Menemukan menu latihan olahraga yang cocok untuk kamu tentunya tidak mudah. Porsi dan kemampuan yang berbeda tiap orang, membuat ribuan rekomendasi yang bisa kita temui dari televisi maupun internet serasa makin membingungkan.

Mungkin kamu sedang malas mengeluarkan uang lebih untuk membayar kelas Yoga, atau sedang malas pergi jogging karena cuaca sedang tak menentu. Berenang mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Banyak orang yang menyukai olahraga ini karena kabarnya banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan. Namun, ternyata ada banyak manfaat selain kesehatan Buat kamu yang penasaran, langsung saja simak bahasannya berikut ini.

1. Seluruh ototmu akan menjadi kuat

otot-berenangVia Huffingtonpost.com

Salah satu manfaat jika kamu hobi banget dengan renang adalah akan membentuk ototmu semakin kuat. Bilar lari akan melatih otot kaki, paha dan pantat saja yang akan terbentuk. Sementara renang melatih seluruh otot tubuhmu.

Dalam olahraga ini kamu akan menggerakkan dan melatih hampir seluruh anggota tubuhmu. Ketika kamu berenang, kaki dan tanganmu jelas terlatih. Otot paru-paru pun juga ikut terlatih. Ketika kamu melakukan gaya bebas, punggungmu akan tertarik dan otot perutumu juga ikut kencang.

2. Badan Kamu Akan Lentur

badan-akan-lenturVia bintang

Manfaat lain kamu memiliki kemampuan berenang adalah membuat tubuhmu menjadi lebih fleksibel dan lentur. Gerakan-gerekan renang sebenarnya secara tidak langsung akan merenggangkan tubuhmu sehingga tidak akan kaku layaknya kamu melakukan stretching.

Apalagi ketika kamu berenang, secara tidak langsung kamu juga memutar, meregangkan, dan menarik tubuhmu agar bisa berenang maju.

3. Bisa mengurangi asma

asmaVia jagorenang

Jika kamu pengidap asma, kemampuan berenang sangat dianjurkan. Saat berenang membuat sistem cardiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.

4. Menghilangkan Stres

stressVia alamisehat

Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.


BACA JUGAΒ 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Waterpark Selain Naik Ride!


5. Self Safety

perlengkapan-berenangVia aliexpress

Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).

6. Berenang ternyata juga bisa bikin kamu cerdas

cerdasVia Hipwee

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang secara rutin mampu menguasai perkembangan bahasa, memiliki motorik yang bagus, lebih percaya diri, dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berenang.

Kini sudah tahu manfaat dari berenang kan Friends? Eits, sebelum berenang, kamu harus miliki perlengkapan berenangmu untuk memaksimalkan performa saat kamu berenang nanti. Kamu juga bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

Yuk! Tunggu apalagi?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY