6 Tips Tepat Membeli Mobil Pertama yang Tepat

Mobil masih tetap jadi benda idaman banyak orang. Entah orang melihat fungsinya atau melihat nilainya, bisa membeli mobil selalu masuk hitungan dalam hidup seseorang. Mobil pertama juga jadi yang paling krusial. Pasalnya, mobil tersebut akan selalu diingat dalam sejarah hidup, khususnya untuk mereka yang membelinya dengan usaha yang lebih keras.

Kamu mungkin punya mobil idaman untuk saat ini dan sepertinya ingin langsung membelinya saat sudah memiliki dana nanti. Sayangnya, kamu tidak bisa hanya memikirkan mimpi-mimpi itu untuk mobil pertama. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan waktu ingin membeli mobil pertama.

Mobil pertama akan sangat berpengaruh pada finansial kamu dan bisa jadi punya dampak yang besar untuk kendaraan-kendaraan kamu berikutnya. Nah, coba deh perhatikan langkah-langkah di bawah ini supaya tidak salah waktu ingin membeli mobil pertama.

1. Tetapkan Harga Waktu Memilih Mobil

Ini bukan tentang merek atau varian mobil. Urusan yang harus kamu perhatikan dalam memilih mobil pertama adalah soal harga. Jadi, langkah pertama kamu adalah tentukan berapa uang yang kamu punya untuk sebuah mobil. Namun, pastikan uang yang ada harus lebih besar dari harga mobilnya ya.

Anggap saja, kamu punya dana sebesar Rp200 juta. Berarti maksimal kamu bisa mengeluarkan uang paling banyak sebesar Rp170 – Rp185 juta untuk sebuah mobil. Pasalnya, kamu harus menyisihkan banyak hal uang lagi untuk mengurus surat dan membeli aksesorinya.

MILIKI MOBIL IMPIANMU DENGAN LEASING 0% DI SINI

2. Cari Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

Klise memang, tapi sebenarnya bagian ini sangat penting. Setelah menentukan harga mobil, pilihan kamu pun akan semakin sempit. Jadi, kamu tidak dipusingkan lagi dengan mobil-mobil yang harganya di atas daya beli kamu.

Nah, langkah selanjutnya adalah mengetahui kebutuhan. Buat kamu yang hanya menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari di dalam kota, pilihan city car atau low cost green car (LCGC) harusnya sudah sesuai untuk mobil pertama. Di sisi lain, pilihan mobil 7 penumpang bisa jadi pilihan buat kamu yang suka bepergian bersama keluarga atau teman-teman ke luar kota.

APA PUN MOBILNYA, DALAMNYA HARUS HARUM SUPAYA NYAMAN DIKENDARAI YA

3. Beli Kredit? Perhatikan Waktu Pelunasan

Dibandingkan gadget atau sneakers, nilai penyusutan mobil itu lebih besar setiap tahunnya. Nilai sebuah mobil baru akan menurun sedikitnya 11% akibat pemakaian dan usia kendaraan. Setelah lima tahun, penyusutan nilainya akan bertambah hingga mencapai 25%. Jadi, sebaiknya ambil tenor paling lama 3 tahun (36 bulan) jika memang membeli dengan sistem kredit. Setidaknya, nilai mobil kamu masih tetap tinggi saat sudah sepenuhnya milik kamu.

Karena membeli dengan sistem kredit, sebenarnya mobil yang sudah ada di garasi kamu belum sepenuhnya milik kamu. Sebaiknya tetap melakukan kewajiban kamu setiap bulan. Catat tanggal penagihan dan jatuh tempo supaya tidak kena denda keterlambatan. Pastinya tidak mau dong mobil harga mobil kamu jadi lebih mahal karena denda.

RAWAT MOBIL KAMU DENGAN RUTIN PERGI KE BENGKEL YA

4. Beli Polis Asuransi

Jangan menggunakan mobil kamu sebelum membeli polis asuransi. Asuransi akan menjaga kamu dari risiko kecelakaan atau kehilangan sebagian atau keseluruhan mobil. Buat mobil pertama, enggak perlu ragu-ragu deh buat beli polis asuransi All-Risk. Ingat, mobil pertama pasti meninggalkan kenangan yang mendalam. Jadi, perlakukan mobil tersebut sebaik mungkin.

Mobilnya diasuransikan, kamu pun perlu asuransi juga, Friends. Pastikan, kamu juga terlindungi oleh asuransi saat mengendarai mobil. Dijamin, kamu akan lebih nyaman saat bekendara dengan perlindungan asuransi.

CARI ASURANSI UNTUK MENJAGA MOBIL DARI RISIKO KECELAKAAN DAN KEHILANGAN DI SINI

5. Beli Mobilnya di Tempat Terpercaya

Berbeda tempat pembelian mobil, bisa berbeda pula harga yang ditawarkan. Bukan hanya itu, tempat yang tepat mungkin akan memberikan kamu promo terbaik. Untuk membeli mobil pertama, kamu bisa mengunjungi situs Blibli.com yang menawarkan promo beli mobil dari Mandiri Tunas Finance.

Kamu bisa mendapatkan angsuran dengan bunga 0% untuk pilihan tenor 11 bulan. Untuk tenor yang lebih panjang, jangan khawatir. Mandiri Tunas Finance memberikan bunga spesial untuk tenor 2 – 5 tahun. Syarat pengajuannya pun cukup mudah dan cepat. Setelah pengajuan, kamu akan dihubungi oleh pihak Mandiri Tunas Finance maksimal 3 hari kerja.

Menariknya, buat kamu yang membeli mobil di sini, harga yang ditawarkan sudah termasuk asuransi kendaraan dan credit protection. Selain itu, kamu pun akan diikutsertakan dalam undian program MTF berupa paket wisata setiap bulannya ke 10 destinasi wisata. Yuk, tunggu apa lagi?

BELI MOBIL PERTAMA KAMU LEASING MANDIRI TUNAS FINANCE DONG

6. Selalu Siapkan Dana Cadangan

Setelah punya mobil baru, kamu harus selalu menyisihkan dana cadangan untuk penggunaan dan perawatan mobil. Sebut saja kebutuhan bahan bakar yang akan semakin meningkat jika mobil sering digunakan. Selain itu, kamu juga harus rutin untuk membawa mobil kesayangan kamu ke bengkel resmi untuk menjaga performanya. Dua hal yang tidak boleh dilupakan untuk menjaga kualitas mobil. Kamu pasti mau ‘kan mobil pertama kamu selalu dalam kondisi terbaik waktu digunakan.

CARI OLI TERBAIK UNTUK PERFORMA MESIN MOBIL KAMU

Sekarang tidak perlu bingung waktu ingin membeli mobil baru lagi. Yuk, kunjungi Blibli.com untuk mencari mobil pertama yang sekaligus jadi mobil idaman kamu.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY