Awas! Ini 6 Penyebab Kulit Berjerawat yang Harus Diwaspadai

Apa musuh terbesar wajah? Sejak zaman puber sampai sekarang, pasti jawabannya jerawat.

Wajah yang berjerawat pasti bikin frustasi. Rasanya enggak nyaman, plus bikin kamu jadi kurang percaya diri. Tak jarang kamu juga jadi susah pakai aneka skincare dan makeup. Khawatir malah bikin kondisi jerawat makin parah.

Lupakan ketakutan itu, yuk cari tahu penyebab kulit berjerawat dan pilih produk terbaik, supaya jerawat bisa diobati, sekaligus kamu bisa terus tampil cantik dan makin pede!

1. Terlalu sering menyentuh wajah

Ini adalah penyebab wajah berjerawat yang paling sering. Bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan kamu bisa menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Nah, hal inilah yang memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Macam-macam benda yang menempel di wajah kamu, seperti handphonemakeup, bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Itu sebabnya ritual membersihkan wajah juga super penting. Apalagi di malam hari, setelah kamu beraktivitas dan kondisi wajah terpapar polusi dan pakai makeup sepanjang hari. Kamu yang berjerawat wajib melakukan double cleansing.

Via IG @mineralbotanica

Salah satu cara agar jerawat enggak mudah timbul kembali adalah melakukan double cleansing dengan Mineral Botanica Acne Care Toner yang mengandung salicyl acid yang cocok untuk kulit berjerawat. Produk ini akan membantu angkat kotoran dan sisa riasan maupun sisa-sisa susu pembersih sehingga membuat wajah bersih secara nyata dan segar berseri.

TAK PERLU REPOT, LANGSUNG KLIK BLIBLI.COM BUAT BELANJA MINERAL BOTANICA ACNE CARE TONER.

2. Rambut yang kotor

Kondisi rambut yang kotor juga jadi salah satu penyebab kulit berjerawat. Itu sebabnya penting keramas secara rutin. Apalagi jika rambut kamu tipis, panjang, dan berponi.  Dalam kondisi kotor, selain bau dan lepek juga dapat menyebabkan kotoran pada rambut menempel di wajah. Akibatnya, kulit wajah jadi rentan berjerawat.

3. Tidak sabar dengan obat jerawat

Pengobatan jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya menunjukkan hasil. Biasanya perlu waktu lebih dari seminggu. Itu sebabnya jangan langsung berganti obat atau memutuskan untuk menghentikan pengobatan.

Via IG @erha.dermatology

Nah, salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Erha 21 Acne Care Lab. Produk ini dirancang untuk membantu menyeimbangkan tingkat sebum pada kulit berminyak dan kulit yang cenderung berjerawat. Kandungan minyak esensial dari daun tea tree, peppermint dan lemon di dalamnya akan menutrisi kulit dan melawan jerawat. Gunakan beberapa tetes pada malam hari untuk kulit lebih halus dan lembut.

LENGKAPI SKIN CARE KAMU DENGAN ERHA 21 ACNE CARE LAB.

4. Sering memencet jerawat

Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet
Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet

Itu adalah kebiasaan yang berbahaya. Memencet jerawat enggak akan menghilangkannya, tetapi malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Bahkan, menurut dermatologis, memencet jerawat berpotensi melukai kulit wajah, karena justru akan melunakkan kulit dan menyebabkan jaringan kulit rentan sobek.

Sebaiknya, gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka. Di malam hari, berikan perawatan ekstra buat kulit wajah, seperti face mask. Lagi-lagi, pilih yang memang formulanya khusus buat kulit berjerawat, seperti Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet.

Masker wajah ini bisa mencegah dan menghilangkan jerawat, mengurangi minyak berlebih pada wajah, serta memberi kelembapan pada kulit wajah. Sangat cocok untuk kulit yang berjerawat juga bantu melembutkan kulit.

Cara penggunaannya simple, tinggal bersihkan wajah, tempel masker pada wajah, biarkan selama 15-20 menit. Lalu lepas dan pijat wajah perlahan supaya khasiatnya meresap di wajah. Gunakan 2-3x seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

LANGSUNG SAJA, BELANJA NATURE REPUBLIC REAL NATURE TEA TREE SHEET MASK DI SINI.

5. Memilih item makeup dan hair care yang tidak tepat

Pemilihan kosmetik yang enggak tepat bisa bikin penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo. Hal inilah yang menyebabkan kemunculan jerawat. Tapi bukan artinya kamu yang berjerawat enggak bisa pakai makeup lho, pilih varian makeup khusus buat kulit berjerawat. Mulai dari pelembap dan alas bedak.

Via IG @elfcosmetics

Salah satu yang bisa kamu coba adalah ELF Acne Fighting Foundation. Produk ini diformulasi untuk untuk menyamarkan kemerahan, noda dan skintone yang enggak rata. Acne foundation mengandung asam salisilat, hazel witch, camphor, tea tree dan aloe yang menenangkan, untuk membantu mencegah dan mengobati noda jerawat.

Kamu juga harus waspada dengan produk perawatan rambut, karena bisa memicu jerawat di dahi atau di sekitar garis rambut. Atau, bisa saja saat mengaplikasikannya terkena area kulit di sekitar dahi. Karena enggak diformulasikan untuk kulit wajah, jadinya timbul jerawat. Tak ada salahnya mencuci wajah setelah kamu selesai pakai hair care.

SEKARANG JUGA, BELI ELF ACNE FIGHTING FOUNDATION DI BLIBLI.COM

6. Stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres bisa memicu jerawat menjadi lebih buruk. Stres bukan penyebab jerawat muncul, tetapi bisa membuat jerawat bertambah parah.

Biasanya, saat dalam kondisi tertekan kamu melakukan kebiasaan buruk, seperti merokok, minum alkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak gula. Mengonsumsi banyak gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin, sehingga produksi minyak meningkat dan memperburuk kondisi jerawat.

Via IG @sensatiabotanicals

Saat sedang stres, kamu tetap wajib merawat kondisi kulit wajah. Mau produk yang praktis? Coba Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Hydrate.

Di dalamnya ada minyak tea tree, yang merupakan alternatif alami untuk merawat kulit berjerawat, minyak peppermint dengan efek menyejukkan dan menutrisi, serta minyak lemon dapat membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit. Cara pemakaiannya pun tak sulit. Cukup 1 kali di malam hari. Usapkan lembut di area wajah dan leher setelah penggunaan face toner. Istimewanya lagi, produk ini enggak melalui uji coba terhadap hewan, halal, sekaligus enggak menggunakan bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang! Wow.

MAU MENCOBA SENSATIA BOTANICALS ACNE CLARIFYING FACIAL HYDRATE? YUK KLIK BLIBLI.COM

Selamat memilih dan mencoba produk terbaik buat kulit wajah kamu yang berjerawat. Semoga jerawat mereda dan kamu jadi makin percaya diri. Nah, kalau mau cari skincare di atas belanjanya di Blibli.com! Karena di sini, semua produknya 100% original dan kamu bisa nikmati layanan free ongkos kirim lho. Menarik, kan? Yuk, klik Blibli.com sekarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY