengan kegunaan amoniak. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membersihkan noda yang membandel. Tapi, jangan pernah mencampurkan kedua bahan kimia ini.

Perbedaannya utama bleach dengan amoniak adalah penggunaannya pada talenan. Bahkan, untuk mengembalikan talenan ke kondisi baru, kamu hanya bisa menggunakan bleach.

Cukup tuangkan satu sendok bleach yang sudah dicampurkan ke dalam dua liter air, kemudian gosok talenan dengan menggunakan kain handuk.

Kalau kegunaan cuka putih adalah untuk mengkilapkan perabotan besi, kamu juga bisa mengkilapkan perabotan yang terbuat dari kaca dengan menggunakan bleach.

Caranya pun sangat mudah, campurkan larutan bleach ke air yang bersabun. Perabotan kaca pasti akan menjadi lebih transparan.

6. Membuat perabotan kayu seperti baru

kayu

Via Ghar360

Perabotan yang bisa dibikin mengkilap nggak hanya perabotan yang terbuat dari besi atau stainless steel dan kaca saja. Perabotan yang terbuat dari kayu pun bisa kamu bersihkan sampai terlihat mengkilap.

Nggak percaya? Kamu bisa coba mencampurkan minyak sayur dengan air lemon dan usapkan pada perabotan kayu. Hasilnya? Lebih mengkilap daripada layar TV kamu.

Apabila kamu mencampurkan minyak zaitun dengan cuka putih, kamu bisa menghilangkan goresan pada perabotan kayu dan membuatnya kembali tampil mulus dan sempurna.

7. Menggunakan bawang merah

bawang-merah

Via Dunialawas

Bahan unik lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan perabotan rumah adalah bawang merah. Pertama, bawang merah mampu mengusir serangga yang membuat sarang pada interior perabotan.

Kedua, untuk perabotan yang mengalami korosi, kamu bisa menggosokkan bawang merah yang dicampur dengan baking soda untuk mengatasinya.

Bagaimana? Setelah membaca ulasan ini kamu menjadi lebih mengerti kan cara cepat untuk membersihkan perabotan rumah?

Tapi, kalau perabotan usangnya sudah nggak tertolong lagi, lebih baik kamu simpan waktu serta barang-barang berharga ini dan mulailah mencari perabotan baru yang lebih awet.

Untungnya, akhir tahun ini sedang ada diskon besar-besaran untuk semua produk keperluan rumah dari jam 10:00 pagi sampai dengan jam 17:00 sore tiap Senin sampai Jumat, loh! Ayo diserbu!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

1 COMMENT

  1. HI Ruth,

    Thanks for sharing.

    Mungkin tulis diatas saduran dari artikel asing ya? Masih banyak istilah yang harus saya google search seperti “butcher block”, dan saya akhirnya gagal faham. Untuk itu mungkin baiknya dibahasa-Indonesiakan yang benar da mudah difahami kata kata keseharian saja.

    Keep Writing and Keep Sharing 🙂

    D

LEAVE A REPLY