Berbelanja memang sangat mengasyikan dan bikin nagih. Apalagi ketika kamu berhadapan dengan akhir tahun, saat-saat promo tengah menjamur. Mungkin kamu sudah siap mengubah barang-barang di toko dan e-commerce jadi milikmu.

Namun, tetap saja banyak yang berpendapat kalau berbelanja (apalagi ketika ada kesempatan baik seperti promo) itu hanyalah hal yang menguras kantong dan nggak punya manfaat sama sekali.

Siapa bilang? Selain bisa memiliki barang yang kita impikan, belanja juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Percaya atau nggak, mulai dari dampak positif terhadap kesehatan fisik hingga psikologis. Bagi yang skeptis, langsung saja simak.

1. Obat panjang umur

obat-panjang-umur
Via: Ve Interactive

Baik wanita ataupun pria yang gemar berbelanja ternyata memiliki kemungkinan meninggal di usia muda lebih rendah hingga 27%! Hal ini dilansir melalui riset para ahli dari Taiwan, dengan membandingkannya dengan orang yang jarang berbelanja atau kurang dari sekali seminggu.

Bingung kenapa bisa begitu? Hal ini disebabkan aktivitas fisik dan interaksi sosial selama berbelanja yang meningkat sehingga pikiran dan mental menjadi lebih aktif. Otak lebih terlatih untuk menyusun rencana, menghitung budget, yang akhirnya di-reward dengan barang yang disukai.

Penelitian lainnya yang lebih unik lagi bahkan mengungkapkan bahwa para lansia yang gemar berbelanja online bisa meningkatkan kemampuan otak mereka, lho!

Selama berbelanja para lansia ‘dipaksa’ mengingat harga, memperhatikan spesifikasi, hingga membandingkannya, hal-hal yang tentunya membuat fungsi otak mereka kembali meningkat.

2. Memperbagus suasana hati

memperbagus-suasana-hatiVia: Framepool

Mungkin kamu pernah dengar mitos bahwa berbelanja bisa membuat kamu merasa senang dan bahagia. Hal ini membuat banyak orang yang tengah bad mood biasanya mengatasinya dengan berbelanja. Tapi apakah berbelanja benar-benar bisa memperbaiki mood kamu?

Jawabannya adalah “benar”!

Seperti yang diungkapkan Psikolog Kasandra Putranto bahwa belanja atau kegiatan apapun yang bisa memanjakan diri, mampu menstimulasi perasaan nyaman di hati dan otak. Hal ini kemudian meningkatkan produksi neurotransmitter dopamin.

Dopamin inilah yang akan memberikan rasa enak. Bahkan perasaan yang ditimbulkan bisa dibilang sama dengan perasaan setelah melakukan kegiatan seksual! Sulit dipercaya bukan?

Sedangkan penelitian lain yang dilakukan Universitas Westminster, London mengungkapkan bahwa berbelanja apalagi saat sedang ada diskon besar-besaran bisa meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini juga memberikan kita rasa bahagia dan tenang.

Nggak heran jika kita sedang berbelanja kita kerap melupakan sejenak segala sesuatu yang menjengkelkan kita! Jadi, jika kamu sedang bete, sekarang kamu tahu apa yang harus kamu lakukan bukan?

3. Obat pelangsing alami!

oba-pelangsing-alami

Via: Oprah

Di luar dugaan, berbelanja ternyata bisa bantu kamu mendapatkan tubuh yang lebih fit dan proposional. Sederhananya berbelanja sama dengan berdiet! 

Bagaimana nggak membuat tubuhmu lebih fit dan proposional, kalau setiap berbelanja kamu harus menelusurii seluruh toko yang ada di mall serta mencoba berbagai jenis pakaian. Pasti cukup menguras energi, bukan?

Apalagi jika kamu berbelanja sepanjang hari, maka bisa dikatakan kamu sedang melakukan olahraga jalan kaki, dan dengan berjalan lebih dari 1000 langkah setiap hari bisa bantu menyehatkan jantung kamu, dan tentunya bakar kalori kamu sehingga tubuh menjadi lebih proposional.

Belanja online juga cukup membakar kalori. Pilihan yang biasanya lebih banyak, ditambahkan promo dan diskon berbeda-beda pada semua situs, bakal menuntut usaha lebih untuk memilih, mempertimbangkan, dan melakukan keputusan di depan layar.

4. Mempertajam otak serta kemampuan mental

mempertajam-kemampuan-otak

Via: eraseunaventa

Meski menyenangkan, berbelanja ternyata nggak segampang kelihatanya. Terkadang kamu perlu masuk ke berbagai toko dengan produk sama hanya untuk membandingkan harga dan kualitas. Belum lagi ketika kamu harus mengatur anggaran dan juga tawar-menawar dengan penjual.

Keterlibatan mental, fisik, dan sosial inilah yang akan menajamkan insting dan kognitif kamu. Hal ini tentu sangat penting untuk menjaga kebaikan mental dan tetap fokus. Nggak heran jika berbelanja bisa menjadi salah satu bentuk pencegahan demensia (pikun), penyakit yang mulai diderita orang dewasa di awal usia 60-an.


BACA JUGA Belanja Sebagai Investasi Itu Bukan Mitos, Ini Alasannya!


5. Mengurangi tingkat stress

mengurangi-tingkat-stress
Sumber: The Former Frumpy Girl

Selain bad mood, salah satu hal yang bisa dihilangkan dengan berbelanja adalah depresi yang diakibatkan stres berlebih. Tentu tingkat stres yang tinggi bisa memberikan dampak yang buruk bagimu.

Namun dengan berbelanja, maka interaksi sosial kamu dengan orang akan meningkat baik ke sesama pembeli ataupun penjual. Apalagi jika kamu berbelanja bersama sahabat ataupun keluarga terdekatmu!

Bahkan ketika nggak membeli pun (window shopping), interaksi memilih dan saling menilai pakaian bisa mengalihkan pikiranmu dari stres!

Sebuah penelitian oleh “American Psychological Association” (APA) mencoba mengungkap mengenai kadar kortisol, hormon stres, dan diuji pada anak-anak yang berinteraksi bersama sahabat mereka dengan anak-anak yang sendirian.

Hasilnya, anak-anak yang menghabiskan waktu bersama para sahabat menghasilkan kortisol yang lebih sedikit daripada anak-anak lainnya. Artinya, resiko terkena depresi berkurang!

Kesimpulannya, berbelanja bisa bantu kamu meningkatkan interaksi sosial serta mengurangi stres.

6. Memberikan kepuasan pribadi

pexels-photo-68721

Via: Mirror UK

Manfaat terakhir yang nggak bisa kita pungkiri adalah kepuasan pribadi. Rasa puas dan bangga karena bisa membeli barang yang kamu inginkan dan idamkan.

Seorang peneliti Kathleen O’Donnell menyatakan bahwa berbelanja dapat membuat diri sendiri merasa bangga karena memiliki keterampilan transaksi saat membeli barang incaran. Rasa bangga ini serupa dengan rasa bangga ketika mendapatkan piala saat memenangkan sebuah perlombaan!

Apalagi ketika kamu berhasil membeli sebuah barang impian menakjubkan dengan harga miring. Tentu kepuasan seperti ini pernah kamu rasakan jika kamu termasuk dalam pemburu diskon dan promo!

Jadi, siapa bilang berbelanja hanya aktivitas membuang-buang waktu dan uang tanpa manfaat sama sekali? Nyatanya terbukti bukan bahwa berbelanja bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mentalmu! Asal, kamu tahu cara mengatur pengeluaran dan memisahkan berbagai kebutuhanmu.

Salah satu cara pintar belanja adalah menaruh perhatian pada program yang tengah berlangsung. Nah, kini dengan berbelanja di Blibli.com, kamu bisa mengikuti promo My Big Wish yang memungkinkan kamu mendapatkan berbagai macam hadiah termasuk liburan #GratisKelilingIndonesia!

Cuma dengan modal berbelanja doang, seru banget bukan? Tentu kebutuhan jadi tercukupi, rasa stress jadi berkurang dan mood kamu menjadi semakin oke dengan berbagai hadiah yang menarik ini.

Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai manfaat belanja ini, kira-kira apa barang incaran selanjutnya yang akan kamu buru dalam kegiatan berbelanjamu selanjutnya? Coba mulai siapkan list perlengkapan yang akan kamu butuhkan untuk liburan #GratisKelilingIndonesia, siapa tahu kamu yang beruntung, Friends!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY