Hampir semua orang pasti pernah merasakan nggak enaknya sakit gigi bukan? Apalagi bagi kamu yang punya gigi sensitif, pasti sedikit-sedikit gigi terasa ngilu. Memilih makanan dan minuman pun bisa beban. Nggak enjoy deh.

Umumnya, sensitivitas gigi disebabkan oleh pasta gigi yang mengandung kadar baking soda tinggi. Kebiasaan menggeretakan gigi pun bisa menyebabkan gigi sensitif, lho.

Untuk menyiasati gigi sensitif agar tetap nyaman ketika mengkonsumsi, kamu bisa mencoba 7 hal ini, lho!

1. Gunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus

pasta-gigi-dan-sikat-khusus

Via – Quaydental

Karena salah satu pelaku gigi sensitif adalah pasta gigi, maka coba ganti ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Salah satu yang umum digunakan adalah Sensodyne.

seonsodune-fbtw

Nggak hanya untuk gigi sensitif saja, Sensodyne biasanya berguna mengatasi masalah gigi berlubang. Jangan lupa juga untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus supaya gusi kamu nggak semakin rusak.

2. Hindari makanan yang bersifat asam

makanan-asam

Via – Juice

Konsumsi makanan dan minuman yang asam seperti wine, yogurt, kopi, dan juga es jeruk bisa mengikis lapisan email gigi kamu.

Memang ketika dikonsumsi belum tentu membuat gigi kamu ngilu, tapi lama kelamaan gigi akan menjadi semakin lemah. Dikit-dikit ngilu, deh.

Kalau kamu nggak bisa menghindari makanan atau minuman yang bersifat asam, pastikan kamu punya “pencuci mulut” alias penetral. Coba kumur dengan susu atau air putih.

3. Menggunakan mouthwash dengan kadar fluoride tinggi

mouthwash

Via – Southeast Family Dental

Gigi yang sensitif adalah gigi dengan lapisan email gigi yang lemah. Nah, jelas cara untuk mengurangi rasa ngilu adalah dengan memperkuat lapisan email ini.

Bagaimana caranya? Ketika kamu membeli mouthwash, pastikan ada kandungan fluoride yang tinggi. Kenapa? Karena fluoride terbukti bisa memperkuat lapisan enamel. Selain itu, fluoride juga mengusir bakteri yang menyebabkan sariawan serta pembusukan.

Dan pastikan juga kamu rutin menuci mulut kamu dengan mouthwash ini ya!

4. Kunyah permen karet yang banyak!

kunyah-permen-karet

Via – Flanagan Smiles

Nah, solusi yang satu ini masih belum terlalu banyak diketahui. Bahkan ketika disuguhi solusi ini, mungkin banyak yang menganggap remeh. Tapi, kalau gigi kamu sensitif, kamu harus mencoba mengunyah permen karet!

Bukan sembarangan permen karet, namun permet karet tanpa gula yang harus kamu kunyah! Kenapa? Karena mengunyah permen karet membantu produksi air liur dan membantu mengeraskan gigi yang lunak.

5. Hindari geretakan gigi kapanpun

geretakan-gigi

Via – MeetRV

Kebiasaan menggeretakan gigi memang sudah menjadi fenomena umum baik secara sadar maupun nggak sadar. Dengan menggeretakan gigi, sebenarnya kamu sedang merusak lapisan email gigi kamu sendiri, lho!

Umumnya, kebiasaan ini terbentuk dari tingkat stress sehingga kamu menjadi gelisah dan mengembangkan kebiasaan buruk. Untuk mengatasinya, coba selesaikan masalahmu secepat mungkin.

Untuk perlindungan extra, gunakan mouth guard  untuk mencegah geretekan gigi ketika kamu sedang tidur.

6. Memulai kebiasaan baik untuk kesehatan gigi!

kebiasaan-baik

Via – Holistic Health Mastery

Nah, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah untuk membangun kebiasaan baik demi kesehatan gigi kamu sendiri! Mulai dari mengonsumsi buah apel yang bisa menambah produksi air liur, sampai ke konsumsi makanan dan minuman yang berkalsium. Hindari juga makan dan minum sesuatu yang terlalu ekstrim temperaturnya.

Untuk hasil yang optimal, pastikan kamu selalu rutin menggosok gigi 2 kali sehari secara halus dan dengan pasta gigi khusus, seperti Sensodyne!

Kabarnya, Blibli.com sedang mengadakan Sensodyne campaign dari tanggal 24 Februari – 19 Maret 2017. Dalam kampanye ini, kamu bisa memenangkan berbagai hadiah dari pulsa/PLN/data, jam tangan eksklusif, bahkan iPhone 7!

Caranya mudah, cukup beli 2 paket pasta gigi Sensodyne dan review pengalaman kamu menggunakan pasta gigi Sensodyne anti gigi sensitif. Jangan lupa juga untuk memasukkan foto/video pengalaman gigi serta meng-tag #CeritaSensodyne dan #BlibliReview. Jangan lupa juga untuk mention @Bliblidotcom, ya!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY